Kandungan Gizi dan Manfaat Brokoli

manfaat brokoli

Brokoli dikenal sebagai superfood karena kandungan nutrisinya

Manfaat Brokoli atau Brassica oleracea L. – Merupakan sejenis sayuran yang memiliki warna hijau yang termasuk ke dalam suku kubus-kubisan dan berasal dari Laut Tengah. Jenis sayuran ini baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Sayuran ini agak mirip dengan kembang kol namun perbedaannya brokoli memiliki warna hijau sedangkan warna putih terdapat pada kembang kol.

Brokoli memiliki kandungan kalori yang rendah. Berdasarkan pada penelitian dalam 100 gr brokoli, ditemukan jika sayuran ini mengandung 34 kalori. Akan tetapi, sayuran hijau dari Laut Tengah ini mempunyai serat, vitamin, mineral, anti oksidan yang tinggi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan pada pengukuran dari segi kapasitas mengenai penyerapan oksigen radikal oksigen, memiliki perbandingan 1632 umol TE/100 gr.

Selain rendah akan kalori, brokoli memiliki kandungan vitamin yang tinggi diantaranya adalah vitamin A dan vitamin C. dalam 100 gr brokoli segar, terdapat 623 IU vitamin A yang mampu untuk memenuhi sekitar 21% dari kebutuhan harian tubuh yang direkomendasikan. Pro vitamin yang terdapat dalam brokoli seperti beta karoten, alfa karoten, zat xanthin dapat membantu untuk menjaga integritas dari kulit dan selaput lendir. Selain itu, vitamin A dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah terjadinya degenerasi macula yang menyerang retina ketika usia lanjut. Tidak hanya pada bunga yang mengandung vitamin A, melainkan juga pada pucuk hijau atau daun brokoli yang merupakan sumber dari karotenoid dari Vitamin A dengan besar 160000 IU vit. A/100 gr.

Terdapat kandungan indole-3-carbinol yang berfungsi untuk menghasilkan karsinogen dan juga antioksidan yang dapat berguna untuk menghambat perkembangan kanker payudara, kanker rahim dan juga kanker prostat. Dalam kandungan tersebut pada brokoli, terdapat zat yang bernama Glucoraphanin yang berfungsi untuk menghasilkan senyawa anti kanker sulforaphane. Senyawa tersebut berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri bernama helicobacter pylori yang dapat menyebabkan kanker lambung masuk ke tubuh.

Jenis sayuran yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan ini mengandung suatu serat yang bernama serat pektin yang merupakan kalsium pektat yang dapat berguna untuk mengikat asam empedu. Akibatnya adalah kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda menurun karena banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikitnya jumlah kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah.

Jika Anda ingin memiliki tulang yang lebih kuat dan mempunyai otot yang lebih lentur, Anda dapat mengkonsumsi brokoli. Hal tersebut dikarenakan brokoli memiliki manfaat yang dapat meningkatkan PH yang memiliki kadar terlalu asam yang ada dalam tubuh. Akibatnya adalah, aktivitas hati dalam tubuh Anda menjadi lebih baik, otot menjadi lentur, tulang menjadi kuat dan memiliki jaringan tubuh yang elastik.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi brokoli diantaranya yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat brokoli yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit. Selain itu rajin mengonsumsi brokoli dapat membuat kulit kamu menjadi cantik. Kombinasi vitamin A, C dan E yang dikandung brokoli dapat menjaga kesehatan kulit.

2. Banyak Mengandung Vitamin D

andungan gizi terbanyak yang dimiliki brokoli adalah vitamin D. Vitamin D dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kamu dapat mengonsumsi brokoli. Selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin K dan A yang dapat membantu proses penyerapan vitamin D.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung masih menjadi ancaman tertinggi bagi kesehatan. Brokoli banyak mengandung serat yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Menjaga kolesterol dapat mengurangi risiko jahat bahaya serangan jantung.

4. Mengurangi Alergi

Jika kamu memiliki masalah dengan alergi, cobalah untuk rutin mengonsumsi brokoli setiap hari. Brokoli memiliki kandungan kaemferol yang baik untuk mengurangi masalah alergi dalam tubuh kamu.

5. Mencegah Kanker

kanker adalah masalah yang umum bagi kesehatan. Brokoli dapat digunakan sebagai makanan yang dapat mengurangi risiko kanker dalam tubuh. mengonsumsi brokoli rutin setiap hari baik untuk kesehatan tubuh.

6. Berfungsi untuk Menurunkan Berat Badan

Para pelaku diet tidak mudah untuk melakukan diet. Ada saja kendala yang ditemui dalam menjalani diet. Ladies, coba masukkan brokoli dalam menu diet kamu. Brokoli mengandung sedikit kalori, sehingga baik untuk program diet kamu.

7. Mencegah Osteoporosis

Tulang keropos atau seringkali disebut osteoporosis sangat berbahaya bagi kesehatan. Rutin mengonsumsi brokoli baik untuk mengurangi risiko osteoporosis, kandungan kalsium dan vitamin K membantu tulang kamu tetap terjaga.

8. Mengurangi Risiko Kanker Kandung Kemih

Advertisement

Makan brokoli secara teratur dapat mengurangi perkembangan sel kanker kandung kemih hingga 40% lho. Ini adalah salah satu manfaat brokoli yang sangat bagus.

9. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis atau degenarasi tulang rawan biasanya terjadi pada usia pertengahan ke atas. Menurut penelitian, brokoli mengandung senyawa yang disebut dengan Sulforaphane, yang dapat menghalangi enzim penyebab kerusakan tulang rawan, dengan cara mencegah terjadinya peradangan.

10. Mencegah Kanker Kulit

Brokoli dapat melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV, Ladies. Selain mengkonsumsinya, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung brokoli untuk mendapatkan perlindungan kulit ekstra.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan carotenoid lutein yang melimpah pada brokoli dapat membantu mencegah berkurangnya penglihatan akibat bertambahnya usia. Brokoli juga akan menjaga kesehatan mata dan mencegah kita dari terserang katarak.

12. Mengurangi Resiko Stroke

Carotenoid lutein dalam brokoli berperan untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sekaligus mencegah penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat yang dikandungnya juga dapat mengurangi risiko terserang atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

13. Menjaga kekebalan tubuh

Brokoli mengandung banyak beta-karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, seng, dan selenium yang terkandung dalam brokoli membuat tubuh Anda sehat.

14. Sumber kalium

Kalium arau potassium adalah salah satu yang mineral yang terdapat dalam brokoli. Kalium adalah mineral penting, kalium dalam brokoli berguna untuk menjaga saraf dan otak serta berguna untuk pertumbuhan otot.

15. Manfaat brokoli untuk kesehatan tulang.

Brokoli adalah sayuran hijau yang sarat dengan kalsium dan vitamin K. Kehadiran mineral dua kali membuat tulang Anda tetap sehat dan kuat kesehatan.

16. Melawan radikal bebas.

Bagi Anda yang sering pergi keluar dan bermain di terik matahari sangat berbahaya dengan radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Vitamin C adalah salah satu anti-oksidan bentuk dalam tubuh. Antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.

17. Detoksifikasi

Tiga nutrisi utama dalam brokoli yang bisa membantu sistem detoksifikasi, yaitu glucoraphanin, gluconasturtiian dan glucobariscin. Trio nutrisi ini bekerja dengan cara mengaktifkan, menetralkan serta menghancurkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh kita nih.

18. Anti Radang

Tak hanya itu kehebatan si brokoli ini. Seperti apa yang dijelaskan dalam whfoods.com, brokoli masih memiliki kesaktian yang lain, yaitu sebagai makanan dengan fungsi anti peradangan yang hebat.

19. Menyehatkan sistem saraf

Manfaat brokoli yang lainnya adalah menjaga kesehatan sistem syaraf. Dengan tingginya kandungan kalium dan magnesium di dalamnya, maka brokoli baik untuk kesehatan sistem saraf Anda.

20. Membersihkan kulit

Ingin kulit Anda terlihat lebih bersih? Konsumsilah brokoli sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses doteksifikasi kulit. Ini merupakan salah satu manfaat brokoli dalam dunia kecantikan.

21. Kaya Antioksidan

Brokoli kaya akan zat antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, lutein, beta-karoten, serta zeaxanthin yang mampu mencegah pengaruh radikal bebas.

22. Menjaga Kesehatan Pecernaan

Jika Anda ingin membersihkan sistem pencernaan, konsumsi brokoli karena brokoli merupakan makanan detoks alami yang bermanfaat untuk membersihkan lambung dan usus.

23. Mengontrol Gula Darah

Dewasa ini semakin banyak yang mengelami keluhan dengan tingginya gula darah. Mengonsumsi brokoli secara teratur mampu mengatur gula darah Anda dan mencegah lonjakan gula.

24. Menyehatkan Otak

Otak merupakan organ yang sangat vital dalam sistem tubuh manusia. Kandungan vitamin C, K, dan asam lemak omega 3 dalam brokoli terbukti mampu meningkatkan memori, kecerdasan, dan kesehatan otak.

25. Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil

Brokoli merupakan sumber makanan yang penting untuk ibu hamil. Sebab, ibu hamil perlu gizi yang cukup dan itu bisa didapatkan dari brokloli. Brokoli kaya akan zat besi yang dapat membantu menghindarkan ibu hamil dari penyakit anemia. Brokoli juga kaya kalsium yang berguna bagi perkembangan tulang bayi kelak. Asam lemak omega-3, asam folat, vitamin K, Kolin dan Beta Karoten merupakan nutrisi yang penting bagi ibu hamil.

Manfaat brokoli sebagai super food alias makanan super memang sangat banyak. Tak diragukan lagi, dengan kandungan nutrisi yang melimpah, berokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang harus dikonsumsi secara teratur. Semoga informasi ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Baca Selanjutnya: Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang >>

Kandungan Gizi dan Manfaat Brokoli | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply