Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

buah jambu biji

Buah dan daun jambu biji berkhasiat bagi kesehatan

Jambu biji yang memiliki nama Latin Psidium guajava L ini mempunyai banyak kandungan sekaligus khasiat yang siap diterima oleh tubuh. Buah jambu biji acap kali disebut sebagai jambu klutuk atau jambu siki, tidak penting sebutannya yang penting sudah siap untuk dilahap.

Buah jambu biji sarat akan vitamin C sehingga cocok dijadikan obat sariawan ataupun sekedar untuk melepas dahaga. Di warung-warung makan sederhana ataupun restoran biasanya tercantum menu jus jambu ini pakai es. Melihat hal tersebut tentu saja buah ini banyak diminati lidah masyarakat, tidak hanya Indonesia, di negara-negara Eropa pun banyak penduduk yang membicarakan kehebatan dari buah ini.

Kandungan Buah Jambu Biji

Pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat buah jambu biji, tetapi sebelum kesitu tidak etis jika ujug-ujug membahas khasiatnya tanpa mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Sebab berkat kandungan nutrisinya itulah banyak timbul manfaat yang diperoleh tubuh. Berikut ini jumlah nutrisi yang tertanam dalam buah tersebut:

  • Kalori
  • Vitamin A (Karoten)
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Hidrat arang
  • Air
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Protein
  • Rendah lemak

Pada daun jambu biji juga terdapat banyak zat gizi seperti minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa jenis vitamin.

Manfaat Buah Jambu Biji

Anda kenal dengan Oki Jelly Drink rasa jambu biji? Pasti dong. Minuman tersebut di promosikan lewat media audiovisual, pada iklan tersebut menjelaskan pada konsumen bahwa minuman itu siap diminum ketika lapar, lebih tepatnya sebagai pelepas dahaga dan penunda lapar.

Advertisement

Disamping manfaat itu ternyata banyak pakar pengobatan tradisional yang mengolah buah ini, khususnya pada bagian daun jambu biji untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Diantaranya adalah sbb.

Daun Jambu Biji Obati Diare

Diare atau disentri terjadi karena keseringan makan makanan pedas, contohnya sambal. Penderita akan sering buang air besar tetapi tinja yang dikeluarkan bentuknya cair.

Pengobatan diare dengan jambu biji bisa dimulai dengan menyiapkan 30 gram daun jambu biji yang dicampur dengan satu genggam tepung beras serta 1 – 2 gelas air. Rebus semua bahan, saring dan minum airnya 2 kali sehari.

Atasi Sariawan dengan Jambu Biji

Karena sarat vitamin C menobatkan buah jambu biji sebagai buah favorit untuk mengobati sariawan.

Pengobatan sariawan dengan jambu biji diawali dengan mencuci satu ruas jari kulit batang daun jambu biji dan satu genggam daun jambu biji, kemudian rebus dalam 1 liter air. Tunggu mendidih, saring airnya dan minum setelah dingin.

Daun Jambu Biji atasi Keputihan

Langsung saja, Anda persiapkan dua genggam daun jambu biji yang masih muda dan 7 lembar daun sirih, keduanya cuci bersih. Rebus dalam segelas air dan saring. Abaikan agak dingin kemudian minum, sehari 2 kali dan rutin.

Mengobati Diabetes

Kadar gula dalam darah yang berlebihan dapat memicu diabetes, untuk mengobatinya bisa memanfaatkan metode alami seperti minum ramuan dari jambu biji.

Caranya yaitu mencuci jambu biji yang setengah matang, lalu belah jadi beberapa bagian. Rebus dalam satu liter air, kemudian saring airnya dan minum sehari 2 kali.

Mengobati Ambeien

Ambil daun jambu biji yang masih muda (pucuk daun) dan satu buah pisang batu matang. Cuci kedua bahan, lalu tumbuk hingga halus. Peras keduanya hingga keluar air, lalu minum ramuan ini secara teratur hingga sembuh.

Tulisan mengenai manfaat jambu biji ini diperoleh dari beberapa sumber online. Semoga tulisan ini bisa memperluas wawasan Anda mengenai TOGA (Tanaman Obat Keluarga), terima kasih atas waktu luangnya untuk membaca, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini.

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply