Manfaat Buah Durian dan Kandungan Gizinya

manfaat buah durian

Buah Durian lebih deikenal dengan nama King of Fruit alias Raja Buah.

Manfaat Buah Durian (Durio zibethinus) – Durian merupakan salah satu tumbuhan tropis yang asalnya dari wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. buah ini memiliki julukan yaitu king of fruit atau raja segala buah. Termasuk sebagai tumbuhan yang berasal dari marga Durio, buah ini mempunyai nama ilmiah yaitu D. Zibethinus. Karena rasanya yang enak, tidak sedikit orang yang menyukai buah ini akan tetapi tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai buah ini karena memiliki bau yang menyengat.

Berdasarkan pada beberapa penelitian, dari kandungan yang ada di dalam buah durian didapatkan beberapa manfaat yang berguna bagi tubuh. Pertama, penelitian dari Ohio State University. Dari penelitian tersebut, ditemukan jika buah durian mempunyai kemampuan untuk dapat mematikan zat yang menjadi penyebab kanker, gejala dari penyakit diabetes dan dapat membantu untuk menurunkan resiko dari gejala penyakit jantung. Hal tersebut juga dikarenakan di dalam buah durian, terdapat kurang lebih 200 mg Vitamin C dari 100 gr durian.

Penelitian kedua berasal dari Departemen of Pharmacology & Toxicology dari School of Medicine di State University of New York. Penelitian yang dilakukan di Buffalo juga menunjukkan jika pada buah durian terdapat suatu zat yang bernama zat Phytosterol. Zat ini dapat memperbaiki reaksi dari sel tumor pada tubuh dan juga membantu untuk mencegah timbulnya dari penyakit kanker.

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Untuk kesehatan, buah yang memiliki bau yang menyengat memiliki berbagai macam manfaat atau khasiat, yaitu:

Mengatasi sembelit

Buah durian mengandung serat yang cukup banyak, sekitar 37%, sehingga bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Nutrisi dalam buah durian bisa menyerap air sehingga buang air besar lebih mudah dan lancar. Kandungan seratnya juga dapat mengikat massa tinja sehingga tidak terlalu keras dan mudah dikeluarkan.

Mengatasi anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Nah, buah durian ini mengandung banyak asam folat yang fungsinya membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Namun, tentu jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi durian.

Membantu pembentukan tulang dan gigi

Salah satu mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi adalah fosfor. Dan buah durian mengandung fosfor yang cuup sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat memenuhi kebutuhan fosfor harian yang pada akhirnya membantu pembentukan tulang dan gigi secara optimal.

Mencegah depresi dan stres

Rutinitas yang membandul seringkali mengakibatkan stres bahkan depresi. Keduanya jika terus dibiarkan sangat berbahaya karena dapat mengikis daua tahan tubuh scara signifikan. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengkonsumsi buah durian.

Meringankan migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah seperti penyakit yang selalu mengintai mereka-mereka dengan tingkat kesibukan tinggi. Ternyata, durian dapat membantu Anda mengatasinya. Ini karena pada buah durian terdapat vitamin B yang dapat meringkankan rasa sakit.

Menjaga fungsi kelenjar tyroid

Yodium dan tembaga berfungsi untuk menjaga kelenjar tyroid agar bekerja secara optimal. Durian merupakan buah yang memiliki kandungan tembaga yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Menjaga gula darah

Durian adalah buah yang manis. Mungkin banyak orang mengira buah yang satu ini tidak dianjurkan untuk penderita gula darah tinggi. Namun faktanya, buah tersebut mengandung Mangan yang justru membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Menjaga kesehatan kulit

Anda tentunya sudah tahu bahwa kulit juga perlu makanan agar tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam maka Anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin yang dibutuhkan kulit. Salah satunya adalah durian. Buah yang terkenal dengan nama king of fruit ini mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang membantu proses regenerasi kulit.

Mengatasi mabuk perjalanan

Banyak orang sering mengalami mabuk perjalanan ketika bepergian menggunakan kendaraan, baik pribadi maupun umum. Jika anda mengalaminya, konsumsi durian, madu dan susu. Ketiga makanan tersebut dapat membantu menenangkan perut, meningkatkan kembali kadar gula darah dan merehidrasi sitem tubuh.

Mengobati luka

Durian juga bisa digunakan untuk mengobati luka agar tidak terjadi infeksi. Caranya, ambil daging buah durian lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Tutup luka dengan perban atau kain.

Mengurangi resiko stroke

Advertisement

Menurut laporan The New England Journal of Medicine (NEJM), buah durian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke hingga 40%. Caranya dengan menjadikan durian sebagai menu harian.

Membantu berhenti merokok

Ini merupakan kabar gembira bagi anda yang berniat berhenti merokok. Buah durian dapat membantu anda menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini karena dalam buah berduri tersebut terdapat kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.

Mengontrol suhu tubuh

Masyarakat kita banyak yang mempercayai bahwa durian dapat menyebabkan panas dalam. Namun faktanya buah ini bisa bersifat mendinginkan suhu tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Hal ini dibuktikan oleh kebudayaan wanita hamil di Holland yang disuruh mengkonsumsi durian agar bayinya lahir dengan suhu ideal. Namun untuk yang satu ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Mengatasi radang saluran cerna

Pradangan pada saluran cerna atau dikenal dengan Gastrointestinal menyebabkan penderitanya kesulitan mencerna makanan keras. Mereka hanya sanggup mencerna makanan lembek seperti bubur. Nah, tekstur dari buah durian ternyata sangat cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit ini, sehingga dapat membantu proses penyembuhannya.

Membantu program diet

Banyak buah dan sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mensukseskan program diet anda. Salah satunya adalah durian. Hal ini karena durian mengandung karbohidrat cukup tinggi, sehingga bisa mengenyangkan lebih lama. Dan menghindarkan Anda dari keinginan untuk ngemil.

Memperbaiki sistem syaraf

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa buah durian mengandung vitamin B yang berfungsi memperbaiki sistem syaraf.

Mengurangi gatal karena digigit nyamuk

Gigitan jenis nyamuk tertentu dapat menyebabkan rasa panas dan gatal. Untuk menguranginya, anda bisa mengoleskan daging buah durian pada area yang gatal tersebut.

Mengurangi gejala PMS

Premenstual syndrom sering dialami oleh wanita menjelang haid. Gejalanya berupa mual, pusing dan mood yang naik turun. Masalahnya adalah hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap hubungan dengan orang-orang sekitar. Untuk mengatasinya, anda bisa coba mengkonsumsi buah durian.

Meredakan nyeri lambung

Untuk meredakan nyeri lambung biasanya kita menggunakan obat dari apotek yang mengandung antacida. Namun tahukah anda bahwa durian mengandung antasida alami yang dapat mengurangi nyeri lambung. Jadi, kalau suatu ketika Anda merasaka nyeri pada lambung, cobalah untuk mengkonsumsi buah durian.

Mengurangi resiko tekanan darah tinggi

US Food and Drug Administration telah memberikan izin kepada industri durian untuk menglaim bahwa durian mengandung kalium (potassium) tinggi namun kadar garam yang rendah sehingga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga konsentrasi

Penelitian telah menunjukan bahwa kadar kalium yang tinggi pada buah dapat memberikan efek yang baik ada otak. Yaitu membuat otak bisa diajak lebih fokus dan serius.

Manfaat Durian untuk Kecantikan

Sedangkan untuk kecantikan, buah durian memiliki manfaat diantaranya yaitu:

Membuat kulit awet muda

Mampu menjaga agar kulit menjadi lebih muda karena kandungan dari vitamin C yang membentuk kolagen untuk meremajakan kulit. Durian juga dapat membantu untuk mencegah radikal bebas sehingga dapat melindungi organ dalam dan menunda penuaan kulit.

Mengatasi mata panda

Kantung mata, lingkaran hitam sekitar mata, mata panda dan sejenisnya bisa dibasmi dengan durian. Caranya, ambil daging buah durian lalu oleskan pada sekitar mata. Bilas keesokan harinya.

Membantu untuk mencerahkan kulit secara alami

Gunakan buah durian saat mandi. Selain bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, juga akan menjadikan kulit lebih cerah bercahaya.

Melembapkan kulit

Untuk melembabkan kulit dan menjaga kekencangan kulit karena kandungan flavonoid yang dapat meregenerasi sel kulit mati rusak sehingga muncul sel kulit baru yang akan menjadikan kulit Anda menjadi lebih kencang.

Kandungan Gizi Buah Durian

Dalam buah yang memiliki kulit tajam ini memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Dalam satu cangkir buah durian terdapat sekitar 357 kalori yang dihasilkan dengan lemak sekitar 13 gr/33% kalori. Sedangkan pada satu cangkir durian, terdapat sekitar 130 gr karbohidrat dan protein yang terkandung kurang lebih 3,6 gr dan dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh akan protein sekitar 6,4-7,8%.

Kandungan lainnya dalam satu cangkir buah durian yaitu:

  • Vitamin C sebesar 80% dari 1 cangkir durian.
  • Zat besi dan tambahan yang dapat membantu untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah.
    Kalium.
  • Tripopan.
  • Tiamin dan dapat memenuhi kebutuhan asupan untuk tubuh sekitar 30%.
  • Folat yang dapat memenuhi 20% dari kebutuhan harian tubuh.

Ternyata manfaat buah durian sangat banyak bukan? Rugi banget kalau sampai tidak menyukai buah yang satu ini. Karena selain rasanya yang lezat kandungan gizinya juga sangat luar biasa.

Manfaat Buah Durian dan Kandungan Gizinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply