Manfaat Buah Duku dan Kandungan Gizinya

manfaat buah duku

Buah Duku mempunyai kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring.

Manfaat Buah Duku (Lansium parasiticum) – Duku merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara. Termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina. Tanaman buah ini memiliki banyak varian, namun secara garis besar dibedakan menjadi tiga golonga, yaitu duku, langsat dan kokosan. Diantara ketiga jenis tersebut yang paling terkenal adalah varian duku. Dan juga yang paling manis dan paling tahan lama. Mari kita bahas ketiganya.

Buah Duku (L. domesticum var. duku). Merupakan varian yang paling populer karena rasanya yang sangat manis, bijinya kecil dan jarang, serta daya tahannya sangat bagus sehingga bisa dijadikan sebagai komoditi ekspor. Karena itulah penyebarannya sangat cepat dan namanya cepat terkenal hingga ke luar negeri.Bentuk buahnya lebih bulat dibanding kokosan dan langsat. Warnanya pun lebih pucat. Kultivar yang paling terkenal adalah duku palembang, duku matesih dan duku condet.

Langsat (L. domesticum var. domesticum). Dilihat dari pohonnya, langsat memiliki pohon yang lebih ramping dengan percabangan tegak ke atas. Warna daunnya lebih hijau dan warna buahnya lebih kuning. Setiap tandan buahnya diisi oleh lebih banyak butir buah sehingga lebih mirip anggur. Berbeda dengan duku yang tandan buahnya jarang-jarang. Karena daya tahannya yang tidak begitu bagus, langsat tidak begitu dilirik sebagai komoditas ekspor sehingga namanya kurang terkenal dan pembiakannya juga asal jadi saja.

Kokosan (L. domesticum var. aquaeum). Hampir sama dengan lngsat, kokosan memiliki batang pohon yang kurus, percabangan ke atas dan daun yang hijau serta warna buah lebih kuning kecoklatan. Tandan buahnya juga rapat sehingga satu tandan bisa terdapat hingga puluhan buah. Kulit buahnya sangat tipis dan susah dikupas. Daging buahnya juga rapat dan mengandung banyak air. Cara memakannya juga unik, yaitu dengan cara digigit ujungnya, lalu disedot buahnya (dikokos). Karena itulah namanya kokosan.

Meskipun bentuknya kecil, namun kandungan nutrisi buah duku ini tidak bisa dianggap remeh. Seperti buah-buahan tropis lainnya, duku dan varianya juga kaya akan antiksidan yang didapat dari vitamin C, vitamin B dan beberapa mineral penting bagi tubuh. Berikut ini sudah kami rangkum perihal manfaat buah duku dan kandungan gizinya.

Tabel Kandungan Gizi Buah Duku Per 100 Gram

Informasi gizi Nilai gizi
Kalori 63 kkal
Protein 1.0 gram
Serat 1.0 gram
Lemak 0,2 gram
Karbohidrat 13 gram
Kalsium 18 mg
Fosfor 9 mg
Zat besi 0,9 mg
Mineral lain 0,7 gram
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 (Thiamin) 0,05 mg
Vitamin C 9 mg
 Vitamin B2 (Riboflavin)  –

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Duku merupakan buah asli Indonesia yag sudah terkenal di mancanegara. Selain rasanya yang manis, kandungan nutrisinya juga banyak. Tak heran dukuh dipercaya sebagai buah yang bermanfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat duku bagi kesehatan.

1. Kaya Vitamin A

Duku meruakan buah yang kaya akan vitamin A. Fungsi vitamin ini sudah jelas sebagai penjaga kesehatan mata, agar panca indera yang satu itu dapat berfungsi dengan baik. Vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak, meliputi retinol dan karotenoid. Karoten dalam buah duku merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Kaya Vitamin B

Selain vitamin A, buah duku juga merupakan sumber yang baik bagi vitamin B. Antara lain vitamin B1 (Thiamin) dan vitamin B2 (Riboflavin). Fungsi Thiamin dalam tubuh adalah membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah. Sedangkan fungsi Riboflavin lebih kepada membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Kaya Serat

Serat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan tubuh karena fungsinya yang sangat baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram buah duku terkandung kurang lebih 2 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan harian tubuh wanita dewasa akan serat sebanyak 8-11 persen. Sedangkan untuk kategori pria dewasa, kebutuhan serat yang terpenuhi adalah 6-8 persen. Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga tubuh dari serangan jantung dan juga mengatasi sembelit.

4. Sumber Antioksidan

Buah duku merupakan sumber antioksidan alami, sejenis polifenol yang bermanfaat bagi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Food Chemistry pada tahun 2006 menunjukkan bahwa antioksidan buah duku sama dengan yang terdapat pada buah tropis lainnya yang lebih terkenal, seperti pepaya dan pisang.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti yang sudah diejlaskan sebelumnya bahwa buah duku ini memiliki kandungan serat cukup tinggi, yaitu 2 gram per 100 gram buah. Karena kandungan seratnya tersebut, sangat layak jika buah manis ini dijadikan obat untuk melancarkan pencernaan.

6. Mengendalikan kolesterol

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa seperti jantung koroner dan stroke. Terlebih lagi jika kolesterol sudah menyumbat pembuluh darah. Bahkan kolesterol mempunyai korelasi dengan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah langsat ini dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu.

Advertisement

7. Membantu program diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi duku bisa jadi sangat membantu. Manfaat buah duku untuk diet ini didapat karena kemampuannya dalam mengarahkan Carnitine sebagai pembakar lemak.

8. Menjaga kesehatan gusi

Kekurangan vitamin C dapat menjadi penyebab gingivitis alias gsi bengkak dan berdarah. Karena itu hendaklah kita mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Dalam buah duku, kandungan vitamin C-nya cukup banyak. Namun, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian harus ditunjang dengan maknan lain seperti sayuran dan buah-buahan lain yang kaya kandungan vitamin C.

9. Mempercepat pemulihan

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan termasuk Duku, ternyata mampu mempercepat proses pemulihan bagi yang sedang sakit. Ini dikarenakan vitamin C merupakan antioksidan aktif yang dapat memulihkan kembali fungsi tubuh. Namun, duku bukanlah buah terbaik untuk masalah ini. Jika memang dalam proses pemulihan, saya sarankan unuk mengkonsumsi jeruk, pepaya, apel atau pisang.

10. Menjaga kekuatan gigi

Gigi yang setiap hari kita gunakan untuk mengunyah makanan ternyata juga perlu makan. Makanan terbaik untuk gigi adalah kalsium dan fosfor. Nah, buah pisitan, kokosan dan langsat ini memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi sehingga mampu melindungi gigi dan memperkuatnya.

11. Mencegah penuaan dini

Hampir semua buah dan sayuran memiliki kemampuan ini. Karena sifatnya yang anti-radikal bebas yang dapat menangkal polutan penyabab kerusakan jaringan kulit. Namun tentu selain mengkonsumsi buah-buahan juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat serta berolahraga secara rutin. Tidur cukup, berfikir positif dan sebagainya.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hampir semua jenis buah dan sayuran memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena buah dan sayur memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi.  Dimana fungsinya adalah menangkal poutan dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Manfaat Buah Duku untuk Pengobatan

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa buah duku juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Berikut ini beberapa resep tradisional dari buah duku yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit ringan.

13. Sebagai obat nyamuk

Kemungkinan pembaca baru mengetahuinya, bahwa buah duku bisa dijadikan sebagai obat nyamuk. Kebetulan sekarang sedang musim duku dimana harganya pasti murah. Tapi bukan daging buahnya yang berkhasiat, melainkan kulit buahnya yang kering. Kulit buah duku yang sudah dkering dibakar dan asapnya dapat mengusir nyamuk.

14. Mengobati cacingan

Anak-anak sangat rentang terhadap cacing karena belum mengerti betul tentang kebersihan. Dilarang juga dilema karena bermain di tanah merupakan hal yang sangat wajar untuk mengembangkan saraf-saraf motorik anak. Kita sebagai orang tualah yang harus cerdas dan waspada. Jika anak Anda mengalami gejala cacingan, seperti tidak bersemangat, pucat, berat badan menurun dan sering menggaruk bagian anusnya, Anda harus segera mengobatinya. Guanka buah duku mengatasi masalah tersebut. Ambil biji buah duku, kemudia ditumbuk hingga halus. Campurkan dengan air minum 1/4 gelas. minumkan pada anak 2 kali sehari.

15. Menurunkan demam

Demam biasanya gejala bahwa anak terkena virus atau bakteri. Panas tubuh anak merupakan bentuk pertahanan diri untuk mengusir virus dan bakteri atau mematikannya. Namun, biasanya orang tua terlalu cepat panik dan khawatir. Dan buru-buru menghubungi dokter untuk meminta obat. Dokter yang berpengalaman biasanya hanya menyuruh untuk memperbanyak minum air putih. Mereka tidak akan langsung memberikan obat begitu saja. Namun jika anda sudah terlalu khawatir bisa menggunakan buah duku ini untuk meredakan demam anak. Caranya dengan menumbuk satu biji buah duku, kemudian dilarutkan dalam air seperempat gelas kemudian diminum.

16. Mengobati kulit yang gatal

Gatal-gatal pada kulit bisa disebakan beberapa faktor. Salah satunya karena jarang mandi. Biasanya karena ada bakteri atau kutu yang menempel di kulit kemudian menggali untuk menerobos masuk ke dalam jaringan kulit. Untuk menghilangkannya anda bisa mengoleskan kulit buah duku yang masih segar pada bagian kulit yang gatal.

17. Mengobati diare

Diare pada anak disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang pedas atau kurang bersih. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biji buah duku bisa mengobati diare. Caranya biji buah duku ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan air 1/4 gelas dan diminum.

Manfaat Duku untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan dan pengobatan, manfaat buah duku bisa juga dirasakan dalam dunia kecantikan. Diantaranya membantu menghilangkan jerawat, merawat kuku dan menjaga kelembaban alami rambut.

18. Menghilangkan jerawat

Banyak sekali buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Mulai dari jeruk nipis, pepaya, tomat dan lemon. Buah duku juga memiliki kemampuan yang sama, meski tidak sehebat buah-buah yang sudah disebutkan di atas.

19. Menjaga kelembaban alami rambut

Buah duku juga dapat menjaga kelembaban alami rambut dari dalam, berkat kandungan nutrisinya. Namun Anda juga bisa melakukan perawatan dari luar dengan manjadikannya sebagai masker alami untuk rambut Anda. Selain menjaga kelembaban, juga mencegah kerontokan, dan menutrisi rambut.

20. Merawat kuku

Wanita jaman dulu melakukan perawatan kuku bukan dengan manicure-pedicure. Tapi menggunakan bahan-bahan alami seperti buah duku. Caranya dengan mengambil buah duku yang sudah matang, kemudian dihancurkan dengan kuku kita. Hal ini sekaligus bisa menghilangkan kotoran yang terselip antara kuku dan kulit. Bahan lain yang mempunyai kemampuan serupa adalah daging buah manggis dan belimbing wuluh.

Oke, itu dia berbagai manfaat duku mulai dari buah, biji hingga kulitnya. Selain khasiatnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Bahan, buah duku ini bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Mumpung sekarang lagi musim duku, tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi buah kecil ini.

Manfaat Buah Duku dan Kandungan Gizinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply