Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kurma

manfaat buah kurma

Buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang besar hingga khasiatnya untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat Kurma (Phoenix dactylifera) – Kurma merupakan buah yang berasal dari timur tengah dan termasuk ke dalam tanaman palma. Pohon kurma memiliki tinggi sekitar 15-25 m dengan buah yang dihasilkan biasanya memiliki panjang 3-7 cm dan berdiameter 2-3 cm dengan biji tunggal. Buah kurma dibagi menjadi 3 golongan utama yaitu golongan lunak, semi kering dan kering. Buah yang dahulunya diperkirakan dari Teluk Persia ini memiliki berbagai macam manfaat dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang banyak misalnya thiamin, niasin, folat, riboflavin sehingga tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui yang dikarenakan kandungan hormon sejenis oksitosin. Hormon tersebut dapat membantu untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang ketika menjelang melahirkan. Kurma juga dapat membantu untuk mengurangi pendarahan ketika melahirkan. Pada masa pasca melahirkan, sari dari buah kurma dapat membantu untuk menstabilkan kondisi ibu dan mengembalikan nutrisi.

Kurma tidak hanya dimakan langsung untuk mendapatkan manfaatnya namun juga dengan merendamnya untuk mendapatkan air nabeez. Air tersebut merupakan air rendaman dari kurma atau kismis selama semalaman (8-12 jam) dengan menggunakan wadah tertutup yang telah diisi air matang dan diminum keesokan harinya. Air ini dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan di almari es. Manfaatnya yaitu dapat membantu untuk membuang zat berbahaya dalam tubuh, membantu untuk memulihkan sistem pencernaan, serta membuang kelebihan asam pada perut.

Tidak hanya buahnya, namun juga biji kurma memiliki manfaat. Caranya yaitu dengan menjemurnya hingga kring kemudian disangrai dan ditumbuk hingga berbentuk seperti biji kopi dan siap untuk diseduh. Dalam 100 gr biji kurma terdapat protein sebesar 5,2%, lemak 9,32%, serat 13,6%, minyak kuning-hijau sebesar 8%. Dari olahan biji kurma tersebut, dapat digunakan sebagai lulur dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun dan madu. Untuk masalah kebotakan, Anda dapat menambahkan bubuk biji kurma dengan minyak zaitun dan dioleskan ke kepala.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, dalam 100 gr buah kurma yang diuji, mengandung banyak nutrisi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel nutrisi buah kurma di bawah ini:

Zat gizi Jumlah/100 gram
Air 18.27
Energi 251 kkal
Protein 2.81 g
Karbohidrat 66.78 g
Serat 7.1 g
Gula 56.38 g
Total lemak 0.35 g
Lemak jenuh 0.0028 g
MUFA 0.0032 g
PUFA 0.017 g
kolesterol 0 mg
Mineral:
Kalsium 35 mg
Zat Besi 0.91 mg
Magnesium 38 mg
Fosfor 55 mg
Kalium 484 mg
Sodium 2 mg
Seng 0.26 mg
Vitamin
Vitamin A 9 IU
Vitamin B1 (tiamin) 0.046 mg
Vitamin B2 (riboflavin) 0.059 mg
Vitamin B3 (niasin) 1.134 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat) 0.525 mg
Vitamin B6 (piridoxin) 0.147 mg
Vitamin B9 (folat) 17 mcg
Vitamin B12 0 mcg
Vitamin C 0.4 mg
Vitamin E 0.04 mg
Vitamin K 2.4 mcg
Fitonutrisi
Beta karoten 5 mcg
Beta kriptoxantin 0 mcg
Lutein dan zeaxantin 67 mcg
Likopen 0 mcg

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Setelah Anda mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat pada kurma, sekarang mari kita lanjutkan dengan pembahasan engenai manfaat buah kurma untuk kesehatan manusia. Ini penting dan harap dibaca bak-baik.

1. Mencegah rematik

Siapa yang menyangka kalau buah yang berasal dari Timur Tengah ini punya kemampuan untuk mencegah terjadinya rematik? Ini karena buah kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan terutama tulang dan otot. Makan 15 buah kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron. Baca juga artikel cara mengobati rematik.

2. Serat terbaik untuk usus

Usus yang bekerja terus menerus harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan supaya kinerjanya kembali optimal. Dan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus tidak menimbulkan penyakit. Serat adalah salah satu zat yang berfungsi membersihkan usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak dibanding buah-buahan lain. Selain itu, serat yang terdapat pada buah yang belum matang juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

3. Mencegah kanker otak

Buah kurma mengandung mineral yang cukup tinggi dan kaya. Diantaranya magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan boron yang berfungsi juga untuk pencegahan kanker otak. Dengan mengkonsumsi 15 butir kurma setiap hari, Anda sudah bisa memenuhi hingga 80% kebutuhan magnesium dan 70% kebutuhan sulfur.

4. Sebagai sumber energi

Selain sumber serat yang baik, kurma juga merupakan sumber energi yang efektif. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma segar Anda dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 12 hingga 15 persen. Jika anda mengkonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya menjadi berkurang. Kurma merupakan sumber energi instan, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang pada saat berbuka puasa.

5. Sumber antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Dimana fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah kurma juga membantu diri Anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

6. Mengobati demam berdarah

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien penderita demam berdarah. Persentase peningkatan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma adalah 23.90% per hari, sedangkan peningkatan kadar trombosit tanpa konsumsi sari kurma adalah 8.09% per hari. Kandungan sari kurma yang diduga turut berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit. Baca juga artikel cara mengobati demam berdarah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kurma merupakan buah yahng kaya akan kandungan kalium. Seperti yang kita tahu salah satu fungsi kalium adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

Advertisement

8. Mencegah resiko stroke

Resiko stroke bisa dikurangi hingga 40% dengan cara mengkonsumsi kalium sebanyak 400 mg/100 gram per hari. Kebutuhan kalium tersebut bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi minimal 5 butih kurma basah setiap hari. Jika Anda ingin mendapatkan jumlah yang lebih banyak bisa mengkonsumsi jus sari buah kurma yang saat ini sudah beredar di pasaran. Namun, pastikan keasliannya dengan membeli di tempat-tempat yang terpercaya dan dapat dipertanggunjawabkan.

9. Melancarkan pencernaan

Sudah dibahas tadi di atas. Kurma memiliki kandungan serat larut dalam buah masak dan serat tak larut dalam buah yang belum masak. Jika serat larutnya berfungsi membersihkan saluran pencernaan, maka serat tak larut ini bertugan sebagai pendukung perkembangan prebiotik baik yang sangat diperlukan untuk membersihkan sistem pencernaan yang jga berdampak pada lancarnya proses buang air besar (BAB).

10. Aman untuk penderita hipertensi

Ada yang bertanya apakah buah kurma aman untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi? Perlu diketahui bahwa kurma juga rendah natrium namun tinggi akan kalium yang jumlahnya meningkat seiring tingkat kematangannya sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

11. Mecegah anemia

Anemia atau kurang darah seringkali dialami oleh wanita apalagi yang sedang dalam masa kehamilan. Lalu apakah kurma ini baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Tentu. Bahkan buah kurma punya kemampuan untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dan kalsium pada kurma berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu kandungan asam askorbatnya juga baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh sehingga proses produksi hemoglobin dapat berlangsung dengan baik. Itulah salah satu manfaat kurma bagi wanita hamil

12. Meningkatkan daya ingat dan kerja otak

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan juga meningkat kinerja otak. Hal ini karena kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

13. Mencegah insomnia

Insonia atau kesulitan untuk tidur tepat waktu kerapkali diderita oleh orang-orang yang sibuk di zaman modern ini. Dampaknya, keseimbangan tubuh mulai terganggu karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Kandungan vitamin B3 dalam uah kurma dapat membantu anda mengurangi gejala insomnia.

14. Aman untuk penderita diabetes

Selain aman dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, kurma juga aman dikonsumsi oeh penderita diabetes. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa adalah karbohidrat yang sudah siap serap dan membutuhkan insulin dalam penyerapannya. Sedangkan fruktosa adalah gula yang terdapat dalam buah-buahan. Untuk masuk ke dalam sel, fruktosa tidak membutuhkan insulin, dengan demikian kurma aman bagi pengidap Diabetes Melitus (DM).

15. Bebas lemak jenuh

Kurma merupakan buah dengan kandungan serat yang baik dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh, kolesterold an sodium. Hal tersebut diungkapkan oleh Fendy Susanto, STP, CPT, CFT, ahli gizi dari Nutrifood Research Center. Jadi jangan takut menjadi gendut karena rutin mengkonsumsi buah kurma.

16. Kaya Polifenol

Diungkapkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kurma memiliki total polifenol yang lebih tinggi dibanding buah atau sayur yang biasa kita konsumsi. Hal ini karena lingkungan tempat kurma tumbuh merupakan lingkungan yang kering seperti gurun sehingga polifenol lebih banyak terbentuk sebagai bentuk perlindungan buah kurma dari stres. Bagi manusia sendiri, polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. Terdapat penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

17. Membantu perkembangan otot

Siapa yang menyangka kalau salah satu manfaat buah kurma adalah membantu perkembangan otot? Hal ini karena kurma segar memiliki kandungan protein yang lebih besar dibanding dengan buah-buahan yang lain. Dalam buah kurma juga terkandung lysine yang berfungsi sebagai stimulan otot untuk berkembang. Nah, kandungan lysine pada kurma ini jauh lebih besar dibanding buah-buahan lain seperti jeruk misalnya. Namun, harap dicatat, bahwa kandungan protein pada kurma kering sudah mengalami penurunan dibanding versi segarnya. Jadi, jika meninginkan manfaat kurma sebagai pembantu perkembangan otot, gunakan kurma segar.

18. Mencegah penggumpalan darah

Buah ini juga kaya akan kandungan asam salisilat yang berfungsi mencegah penggumpalan darah dan mengendalikan tekaan darah. Darah yang menggumpal sangat berbahya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan resiko stroke dan penyakit jantung.

19. Manfaat kurma untuk kulit

Selain mencegah penggumpalan darah, asam salisilat pada kurma juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga digunakan untuk membersihkan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan kelebihan minyak.

20. Manfaat kurma lainnya

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan di atas, kurma juga mengandung mineral seperti fluor yang bagus untuk melindungi kesehatan dan kekuatan gigi. Kandungan selenium pada kurma juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Keterangan lain menyebutkan bahwa kurma juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan gatal-gatal, masuk angin, keputihan, sakit perut, sakit kepala dan migrain, membantu meningkatkan kesuburan, hingga menghangatkan tubuh.

Mengenal Jenis-Jenis Buah Kurma

Dalam menjual buah kurma, biasanya penjual akan membedakannya berdasarkan varian dan daerah asalnya. Supaya tidak terkecoh saat membelinya, maka anda harus mengenal jenis-jenis buah ini karena setiap jenis harganya beda. Namun, saat ini ada lebih dari 1.500 varietas kurma. Maka kami sudah memilihkan yang paling populer sebagai panduan.

manfaat kurma untuk kesehatan

Deglet Noor, varietas kurma yang berasal dari Aljazair dan Tunisia.

VARIETAS ASAL SPESIFIKASI
Barhi Basra, Irak Daging buah tebal, penuh cita rasa, berwarna cokelat gelap saat matang, lembut, kualitas sangat baik
Dayri (Monastery Date) Dayri, Irak Bentuk panjang, warna hampir hitam, daging buah lembut dan agak kering
Deglet Noor Aljazair dan Tunisia Agak kering, tidak terlalu manis, banyak digunakan untuk masakan. Tanamannya menghasilkan banyak buah tetapi tidak terlalu tahan air dan lembap.
Halawy/Halawi Irak Sangat manis, daging buah lembut, berukuran kecil-sedang, buahnya bisa berkerut selama proses pematangan jika pohonnya tidak diairi dengan baik, toleran terhadap kelembapan.
Hayany/Hayani Mesir Warnanya merah gelap hingga hampir hitam dengan daging buah lembut. Pohonnya paling tahan cuaca dingin.
Khadrawy/Khadrawi Irak dan Arab Saudi Jenis kurma yang paling disukai oleh orang Arab karena dagingnya lembut dan berkualitas paling baik. Ukurannya paling kecil dan pohonnya cukup toleran terhadap hujan dan kelembapan.
Khastawi/Khustawi/Kustawy Irak Lembut, berukuran kecil, dan sangat disukai sebagai dessert.
Maktoom Irak Berukuran besar, berwarna merah-coklat, berkulit tebal, lembut, dengan rasa manis yang sedang
Medjool Maroko Berukuran besar, lembut dan juicy
Saidy/Saidi Libya Berdaging buah lembut, sangat manis, untuk tumbuh pohonnya butuh iklim yang sangat panas
Sayer/Sayir Irak Berwarna oranye-cokelat tua, berukuran sedang, lembut, bersirup
Thoory/Thuri Aljazair Buahnya kering, ketika dikeringkan berwarna merah-cokelat dengan kulit yang agak keriput, dan daging buahnya terkadang keras dan berpasir, tapi rasanya manis
Zahdi/Zahidi Varietas tertua di Timur Tengah Berukuran sedang, berwarna cokelat emas cerah, sangat bergula, banyak digunakan untuk keperluan kuliner

Oke, semoga artikel mengenai manfaat buah kurma ini bermanfaat bagi para pembaca. Sebentar lagi bulan puasa, permintaan akan buah ini tentunya meningkat. Di Indonesia, sangat sulit menemukan kurma yang masih asli tanpa pemanis tambahan. Jikalau ada, harganya mahal dan biasanya cuma tersedia di swalayan di kota-kota besar saja. Kurma yang seperti ini kemungkinan kurang baik untuk kesehatan terutama penderita diabetes. Karena itu jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kurma | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply