Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

buah delima

Buah delima, memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan

Aneka Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan – Buah delima atau pomegranate adalah buah dengan warna merah yang ternyata memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini begitu banyak terutama nutrisi akan perlindungan kulit. Beberapa nutrisinya yang bermanfaat adalah antioksidan, anti inflamasi, dan anti penuaan dini.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Di era modern ini, buah delima sudah diolah menjadi aneka produk, baik itu kesehatan maupun kecantikan. Lalu apa saja manfaat buah delima untuk kecantikan kulit anda? Simak tips berikut:

Merawat kulit

Buah delima ternyata kaya sekali akan kolagen. Kolagen adalah komponen dasar kulit yang menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Tak hanya kaya akan kolagen, senyawa pada delima juga membantu pertumbuhan sel fibroplats. Fibroplats adalah sel-sel yang memiliki tugas untuk memproduksi elastin dan serat yang berguna untuk menjaga kulit agar tetap halus dan kencang. Buah delima juga bisa merangsang proses poliferasi keratinosit. Proses ini adalah proses pembentukan sel terluar dari kulit.

Membantu regenerasi sel

Jika anda memiliki bintik-bintik pada wajah atau kulit, bisa jadi ini tanda-tanda jika kulit anda mulai rusak. Bila kulit anda sudah mulai menunjukkan tanda-tanda yang demikian, lebih baik segeralah mengkonsumsi delima. Ini karena buah delima bisa memberikan manfaat untuk melindungi lapisan kulit anda dan membantu regenerasi kulit di bagian dalam lapisan kulit anda. Kandungan antioksidan dalam delima juga bisa membantu kulit anda menangkal radikal bebas yang disebabkan karena polusi.

Mencegah penuaan dini

Anda ingin terlihat tampil seperti terkesan muda? Anda ada baiknya mengkonsumsi buah delima. Buah ini ternyata mengandung senyawa yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus maupun dalam bentuk minyaknya. Tapi anda disarankan untuk menggunakan minyaknya saja karena terbukti lebih efektif. Anda bisa mengoleskan minyak delima ke seluruh tubuh anda setelah mandi. Dengan mengoleskannya secara teratur, kulit anda akan menjadi lebih kencang dan tampak lebih muda.

Mengobati jerawat

Delima sangat kaya akan vitamin C. Vitamin inilah yang ternyata memiliki fungsi untuk mengatur produksi minyak pada wajah. Untuk mengobati jerawat menggunakan delima cukuplah mudah. Pertama haluskan delima hingga lembut. Lalu oleskan pada wajah hingga menjadi seperti masker. Biarkan mengering lalu bilas dengan air dingin. Dengan mengoleskan ke wajah anda yang berjerawat, delima ini akan mengecilkan jerawat sekaligus menyamarkan bekas jerawat yang ada pada kulit anda. Jadi, ingin bebas dari jerawat? Gunakanlah masker buah delima ini secara teratur.

Advertisement

Melembabkan kulit

Apakah anda memiliki kulit yang kering? Jika benar, anda bisa menggunakan delima untuk melembapkannya. Delima memiliki struktur daging yang sangat kecil. Ukuran inilah yang bisa menyebabkan delima bisa masuk ke bagian kulit terdalam anda. Dengan masuk ke dalam kulit anda, delima akan bekerja untuk melembapkan kulit anda. Tak hanya melembapkan kulit saja, delima juga mampu mengatasi iritasi pada kulit. Ini karena delima mengandung asam omega 5 yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit anda.

Mengobati iritasi kulit dan kulit yang terbakar

Delima ternyata juga bisa dijadikan salep untuk mengobati kulit anda yang terluka. Ini karena buah delima mengandung senyawa yang disebut dengan polifenol. Selain polifenol, buah delima juga mengandung zat lain yang disebut zat anti inflamasi. Kedua zat inilah yang bisa dijadikan untuk mengobati kulit anda yang iritasi ataupun terkena luka bakar.

Cara membuatnya pun juga mudah, anda bisa menghaluskan delima dan setelah itu menempelkannya pada kulit anda yang terluka. Biarkan kering dan bilas dengan air dingin secara pelan agar tidak menimbulkan rasa sakit. Lakukan perawatan ini hingga luka anda sembuh benar. Agar hasilnya lebih maksimal, anda juga disarankan untuk meminum jus buahnya hingga luka pada kulit anda benar-benar sembuh.

Manfaat Delima untuk Kesehatan

Manfaat buah delima bukan cuma untuk kecantikan saja, tapi juga untuk kesehatan. Buah delima biasa digunakan untuk mengobati kurang darah alias anemia. Selain itu, buah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil.

Mengatasi dan mencegah kanker

Di dalam buah delima ini terkandung zat yang bernama flavenoids. Zat flavenoids adalah jenis zat antioksidan tinggi yang sangat berguna untuk mencegah timbulnya kanker pada tubuh anda. Jika seseorang terjangkit penyakit kanker, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah yang satu ini karena buah ini terbukti mampu untuk melawan sel kanker yang berkembang. Beberapa jenis kanker yang bisa diobati dengan jus delima ini antara lain kanker payudara dan kanker prostat.

Mengatasi anemia

Tak hanya vitamin yang berguna untuk mempercantik anda saja. Buah delima ternyata juga mengandung zat besi. Kandungan zat besi dalam buah delima ini ternyata bisa mengobati anda yang memiliki penyakit anemia. Untuk anda yang memiliki penyakit anemia, anda bisa membuat jus delima lalu meminumnya secara teratur. Tak hanya berfungsi untuk mengobati anda yang terkena anemia saja. Buah delima ternyata juga bisa mencegah anemia sejak dini.

Manfaat lain buah delima

Selain manfaat di atas, masih ada lagi manfaat lain dari delima khususnya untuk wanita yang sedang hamil. Jika anda sedang hamil, sangatlah baik untuk mengkonsumsi delima. Fakta menyebutkan jika delima bisa mengurangi kemungkinan untuk memiliki bayi yang lahir prematur. Selain itu dengan mengkonsumsi delima akan menjadikan berat bada bayi anda menjadi lebih standar. Untuk anda yang sudah tua, delima ini juga memiliki khasiat yang sangat baik jika anda konsumsi secara teratur. Ini karena delima bisa mencegah datangnya penyakit Alzheimer.

Banyak sekali bukan manfaat buah delima ini? Mulai dari masalah kesehatan hingga kecantikan bisa diatasi dengan buah delima. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply