Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan

manfaat buah rambutan

Manfaat buah rambutan tidak hanya untuk dimakan namun juga sebagai obat.

Siapa yang tidak kenal buah rambutan (Nephelium lappaceum L.). Buah rambutan memiliki rasa manis yang begitu khas. Buah ini sebenarnya tidak keseluruhan berwarna merah, ada buah rambutan yang mempunyai warna perpaduan kuning dan merah. Buah ini termasuk buah musiman. Seringnya rambutan di konsumsi secara langsung bila di bandingkan di campur dalam jus buah atau olahan yang lain. Rambutan sebenarnya tidak kalah populer dengan buah yang lain. Hal ini dikarenakan ia memiliki berbagai macam manfaat serta kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Kandungan Nutrisi Buah Rambutan

Buah rambutan mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya, antara lain:

  • Karbohidrat, kandungan karbohidrat yang berada di buah rambutan ini akan menjadi sumber energi.
  • Protein, ternyata rambutan juga memiliki kandungan protein yang berfungsi sebagai pengganti kerusakan sel, serta mengganti sel rusak menjadi sel baru.
  • Serat, kandungan serat pangan yang ada di dalam rambutan akan memudahkan Anda untuk buang air besar.
  • Vitamin A, dan C, kandungan vitamin A dan C ini sebagai penyehat mata serta sebagai antioksidan yang berada di tubuh.
  • Sumber mineral, sumber mineral ini sendiri seperti zat besi, kalsium, niacin, fosfor, zonc, hingga magnesium.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi yang berada di dalam buah rambutan membuat buah ini ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti:

Anemia (Kurang Darah)

Anemia memang terkesan sepele. Namun bila Anda tidak segera mengobati, penyakit ini bisa menjadi parah. Penyakit anemia juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin atau zat besi. Kandungan zat besi serta berbagai vitamin yang berada di dalam rambutan mampu menambah produksi dari eritrosit.

Selain penyakit ringan, rambutan juga bisa di gunakan sebagai penyembuh penyakit kelas berat, seperti:

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Hipertensi merupakan penyakit yang sering menjadi momok untuk kalangan lanjut usia ini memang sangat menyeramkan. Agar hipertensi ini mampu di rendam sedikit demi sedikit Anda bisa mengonsumsi buah rambutan, ia akan menjadi obat yang sangat alami.

Advertisement

Kolesterol

Rambutan mempunyai kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid ini bisa memberi kesehatan tubuh, terlebih sebagai penurun kolesterol jahat.

Radang

Meskipun terkesan tidak berbahaya, namun jangan salah, peradangan ini bisa menyerang di bagian tubuh mana saja, seperti peradangan yang terjadi di bagian otot, paru-paru hingga radang tenggorokan. Mengkonsumsi buah rambutan secara teratur dapat membantu menghentikan peradangan.

Diare

Bagi sebagian orang diare memang terkesan ringan. Namun penyakit ini bisa berubah menjadi sangat menyeramkan jika sang penderita sudah kehilangan banyak cairan. Kondisi lambung sendiri akan mendapatkan gangguan yang diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bila Anda mengonsumsi rambutan, organ pencernaan akan terlindungi.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal ialah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi detoksifikasi, otomatis di dalam ginjal akan terdapat racun, tidak menutup kemungkinan bila ada toksin tang tertinggal di organ tersebut. Mineral fosfor yang berada di buah rambutan ini yang akan menetralkan toksin.

Manfaat Rambutan Sebagai Obat Tradisional

Rambutan bukan hanya dimanfaatkan buahnya untuk dimakan. Ternyata, bagian tanaman lain juga berguna bagi manusia. Salah satunya dijadikan bahan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari akar, kulit pohon hingga daunnya bisa dimanfaatkan.

Disentri

Cuci kulit buah rambutan sebanyak 10 buah, potong-potong seperlunya. Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin, airnya disaring dan minum dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Mengobati Demam

Cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan sebanyak 15 gram. Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

Menghitamkan rambut beruban

Cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

Kencing manis

Gongseng (digoreng tanpa minyak) 5 biji buah rambutan, lalu giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1–2 kali sehari.

Obat Sariawan

Cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat .

Nah itu dia beberapa manfaat dari buah rambutan dan bagian-bagian lainnya dari pohon rambutan. Selain enak dimakan dan kandungan nutrisinya banyak, juga bisa dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply