Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Tradisional

bunga kenanga

Bunga kenanga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat Bunga Kenanga (Canangium odoratum, (Lamk.) – Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan flora dan juga faunanya, baik itu yang asli berasal dari dalam negeri maupun pembudidayaan dari luar, yang pada kenyataannya tanah dan juga iklim disini sangatlah cocok untuk pertumbuhan berbagai macam tumbuhan dan hewan tersebut. Mungkin Anda susah sering kali mengenal atau bahkan melihat bunga bernama kenanga. Bunga yang satu ini tak hanya cantik namun juga memiliki wangi yang begitu eksotis, beberapa orang kerap kali menjadikannya sebagai pewangi bahkan. Bunga kenanga sering kali diidentikkan sebagai bunga untuk taburan di kuburan, namun jangan salah karena kandungan di dalam nya tak hanya dapat memancarkan bau wangi namun juga bagus untuk kesehatan manusia.

Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat

Bunga Kenanga mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah: flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Beberapa bahan penting yang lainnya bahkan bermanfaat sebagai insektisida alami, nah jika diolah dengan benar nyatanya bunga tersebut juga dapat memberikan manfaat lainnya, diantaranya adalah:

Sebagai jamu setelah melahirkan

Beberapa orang khususnya yang tinggal di daerah pedesaan sangat percaya bahwa bunga yang mengeluarkan bau wangi tersebut sangat bermanfaat untuk pengobatan setelah melahirkan. Tentunya tak sekedar memakannya, namun dijadikan sebagai ramuan jamu, diantaranya dengan menambah tanaman kayu rapet, kunyit, patangsih, jalawe dan sebagainya yang kemudian dihaluskan dan direbus.

Untuk obat sesak napas

Advertisement

Penyakit yang satu ini juga dikenal dengan istilah asma, baik itu rang dewasa maupun anak-anak sangat rentan sekali terkena asma, bunga kenanga ternyata juga bermanfaat sebagai obat sesak napas tersebut. Caranya cukup mudah, ambil 3 kuntum bunga kenanga, kemudian seduh menggunakan 1 gelas air, minum secara rutin pada pagi dan sore untuk mengobati masalah sesak napas Anda.

Sebagai obat penyakit malaria

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini nyatanya tak bisa dianggap sepele, mengingat jika terlambat mendapatkan pertolongan penderitanya bisa mengalami kondisi yang kritis bahkan menyebabkan kematian. Bunga kenanga menjadi salah satu obat manjur untuk mengatasi malaria, caranya mudah dan sama seperti mengobati sesak napas yaitu menyeduh 3 kuntumnya dan minum secara rutin.

Obat untuk bronkhitis

Penyakit yang menyerang bagian bronkus manusia tersebut juga bisa diatasi menggunakan bunga kenanga, caranya dengan mengambil beberapa kuntum kemudian menyeduh menggunakan 1 gelas air, biarkan hingga tinggal setengah gelas dan minum secara teratur pada pagi dan sore hari.

Untuk mengatasi keputihan

Masalah yang sering kali dialami oleh wanita seputar daerah intim ini adalah keputihan, tentunya bukan hanya keputihan biasa. Namun karena infeksi jamur dan juga bakteri, cara mengatasinya cukup mudah, rebus bunga kenanga dicampur dengan kulit buah delima, perbandingannya antara 300 dan 300 gram. Kemudian seduh menggunakan 600 cc air, minum secara teratur.

Mengatasi penyakit kudis

Masalah kulit yang satu ini juga dapat mengenai siapa saja tanpa pandang bulu, cara mengobatinya menggunakan bunga kenanga hanya tinggal menghaluskan beberapa kuntum kemudian oleskan pada bagian yang sakit, lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Ramuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu di kulit.

Nyatanya meskipun sering kali diidentikkan dengan sesuatu yang berbau mistis bunga kenanga memiliki banyak sekali manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, istilah lainnya sebagai obat herbal, tak hanya jenis penyakit biasa saja, namun juga penyakit-penyakit berbahaya yang sangat mahal pengobatannya. Jika Anda memiliki keluhan-keluhan tersebut tak ada salahnya mencoba menggunakan bunga kenanga sebagai obatnya.

Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Tradisional | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply