Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

buah pepaya

buah pepaya bermanfaat bagi kesehatan

Pepaya (Carica papaya L.) atau betik merupakan tumbuhan buah yang lahir di Meksiko selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Merupakan tanaman herba yang sukses tumbuh di kawasan tropik seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Buah pepaya yang matang akan berdaging oren kemerahan yang apabila digigit sangat empuk dan manis.

Pepaya hanya dimakan dagingnya dan biji hitam yang dilindungi oleh daging buah dibersihkan dengan pisau. Orang-orang mengkonsumsi pepaya dengan cara dimakan langsung ataupun dijus dengan menambahkan susu dan es batu. Buah pepaya tahan lama jika disimpan dalam lemari es.

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Berkat banyaknya nutrisi pada buah ini menjadikan pepaya sebagai buah favorit untuk mengobati penyakit. Setelah sebelumnya kami mengulas tentang manfaat daun pepaya, kali ini giliran buahnya. Berikut ini beberapa khasiat dari pepaya sebagai tanaman obat tradisional yang cocok ditanam di halaman rumah.

Khasiat Pepaya sebagai Obat Sakit Gigi

Ambil getah dari daun pepaya, lalu teteskan pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cottonbud. Biarkan getah menyerap dan kering, hal ini dimaksudkan agar bakteri penyebab sakit gigi mati. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan gigi.

Buah Pepaya Menghilangkan Kutil

Adanya kutil terkadang membuat suasana bekerja jadi tidak nyaman, untuk itu segera hilangkan dengan metode alami. Pepaya bisa Anda gunakan untuk mengangkat kutil yang menempel di permukaan kulit, caranya dengan mengoleskan getah pepaya pada kutil per 3 jam sekali.

Menghaluskan Tumit Yang Pecah-pecah

Tumit kasar bahkan pecah-pecah bisa menurunkan rasa pede dalam diri, maka dari itu segera atasi dengan memanfaatkan buah pepaya. Gunakan getah pepaya muda untuk menggosok kedua tumit, diamkan selama 15 menit (kaki sembari diangkat), terakhir cuci pakai air hangat.

Pepaya Mengobati Luka Bakar

Luka bakar tidak selalu diartikan sebagai luka yang timbul karena terkena api, contoh lain seperti kulit betis yang terkena knalpot motor panas. Jika Anda mengalaminya pertama bisa menggunakan kecap manis atau pasta gigi. Apabila dirasa kurang efektif gunakanlah getah pepaya muda untuk dioleskan pada permukaan luka.

Manfaat Buah Pepaya Obat Jerawat

Advertisement

Jerawat banyak jenisnya, tetapi cara menghilangkannya jauh lebih banyak, misalnya menggunakan pepaya. Caranya yaitu menjemur 3 lembar daun pepaya tua yang telah dicuci bersih, lumatkan sembari disiram 1/4 gelas air, kemudian peras. Gunakan air perasan (sari) pada seluruh wajah yang berjerawat.

Manfaat Buah Pepaya Obat Diare

Karena kaya akan serat sangat cocok jika pepaya dikonsumsi untuk mengobati diare. Caranya dengan menyeduh segenggam biji pepaya yang telah ditumbuk halus sehari 3 kali masing-masing 1 gelas.

Buah Pepaya Mengatasi Keputihan

Wanita banyak mengeluh saat mengalami keputihan, rasa gatal dan perih yang dihasilkan benar-benar menyiksa. Untuk itu pepaya hadir sebagai solusi alami yang cukup efektif untuk mengatasi keputihan.

Siapkan satu lembar daun pepaya, cuci bersih lalu iris kecil. Tambahkan 50 gram akar alang-alang yang masih bersih dan pulasari. Rebus kedalam 1,5 liter air, terakhir didihkan dan saring. Minum airnya sehari 1 kali.

Masker Buah Pepaya

Anda ingin memiliki kulit wajah yang halus dan segar? Gunakan saja masker wajah alami dari buah pepaya. Caranya mudah, ambil buah pepaya yang sudah matang, buang kulit dan bijinya. Blender buah pepaya sampai benar-benar lembut. Ingat, sampai benar-benar halus. Gunakan pepaya yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker untuk wajah. Biarkan selama 15-20 menit sampai pepaya mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

Masker pepaya ini sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah sekaligus mengencangkan. Untuk mendapatkan kulit yang lembut, Anda bisa menambahkan madu ke dalam adonan.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Dibalik cara konsumsi pepaya yang bermacam-macam, tidak banyak orang yang tahu akan kandungan pepaya. Maka dari itu sangat menarik jika pada artikel ini sedikit dibahas mengenai kandungan buah pepaya yang berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pada 100 gram buah pepaya terdapat:

  • 0.6 g protein
  • 10 g karbohidrat
  • 470 mg kalium
  • 0.1 g lemak
  • 16 mg fosfor
  • 0.3 mg zat besi
  • 39 kalori
  • 20 mg kalsium
  • 0.3 mg niacin
  • 0.04 mg Vitamin C
  • 0.03 mg Vitamin B
  • 1.750 IU vitamin A

Pepaya memang cocok dijadikan tumbuhan obat keluarga karena khasatnya memang telah membantu banyak orang. Anda bisa membudidayakan pepaya di perkarangan rumah dengan tujuan jika suatu saat saudara Anda ada yang mengalami masalah kesehatan seperti diatas, bisa dengan mudah mengobatinya karena tumbuhan obat yang akan dipakai telah banyak tumbuh di halaman rumah.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply