Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

manfaat buah anggur

anggur hijau bermanfaat bagi kesehatan

Anggur adalah tanaman buah yang telah lama dibudidayakan, dimanfaatkan, serta diolah menjadi berbagai macam aneka jenis makanan. Aneka jenis makanan hasil olahan buah perdu merambat yang masih termasuk dalam keluarga Vitaecae ini misalnya jus anggur, minyak dari biji anggur, minuman anggur, jeli anggur, dan kismis.

Buah ini mengandung vitamin B1 sebanyak 0,069 mg, vitamin B2 sekitar 0,07 mg, vitamin b3 sekitar 0,188 mg, asam pantotenat mencapai 0,05 mg, folat memenuhi 1% kebutuhan vitamin B9 harian, vitamin C berjumlah 10,8 mg, dan vitamin K yang mengasup 21% kebutuhan harian manusia.

Di balik manisnya rasa anggur matang, ternyata juga tersimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari peranan senyawa seperti resveratol dan polifenol dalam tubuh sebagai senyawa aktif yang membantu proses metabolisme, mencegah pertumbuhan sel kanker dan terkombinasi dengan senyawa metabolit sekunder menjadi formula penangkal radikal bebas dengan peran sebagai antioksidan.

Manfaat Buah Anggur

Anggur memperoleh keistimewaan sebagai buah manis penunjang kesehatan manusia, apapun jenisnya. Entah anggur yang berwarna merah ataupun hijau, keduanya sama-sama menyehatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Para ahli menggagaskan adanya golongan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid dan antosianin dalam buah ini mampu membantu mengoptimalkan fungsi sel endoteilal dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terhubung dengan tindakan terhadap sel-sel otot halus. Dengan demikian risiko terserang penyakit jantung berkurang.

Sementara fungsi senyawa kimia flavonoid di dalam anggur berperan sebagai antioksidan yang juga membantu meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida (penyusun minyak nabati dan hewani) yang tersebar dalam aliran darah.

Jika Anda masih kurang paham mengenai manfaat buah anggur, mungkin rincian berikut lebih mudah untuk dimengerti.

Mencegah Kanker Payudara

Zat kimia dalam anggur yang bernama reservatol akan bertugas menghambat perkembangan tumor atau sel kanker dalam tubuh manusia. Senyawa tersebut sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal pencegahan penyakit kanker payudara.

Advertisement

Mengobati Sembelit

Sembelit atau istilah medisnya konstipasi adalah kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit dihancurkan sehingga zat sisa yang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada.

Dengan begitu ketika BAB Anda akan mengejan lebih keras dengan hasil nihil, untuk itu cobalah minum jus anggur ketika mengalami sembelit. Kandungan di dalamnya akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan menjadi lebih stabil dan lancar.

Meringankan Sakit Kepala Sebelah

Tiba-tiba merasakan sakit kepala sebelah yang mencengkeram dapat mengganggu aktivitas Anda. Kalau sudah begitu, jangan terburu-buru minum obat karena anggur siap membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan. Anda bisa membuat jus anggur tanpa air agar kandungan yang terserap tubuh cepat memberi reaksi dalam penyembuhan migrain.

Mencegah Rambut Rontok

Para pakar kecantikan telah meramu sebuah vitamin yang terbuat dari bahan baku berupa ekstrak buah anggur, vitamin ini difungsikan untuk menjaga kesehatan rambut dan menjauhi dari segala risiko kerusakan seperti rambut rontok. Ternyata para peneliti membenarkan khasiat tersebut melihat adanya kandungan antioksidan dalam anggur yang akan membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala sehingga rambut jauh lebih kuat dan sehat.

Masker Penghilang Jerawat

Berbagai jenis produk telah Anda gunakan untuk mengatasi jerawat pasir maupun jerawat batu di wajah, dan hasilnya masih nihil?

Tentu ada yang salah, bukan dari produknya, tetapi bisa juga karena kulit wajah tidak cocok ataupun terlalu sensitif terhadap rangsangan obat. Maka dari itu gunakan metode alami, jus anggur pilihannya! Dengan menjadikan jus anggur sebagai masker wajah, berbagai permasalahan seperti bintik hitam dan jerawat dapat teratasi. Di samping itu antioksidan dalam anggur akan memperlambat proses penuaan.

Itu tadi sekelumit manfaat buah anggur untuk kesehatan. Jika Anda punya ide kreatif untuk menyajikan buah anggur agar suasana tidak membosankan, teruslah kembangkan karena hal tersebut berdampak positif bagi diri dan orang-orang di sekitar Anda tentunya.

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply