Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

manfaat beras merah

Beras merah punya banyak manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan beras biasa.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan – Beras merah ialah salah satu makanan pokok yang menjadi saudara dari beras putih. Namun pada beras merah ini masih memiliki bungkus warna merah yang menyelimutinya dan disebut sebagai lapisan pelindung bijirin. Pada bagian inilah yang paling pokok dari beras merah karena tersimpan sejuta manfaat di dalamnya. Karena di lapisan tersebut terdapat kandungan serat dan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Menjaga keadaan tubuh untuk senantiasa fit serta dapat mengatasi beberapa resiko suatu penyakit.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Beras merah yang kaya akan serat dan nutrisi lebih ini mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Dimana pada kesehatan tubuh ini bisa terjaga oleh komponen tersebut tanpa harus bersusah payah. Karena beras merah ini dapat berperan sebagai suatu bahan treatment yang mudah dan alami. Karena masing-masing kandungan nutrisi yang ada mampu memberikan peran dan khasiat nyata bagi tubuh. Beberapa manfaat beras merah diantaranya ialah:

1. Mengandung serat yang tinggi

Kandungan serat dari beras merah memang cukup tinggi, bahkan jauh lebih banyak daripada yang dimiliki oleh beras putih. Dengan serat ini mampu memberikan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Selain itu, tersimpan pula karbohidrat yang kompleks sebagai zat yang baik pula untuk kesehatan.

2. Dapat mengontrol gula darah

Di dalam beras merah ini terdapat kandungan yang disebut dengan indeks glikemik dalam jumlah yang rendah. Dengan kandungan inilah yang akan mengatur kadar gula di dalam darah namun tetap memberikan sumber energi yang baik. Sehingga, mengkonsumsi beras merah ini dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh serta mengontrol kadar normal gula darah pada tubuh.

3. Sebagai kandungan antioksidan

Beras merah memiliki kandungan mangan atau zat besi, dimana zat yang satu menjadi salah satu komponen penting bagi tubuh yang bukan hanya sekedar untuk energi, tetapi juga menjadi antioksidan. Kandungan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Serta adanya zinc dapat mengimbangi zat besi tersebut untuk mencegah kerusakan sel-sl pada tubuh akibat dari radikal bebas, yang pada biasanya bisa terjadi ketika pembentukan energi.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Advertisement

Bahwasannya kolesterol jahat ini mampu menjadikan beberapa resiko lain yang dapat merusak dan mengganggu sistem kerja dari tubuh. Namun dengan mengkonsumsi beras merah ini, kadar kolesterol jahat tersebut bisa dikurangi. Bahkan menambahkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu makanan pokok sebagai penyeimbang dan pengurang kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Menjalankan fungsi organ

Beras merah mempunyai kandungan vitamin B6 sebesar 23% dari keseluruhan. Kandungan yang memiliki total hampir sepertiga lebih ini sangat baik untuk menjalankan sistem organ di dalam tubuh. Selain itu, mampu memberikan keseimbangan atas pembentukan suatu hormon yang disebut serotonin. Serta menjadikan sel darah merah lebih terjaga dan membantu proses produksi sel-sel DNA.

6. Sebagai menu diet yang sehat

Seringkali pada program diet ini seseorang merasa lapar dan sangat lapar. Akan tetapi, bila terus makan tanpa terkontrol dapat menghambat kesuksesan dari program tersebut. Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi sebagai menu yang sehat untuk diet karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Adanya kandungan karbohidrat kompleks ini mampu menjadikan rasa kenyang. Selain itu, beras merah ini aman bagi diet diabetes karena dapat mengatur kadar gula. Dengan kata lain, mengkonsumsi beras merah dapat dijadikan sebagai treatment yang mudah serta menciptakan ragam khasiat lebih pada tubuh.

7. Mangan

Selain protein dan karbohidrat, beras merah juga memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Fungsi mangan sendiri yaitu membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, serta membantu pembuatan asam lemak yang penting bagi sistem saraf. Selain itu mangan juga berfungsi untuk membantu pembentukan kolesterol baik.

8. Magnesium

Kandungan mineral lain yang terdapat dalam beras merah adalah magnesium. Mineral ini memiliki fungsi sebagai enzim yang mengatur penggunaan insulin yang sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan hypomagnesema dengan gejala denyut jantung tidak teratur, insomnia, lemah otot, kejang kaki, serta telapak kaki dan tangan gemetar. Kebutuhan magnesium untuk orang dewasa pria 350 mg per hari dan untuk dewasa wanita 300 mg.

9. Manfaat Beras Merah Bagi Wanita

Manfaat beras merah juga bisa dirasakan oleh para wanita. Terutama mereka yang sedang menjalani program diet. Karena kandungan serat pangan yang tinggi, perut menjadi kenyang lebih lama. Konsumsi 6 cangkir beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopouse untuk mencegah penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung.

10. Membersihkan Pencernaan

Kandungan serat pada beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, terutama bagian usus. Serat berfungsi seperti penyapu yang membersihkan usus dari sisa-sisa makanan. Mungkin masih banyak lagi manfaat beras merah yang belum terungkap. Namun, saya rasa informasi di atas sudah lebih dari cukup agar kita mulai melirik makanan sehat yang satu ini.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply