Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

manfaat tomat

manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, menyebrang ke Meksiko hingga sampai ke Peru yang tergolong dalam kelompok Solanaceae. Tomat mulai tersebar ke berbagai negara diawali dari Karibia, Spanyol, Filipina hingga berhasil masuk ke banyak negara di benua Asia ataupun Eropa. Tomat adalah tumbuhan yang dapat bertahan hidup lebih lama pada wilayah beriklim Mediterania (dataran tinggi).

Kegunaan buah tomat di Indonesia lebih merujuk sebagai bumbu masakan, terkadang menjadi lalapan ataupun dikonsumsi dalam bentuk buah. Di bidang lain tomat memainkan peran sebagai pemberi nutrisi berupa vitamin C yang bermanfaat bagi kulit untuk mengecilkan pori-pori serta mencerahkan kulit.

Simpanan nutrisi baik itu vitamin ataupun zat gizi lain dalam buah tomat sangatlah baik untuk menambah kekebalan tubuh dari bakteri penyakit. Dalam 100 gram buah tomat terlampir 1500 S.I Vitamin A (karoten), 60 makrogram Vitamin B (Tiamin), 40 mg Vitamin C (Asam askorbat), 1 g protein, 4,2 g karbohidrat, 0,3 g lemak, 5 mg kalsium, 27 mg fosfor, dan 0,5 mg zat besi. (Data diperoleh dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI pada tahun 1972)

Manfaat Buah Tomat

Tomat bisa dijadikan buah meja sebagai penutup makan bersama ataupun sebagai bahan baku pembuatan obat tertentu. Berkat kandungan gizi yang melimpah tadi menjadikan tomat sebagai salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang patut dilestarikan, sebab memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Agar Anda tahu lebih luas mengenai fungsi nutrisi pada tomat dalam tubuh, berikut khasiat buat tomat untuk pengobatan ataupun perawatan tubuh agar tampil lebih menawan.

Menepis Kanker

Hasil penelitian dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute memberikan satu kesimpulan bahwa seseorang yang mengonsumsi 10 porsi makanan yang komponen bahan pembuatannya adalah tomat berisiko lebih kecil terkena kanker prostat dibanding mereka yang jarang mengonsumsinya. Keajaiban tersebut menjadi masuk akal karena dalam tomat terdapat senyawa likopen yang bersifat anti-kanker.

Menghindari Masalah Kesehatan Pada Jantung

Advertisement

Sebuah penelitian yang memilih beberapa pria Eropa sebagai objek penelitiannya menghasilkan sebuah informasi bahwa mereka yang dalam tubuhnya tersimpan banyak senyawa Likopen lebih sulit terjangkiti penyakit jantung.

Mengatasi Penggumpalan Darah

Salah satu faktor pemicu darah menjadi kental adalah kurangnya jumlah asam salisilat yang didapat dari makanan (buah atau sayur). Di sini, tomat memberikan solusi terhadap mereka yang takut mengalami pengentalan darah dengan menyumbangkan kandungan asam salisilat pada mereka yang rajin mengonsumsinya.

Menambah Daya Tahan Tubuh

Tiap hari imun tubuh akan terus berperang melawan ratusan bakteri yang siap membuat Anda jatuh sakit. Jika imunitas tidak terus dijaga tamengnya akan rapuh dan hancur sehingga virus penyebab penyakit dapat menyelinap dalam tubuh Anda.

Oleh sebab itu agar Anda tidak dijangkiti penyakit, konsumsilah buah-buahan yang dapat memberikan asupan nutrisi untuk memperkuat sistem imun, contohnya adalah buah tomat. Di dalam tomat tadi telah dijelaskan terdapat vitamin A dan C yang fungsinya sebagai pemerkasa sitem imun.

Memperlancar Sistem Pencernaan Manusia

Kombinasi antara air, mineral, dan serat pada buah tomat dijelaskan oleh dokter sebagai zat gizi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sementara jika dipisahkan, peranan individu dari mineral adalah merangsang pengeluaran air liur yang dapat meningkatkan nafsu makan, sementara air berfungsi sebagai alat untuk mempermudah proses pengolahan makanan, dan serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan.

Manfaat Tomat Lain:

 Mencegah kulit kering
 Memperlambat proses penuaan dan pengkeriputan kulit
 Menghilangkan komedo dan jerawat
 Mencerahkan kulit wajah
Mengobati sariawan (dengan menjadikannya lalapan)
Mengobati radang gusi dan gusi berdarah (makan mentah)
 Dan masih banyak lagi

Manfaat buah tomat memang tidak sedikit, tapi meski demikian tidak menutup kemungkinan adanya ‘sedikit’ dampak negatif jika berlebihan dalam mengonsumsi tomat. Para ahli juga mengimbau penderita radang sendi, osteoartritis, dan masalah pernapasan (asma) untuk tidak makan buah tomat terlalu sering, sebab akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply