Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

buah melon

Buah melon kaya kandungan air dan menjadi buah yang sangat menyegarkan.

Macam-macam Manfaat Melon untuk Kesehatan – Buah melon adalah buah yang memiliki warna hijau kekuningan. Buah ini masih satu keluarga dengan blewah dan labu. Buah ini biasanya sangat mudah sekali ditemukan saat musim kemarau atau saat bulan puasa tiba. Buah ini biasanya sangat cocok dijadikan untuk makanan pencuci mulut saat acara makan malam. Rasanya yang manis bisa membuat mulut anda menjadi segar setelah memakannya.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Tak hanya dijadikan makanan pencuci mulut saja, ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut? Simak info nya berikut ini:

Buah yang kaya akan vitamin A

Melon ternyata memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi untuk tubuh anda. Dalam satu buah melon saja terdapat vitamin A yang bisa mencukupi 25% kebutuhan vitamin A harian anda. Vitamin A pada melon sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan merawat kesehatan tulang. Selain vitamin A, melon ternyata juga mengandung beta karotin yang baik sekali untuk mempertajam dan menjaga kesehatan mata anda.

Maka dari itu konsumsi lah melon secara teratur agar kebutuhan harian anda akan vitamin A dan beta karotin menjadi ter cukupi. Agar lebih maksimal dalam menjaga kesehatan tulang, anda bisa menjadikan melon sebagai jus yang dicampur dengan susu yang kaya dengan vitamin D.

Sumber likopen

Buah melon adalah buah yang kaya dengan likopen. Tak jarang banyak orang yang mengatakan jika buah yang satu ini adalah sumber likopen yang baik. Likopen adalah senyawa aktif yang fungsinya membunuh sel-sel jahat penyebab kanker. Tak hanya kanker saja, likopen ternyata juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung pada tubuh. Jika anda ingin mencegah sel kanker tumbuh dan mencegah penyakit jantung, konsumsi lah buah melon sesering mungkin.

Mengandung kolagen

Melon ternyata juga mengandung kolagen yang baik sekali untuk kesehatan kulit anda. Kolagen adalah senyawa protein yang membantu proses regenerasi kulit dan mempercepat pelepasan sel kulit mati dari dalam wajah anda. Selain itu kandungan kolagen di dalam melon juga bisa menjadikan kulit anda tampak lembab, halus dan kencang. Jika anda ingin cantik, konsumsi lah melon sesering mungkin.

Merawat kesehatan tubuh dan jantung

Advertisement

Di dalam buah melon terkandung 267 miligram elektrolit dan kalium setiap 100 gramnya. Kalium ini sangat penting sekali untuk mengontrol kesehatan jantung. Sehingga jantung tidak mudah terserah penyakit seperti jantung koroner maupun stroke. Tak hanya itu saja, melon ternyata juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ini karena melon memiliki khasiat khusus yakni untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk anda yang memiliki penyakit tekanan darah rendah, jangan mengkonsumsi melon terlalu banyak. Karena bisa menjadikan penyakit anda kambuh dan merasa lemas setelah memakannya.

Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini akibat faktor genetik. Meskipun genetik, tapi bukan berarti anda yang tidak memiliki turunan diabetes tidak bisa terjangkit penyakit ini. Untuk anda yang ingin mengurangi penyakit diabetes, anda bisa memakan buah melon.

Kandungan gula alami dan air di dalam buah melon bisa membantu anda dalam mengimbangi dalam mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Buah melon ternyata juga mengandung banyak kalori yang menjadikan anda cepat merasa kenyang dan tidak mudah lapar.

Melancarkan pencernaan

Buah melon tak hanya kaya akan vitamin. Buah yang satu ini ternyata kaya akan serat dan air. Serat dan air inilah yang menjadikan buah melon lebih dipilih untuk dijadikan pencuci mulut karena bisa memperlancar pencernaan. Bila anda memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar anda bisa memakan buah melon. Tak perlu dibuat ramuan yang susah, hanya perlu dimakan langsung dan tak lama kemudian pasti buang air besar anda akan menjadi lancar kembali.

Baik untuk diet

Meskipun manis, tapi ternyata buah ini cocok sekali untuk diet. Ini karena buah yang satu ini mengandung rasa manis alami. Saat diet anda bisa memakan beberapa potong buah melon ini. Jangan memakannya terlalu banyak karena akan menjadikan perut anda terasa mengandung banyak air. Anda bisa mengkonsumsi melon ini sebelum makan. Ini dimaksudkan agar sistem pencernaan anda lebih licin sehingga makanan yang anda konsumsi selanjutnya tidak tersumbat sehingga menjadikan buang air besar anda menjadi tidak teratur dan menggagalkan proses diet anda.

Mencerahkan wajah dari dalam

Buah melon ternyata juga bisa mempercantik wajah anda terutama dalam hal mencerahkan wajah. Ini karena buah ini mengandung kadar air yang cukup banyak. Kandungan air yang cukup banyak inilah yang bisa mencerahkan wajah anda dari dalam. Tak hanya mencerahkan kulit wajah saja. Buah melon juga bisa membersihkan sel kulit mati dalam wajah anda dari dalam. Anda bisa memakan bauh melon secara rutin agar kulit wajah anda bisa cerah dan tampak lebih segar lebih cepat.

Agar lebih lezat dan rasanya tidak monoton saat dimakan, anda bisa mengolah melon menjadi beberapa makanan lezat dan enak. Misalnya menjadikan melon sebagai jus, smoothie, es buah, dan beberapa olahan melon lainnya. Tak hanya membuatnya lebih lezat, mengolah melon dengan benar juga bisa menambah nilai gizinya.

Dengan memakan melon secara rutin, anda bisa menjaga kesehatan dan kecantikan anda. Sekian artikel tentang manfaat melon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply