Manfaat Blewah dan Kandungan Nutrisinya

manfaat blewah

Blewah merupakan buah yang populer terutama saat bulan Ramadhan.

Manfaat Blewah (Cucumis melo L) – Jika Anda berjalan-jalan untuk mencari menu buka puasa, terdapat blewah sebagai salah satu komposisinya. Blewah atau yang bernama latin Cucumis melo L. adalah salah satu tumbuhan yang dijadikan sebagai isi minuman penyegar. Tumbuhan ini termasuk ke dalam kelompok Cantalupensis. Pada umumnya buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan memiliki kulit yang berwarna jingga terang dan terdapat bercak kehijauan. Walaupun memiliki kulit buah yang tipis, namun di bagian dalamnya berisi serat dan biji. Buah ini mempunyai kemiripan dengan labu, melon dan semangka. Dan masih bersaudara jauh dengan timun suri.

Dalam satu mangkuk blewah, terdapat kandungan seperti beta karoten (3.1 mg), vitamin C (68 mg), serat (1.3 mg), karbohidrat (13 mg), potassium (494 mg) dan sodium (14 mg). Namun terdapat kandungan lainnya seperti protein, zat besi, fosfor, niasin, kalsium, lemak tidak jenuh ganda. Sedangkan menurut pada The Journal of Food Science, dalam 100 gr blewah, kandungan yang dapat ditemukan diantaranya yaitu:

Magnesium 12,69 mg.
Mangan 0,03 mg.
Tembaga sebesar 0.05 mg.
Seng sebanyak 0.2 mg.
Kobalt sebanyak 0.003 mg.
Krom 0,005 mg.

Dalam blewah terdapat beta karoten yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi organ dalam yang ada dalam tubuh dan kulit seperti jantung dan dapat menurunkan resiko terkena kanker. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur.

Baca juga: Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan.

Salah satu manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi blewah adalah Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan dalam blewah terdapat kandungan potassium. Kandungan kalium juga dapat berguna untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh sehingga buah ini cocok digunakan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, blewah juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pencahar dan alami dan dapat mengurangi pembentukan plak yang ada pada pembuluh arteri.

Advertisement

Baca juga: Manfaat labu siam dan kandungan gizinya.

Kandungan vitamin C dalam blewah selain menjadi sumber antioksidan, vitamin tersebut juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan untuk membatu menjaga kesehatan paru-paru dan juga untuk kesehatan pembuluh darah. Tingginya kandungan vitamin C, dapat pula membantu untuk menurunkan kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit kardiovaskular dan untuk menjaga dan menguatkan dinding kapiler sehingga dapat mencegah pembekuan darah.

Manfaat Blewah untuk Kesehatan Lainnya

Membantu untuk menurunkan berat badan karena blewah memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah sehingga cocok digunakan untuk membantu program diet dan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurunkan resiko kanker karena kandungan betakaroten, vitamin C serta Asam folat sehingga dapat juga menurunkan resiko dari terkena kanker rahim.

Membantu mengatasi insomnia karena sifat sedative dalam blewah memiliki sifat yang sama pada obat tidur sehingga membantu untuk tidur lebih cepat. Blewah juga dapat memberikan efek tenang pada orang yang mengonsumsinya sehingga akan membuat orang menjadi lebih cepat untuk tidur.

Membantu mengatasi maag karena blewah mudah untuk dicerna. Terkait hal tersebut, maka manfaat blewah lainnya adalah untuk menambah nafsu makan para penderita maag.

Membantu untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan dari vitamin A. Vitamin tersebut dapat berguna untuk mencegah efek dari radikal bebas karena polusi udara.

Membantu untuk menjaga kesehatan janin karena blewah memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu untuk menjaga dan juga memproduksi sel baru sehingga tidak hanya bermanfaat untuk janin namun juga untuk kesehatan ibu hamil.

Memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi yang terjadi pada saluran kandung kemih. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya vitamin A dan serat.

Oke, itulah penjelasan mengenai manfaat blewah untuk kesehatan. Tapi tentunya, cara terbaik mengkonsumsi blewah tidak dengan es apalagi yang dijual di pinggir jalan. Karena tidak dijamin higienitasnya. Jika mau menambahkan es batu, gunakan es batu yang kita buat sendiri sendiri kita sudah bisa menjamin kebersihannya.

Baca Selanjutnya: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan>>

Manfaat Blewah dan Kandungan Nutrisinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply