Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

nangka

Manfaat buah nangka alias jack of fruit untuk kesehatan

Nangka merupakan salah satu jenis buah yang memiliki aroma khas dan rasa yang manis. Rasanya yang lezat membuat buah ini banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan banyak orang yang sudah mengembangkan buah nangka menjadi berbagai olahan yang sangat lezat. Disamping rasanya yang nikmat, anda juga akan mendapat banyak manfaat dari buah ini. hal tersebut dikarenakan buah nangka mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin C, Thiamin, Riboflavin, zat besi dan lain-lain. Dengan kandungan-kandungan tersebut, tak heran jika buah nangka mampu memberikan manfaat yang sangat berguna bagi manusia. Berikut akan saya jelaskan mengenai manfaat buah nangka untuk kesehatan.

Mencegah Penyakit Jantung

Menurut penelitian, buah nangka merupakan buah yang kaya kandungan kalium. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa kalium adalah zat makanan yang mampu menurunkan tekanan darah seseorang sehingga resiko pentakit jantung dapat ditekan. Konsumsilah buah nangka rutin setiap satu kali dalam satu minggu. Satu minggu adalah jangka waktu yang sangat tepat karena jika terlalu sering mengkonsumsi buah nangka maka pencernaan anda akan sedikit terganggu. Gangguan yang dimaksud adalah munculnya penyakit diare. Karena itulah, konsumsilah buah nangka dalam jangka waktu yang tepat sekaligus jumlah konsumsi yang tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Mencegah Anemia

Advertisement

Khasiat buah nangka yang kedua adalah sebagai pencegah penyakit anemia. Buah nangka juga didaulat sebagai buah yang kaya akan kandungan zat besi. Selain sebagai pencegah anemia zat besi juga mampu membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar.

Mencegah Osteoporosis

Buah nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan magnesium. Seperti yang kita ketahui bahwa magnesium merupakan zat makanan yang mampu menjaga kesehatan tulang termasuk osteoporosis. Selain sebagai pencegah osteoporisis, buah nangka juga bemanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan yang dikandung oleh buah nangka akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah nangka yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, buah nangka adalah buah yang banyyak mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan kandungan makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, buah nangka juga mengandung vitamin C. Menurut penelitian, vitamin C yang terkandung dalam buah nangka juga mampu mencegah terjadinya penyakit kanker dan mencegah timbulnya keriput.

Sumber energi

Buah nangka mengandung sukrosa dan fruktosa yang mampu menjadi sumber energi alami bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah nangka ini, maka anda sudah bisa menyimpan energi sebesar jumlah konsumsi anda. Selain sebagai sumber energi, buah nangka juga bermanfaat sebagai pencegah terjadinya sembelit. Untuk mengobati sembelit dengan memakan buah nangka, anda disarankan memakannya dalam jumlah cukup karena jika berlebihan penyakit sembelit anda akan beubah menjadi penyakit diare.

Manfaat Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah nangka juga bermanfaat dalam bidang kecantikan. Menurut penelitian, buah nangka mampu mengatasi jerawat, menghindari kulit keriput, mengangkat sel kulit mati dan juga menghindari kulit kering. Karena itulah, orang yang mengkonsumsi buah nangka rutin setiap 3 kali dalam satu minggu maka kesehatan dan kecantikan kulitnya akan senantiasa terjaga.

Demikian artikel mengenai manfaat buah nangka, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang menginginkan tubuh yang sehat.

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply