Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

buah-semangka

Manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan ternyata banyak juga

Semangka merupakan buah segar dengan rasa daging yang manis menempel pada bagian dalam kulit yang tebal. Permukaan luar buah yang mendapat nama ilmiah Citrullus lanatus ini berwarna hijau muda dengan motif garis menyerupai gelombang memanjang, tekstur halus tapi keras. Asal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Merupakan buah yang berkerabat dengan timun dan melon, mungkin itu sebabnya semangka berbahasa inggris Watermelon.

Masyarakat banyak membudidayakan buah ini, khususnya para penduduk desa yang mempunyai lahan atau sawah yang mendapatkan matahari cukup tiap harinya. Sementara masyarakat di perkotaan lebih sering membeli buah ini untuk dijadikan buah pencuci mulut sehabis makan malam ataupun membasahi lidah dan bibir yang kering (kekurangan cairan). Ada juga yang menyajikan dalam bentuk jus ataupun dicampur dalam sup buah.

Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Jenis vitamin pada buah ini misalnya betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang tertanam di dalamnya adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

Manfaat Buah Semangka

Selain nikmat saat menempel di lidah, kesegaran yang diberikan oleh tubuh, ternyata kandungan nutrisi yang telah disebutkan tadi memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, hal ini menjadikan semangka sebagai buah favorit yang tak pernah kehabisan peminat.

Berikut manfaat buah semangka yang menurut para ahli sangat membantu dalam proses pembersihan zat berbahaya seperti racun dalam tubuh, tepatnya organ ginjal.

Obat Sariawan

Advertisement

Sariawan merupakan benjolan kecil yang terdapat pada lidah ataupun bibir akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, serta kehilangan banyak cairan. Untuk mengobati sariawan, Anda bisa makan buah semangka atau minum jusnya. Kandungan vitamin C dan air dalam buah semangka membantu proses penyembuhan luka sariawan dengan membunuh bakteri di mulut serta mengatasi masalah bibir kering.

Obat Jerawat

Jika Anda biasa kerja di luar ruangan, wajah akan menerima banyak bakteri yang berasal dari polutan di udara, asap rokok, dan lingkungan sekitar. Hal tersebut akan merusak kesehatan kulit wajah, salah satu masalah yang umum terjadi adalah jerawat.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin tetap terlihat segar dan bersih, sehabis kerja luangkan sekitar 20 menit untuk melakukan perawatan wajah dengan buah semangka. Caranya dengan menempelkan cairan yang diperoleh dari jus semangka menggunakan kapas pada seluruh area wajah. Biarkan mengering selama 15 menit, kemudian bilas pakai air dingin.

Antioksidan

Seperti pisang yang menyimpan likopen cukup banyak, buah semangka juga diberkati senyawa tersebut dari Tuhan. Fungsi likopen dalam tubuh diantaranya menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, makanan, dan melemahnya sistem imun. Jika Anda mengalami radikal bebas, masalah serius seperti kanker siap menghampiri Anda.

Mengontrol Tekanan Darah

Jika tekanan darah melebihi angka normal, maka tubuh berada di posisi rentan terhadap penyakit jantung seperti stroke. Untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal, butuh senyawa karetonid dari buah-buahan. Anda bisa dengan mudah menemukannya pada buah semangka, mekanismenya diawali dengan mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri ataupun pembuluh vena sehingga tekanan darah berkisar di angka yang semestinya,

Memberi Kesegaran Pada Kulit

Buah semangka juga mencegah proses penuaan dari dalam dengan cara menyumbangkan zat gizi yang tersimpan di dalamnya. Jika Anda rutin konsumsi aneka olahan dari buah semangka, tanpa disadari kulit menjadi lebih kencang dan segar.

Bersyukurlah bagi Anda yang memilih semangka sebagai buah favorit, karena begitu kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply