Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

khasiat buah mengkudu

Buah noni (Morinda citrifolia) berkhasiat untuk kesehatan

Mengkudu atau noni mendapatkan sebutan Latin Morinda citrifolia, merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Asia Tenggara dan tergolong ke dalam famili Rubiaceae. Pohon mengkudu akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi mencapai 1500 m, sementara tinggi pohon sendiri mampu melebihi 5 m. Buahnya majemuk dengan banyak jumlah totol pada permukaan kulit (jika masih muda) dan berubah jadi bintik hitam jika sudah tua.

Penduduk Aceh sering merujak dengan mencampurkan mengkudu, bagi yang ingin membuat sayur juga tak jarang memilih mengkudu. Bagian lain yang umum dimanfaatkan para penduduk kota Aceh adalah daunnya yang bisa digunakan jadi salah satu bahan nicah peugaga yang merupakan menu wajib buka puasa.

Buah mengkudu banyak memiliki sifat pencegahan terhadap penyakit, hal ini menjadikan dirinya sebagai salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang patut dibudidayakan. Kembali mengintip kebiasaan penduduk Aceh, mereka sangat gemar menanam pohon mengkudu di perkarangan rumah, sebab mereka tahu bahwa tumbuhan ini mampu mengatasi banyak penyakit.

Manfaat Buah Mengkudu

Berbagai unsur senyawa menjadi komponen utama penyusun buah mengkudu, mereka bersatu padu dengan satu tujuan, yaitu memberikan manfaat pada manusia.

Berikut ini akan sedikit diulas materi kesehatan menarik mengenai objek yang sedang dibahas pada artikel ini, yaitu manfaat buah mengkudu dalam hal kesehatan, khususnya menjadi obat tradisional. Seperti apa sih keunggulan buah mengkudu dari buah-buahan lain? Semua akan dibahas secara gamblang berikut ini.

Memberikan Daya Tahan Tubuh Yang Lebih

Tubuh yang kekurangan asupan vitamin akan mengalami berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidakmampuan imunitas tubuh dalam hal menumpas bakteri penyakit.

Advertisement

Di sini mengkudu bekerja ekstra dalam hal meningkatkan sistem antibodi tubuh. Dari hasil uji klinis Dr. Schechter (Institut Pengobatan Alami di California) membuahkan kabar bahwa sari buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T dalam jaringan kekebalan tubuh. Hal tersebut akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit serta mampu mengurangi rasa sakit/nyeri, menghambat laju pertumbuhan sel kanker, serta menormalkan fungsi sel yang tidak normal.

Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan tulisan yang telah dikutip dari blog manfaat buah daun, buah mengkudu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.

Pembuatan ramuan obat itu sendiri tidaklah rumit. Sediakan 2 buah mengkudu yang sudah matang dari pohon, serta 1 sendok makan madu. Peras kedua buah dan tampung airnya, tambahkan sesendok madu tadi kedalam air perasan buah mengkudu. Ramuan ini Anda minum sehari 2 kali.

Manfaat Mengkudu sebagai Obat Batuk

Manfaat lain dari buah noni yaitu mengobati berbagai jenis batuk. Hal ini mungkin terjadi karena adanya sifat anti-bakteri dan anti-peradangan dalam daging buahnya.

Cara membuat obat batuk dari mengkudu yaitu dengan menyiapkan 1 buah mengkudu masak dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Bahan-bahan tadi direbus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring airnya, terakhir minum sampai habis sehari 2 kali (pagi dan sore atau malam).

Mengkudu Obat Demam dan Flu

Demam, masuk angin serta flu adalah penyakit paketan yang biasa menghampiri seseorang saat musim dingin. Di saat kondisi ekstrim tubuh akan kelelahan berperang melawan bakteri, jadi wajar jika Anda terkena gangguan tersebut.

Untuk mengobatinya Anda bisa merebus 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur dalam panci berisikan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, lalu saring airnya dan minum sehari 2 kali (pagi dan sore hari).

Semakin ke sini buah mengkudu menjadi objek penelitian menarik para dokter ataupun pakar pengobatan. Sementara produk keluaran mengkudu ini sekarang sudah banyak, seperti Noni Juice dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply