Manfaat Brotowali dari Akar sampai Daun

tanaman brotowali

Brotowali atau bratawali merupakan tanaman obat tradisional yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit

Manfaat Brotowali dari Akar sampai Daun – Brotowali atau bisa juga disebut bratawali, di kenal dengan rasa pahitnya. Tapi jangan salah, karena pahitnya itu pun banyak orang yang mengkonsumsi nya. Aneh bukan? Tapi itulah kenyataannya, dengan rasa yang super pahit, tapi Brotowali super juga dengan manfaatnya, terutama bagi kesehatan. Dari karakteristik tanaman Brotowali ini, merupakan tumbuhan yang merambat tapi memiliki jumlah batang yang cukup lebat, tidak hanya daunnya saja. Bahkan ada beberapa yang tumbuh dengan batang lebih banyak, dan daunnya hanya sedikit, seperti tumbuhan batang saja.

Tanaman hijau yang tumbuh merambat ini, banyak di konsumsi sebagai jamu. Sehingga banyak penjual jamu yang menyajikannya. Dengan demikian, anda dapat mudah menemukannya untuk di konsumsi sesuai kebutuhan masing-masing. Kandungan yang terdapat pada tanaman Brotowali ialah barberin, palmatin, alkaloid, pikroretin, glikosida, palmatin dan harsa. Di mana setiap zat memiliki fungsi masing-masing. Yang mana di tiap bagian pada tanaman Brotowali terdapat kandungan yang berbeda.

Manfaat Brotowali Sebagai Tanaman Obat

Manfaat Brotowali sebagai tanaman obat tradisional dapat dirasakan dari ujung akar hingga ujung daun, terutama pada bagian batang, diantaranya:

Manfaat Akar Brotowali

Akar pada Brotowali terdapat zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang terdapat pada batang juga. Zat ini berfungsi sebagai perangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan. Yang terjadi ialah keadaan suhu tubuh yang panas akan menurun seiring berjalanan pertukaran kinerja zat di dalam tubuh, sehingga pernafasan berjalan lancar.

Manfaat Batang Brotowali

Batang tanaman Brotowali ini direbus, lalu bisa dioleskan saja maupun diminum, sesuai kebutuhan yang akan dicapai, dimana Brotowali bekerja sebagai:

• Di minum sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan, bisa juga di campur dengan daun Brotowali.
• Di minum sebagai obat Hepatitis, dari batang dan daunnya yang diolah bersama.
• Di minum untuk mencegah terjadinya hepatitis dan kanker hati, karena adanya senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, steroid yang berfungsi sebagai hepatoprotektor atau bisa disebut dengan pelindung hati.
• Dari batang dan juga daunnya, di campur dengan madu, diminum sebagai obat malaria.
• Rebusan batang Brotowali dapat disajikan sebagai obat gatal-gatal yang menyerang tubuh. Cukup dengan mengoleskan pada bagian yang gatal.
• Kulit batang Brotowali mengandung alkaloid yang berfungsi sebagai pelumpuh bakteri pada luka, dengan cara dioleskan pada bagian yang terluka. Jika bakteri dapat dilumpuhkan, maka infeksi pada luka dapat terhindari.
• Tidak hanya untuk luka saja, air rebusan pada batang Brotowali bermanfaat untuk menghapus warna kusam pada wajah sekaligus mencerahkan wajah, penggunaannya seperti untuk cuci muka atau bisa juga untuk masker wajah.

Advertisement

Manfaat Daun Brotowali

Daun Brotowali juga bermanfaat untuk membersihkan luka pada bagian luar, jika tidak tersedia obat kimia untuk pembersih luka, cukup dengan rebusan dari daun Brotowali saja. Tidak hanya itu saja, daun Brotowali yang telah direbus, dapat diminum sebagai obat pencahar untuk melancarkan buang air besar.

Tanaman Brotowali merupakan tanaman yang tumbuh alami sebagai obat tradisional yang telah dilakukan oleh nenek moyang zaman dahulu. Bahkan hingga kini pun, masih banyak yang mengkonsumsi Brotowali demi menjaga kesehatan dan juga mengobati sakit. Sekali pun rasanya yang pahit, tidak menjadikan konsumen Brotowali menurun. Sehingga kita dapat menggunakan tanaman Brotowali dengan banyak manfaat yang di dapatkan.

Di Indonesia, hampir di seluruh pulau tanaman Brotowali dapat tumbuh, dimana setiap daerah memiliki cara yang berbeda dalam pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di Indonesia saja, di luar negeri, khasiat Brotowali juga terkenal mujarab, seperti negara China dan Filipina. Tanaman pahit dengan berbagai khasiat yang tersembunyi di dalamnya. Siapa yang mengira, bahwa di balik rasa pahitnya Brotowali tersimpan khasiat yang mujarab. Jika dalam pengkonsumsiannya anda tidak terlalu suka, bisa di tambahkan madu, agar rasa pahitnya dapat di imbangi. Seperti halnya para penjual jamu yang menyajikan Brotowali dengan imbangan jamu manis lainnya, agar rasa pahitnya cepat hilang.

Tanaman Brotowali ini sendiri dapat tumbuh merambat di berbagai tempat, bila pula untuk koleksi tanaman hias di rumah, yang dapat anda gunakan sewaktu-waktu, selain itu tanaman ini dapat tumbuh sendiri tanpa mengganggu tanaman lainnya. Biasanya tumbuh merambat di pagar kayu maupun di pinggiran jalan. Yang terkadang tidak diperdulikan khasiatnya. Mungkin rasanya yang super pahit, sehingga tidak dikonsumsi dalam sajian sayur, cukup dengan sajian jamu, yang biasanya di minum pada waktu pagi dan sore hari.

Tanaman merambat ini, dapat bermanfaat dan diterapkan di segala usia, terlebih lagi para orang tua, yang gemar mengkonsumsi nya. Mereka mengakui rasanya pahit, tapi juga khasiatnya tidak kalah mujarab. Khasiat yang dapat di temukan pada tanaman Brotowali sangat bermanfaat bagi kita, untuk anda para remaja, bisa pula memanfaatkannya, di minum ataupun sekedar untuk kulit wajah, untuk menghilangkan noda-noda kusam yang membandel pada wajah. Anda dapat menantikan khasiat cantik di balik rasanya yang pahit.

Brotowali ini juga bisa diminum maupun sekedar dioleskan pada kulit saja. Untuk cara meminumnya pun beragam, seperti di seduh sendiri maupun membeli di pedagang jamu. Bahkan kini juga berkembang menjadi obat yang di bungkus, seperti kapsul, yang terbuat dari Brotowali. Dimana dengan penyajiannya dapat menjadikan pilihan anda untuk mengkonsumsi nya demi khasiat yang di butuhkan oleh tubuh. Tentunya, dengan penggunaan yang secukupnya dan juga teratur. Dimana setiap penyajiannya terdapat aturan yang harus dipenuhi. Sehingga Brotowali dapat memberikan manfaat bagi tubuh anda.

Manfaat Brotowali dari Akar sampai Daun | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply