Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Obat Herbal

manfaat belimbing wuluh

Belimbing wuluh, tanaman kaya manfaat untuk kesehatan dan pengobatan

Manfaat Belimbung Wuluh (Averrhoa bilimbi) – Selama ini kota cukup akrab dengan buah bernama belimbing, di Indonesia sendiri setidaknya ada beberapa jenis belimbing dengan rasa dan juga ukuran yang berbeda, diantaranya adalah yang dimanfaatkan sebagai buah dan juga ada yang lebih menonjol sebagai sayur seperti belimbing wuluh. Buah yang satu ini mungkin sudah tak begitu asing lagi di telinga Anda mengingat buah belimbing jenis wuluh sendiri sangat cocok untuk di tanam pada jenis tanah apapun. Berbeda dari kebanyakan belimbing yang akan berbuah pada bagian ujungnya atau bekas bunga namun belimbing wuluh justru akan berbuah pada batang-batangnya, cukup unik bukan.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Tanaman ini memang lebih sering dimanfaatkan sebagai sayuran baik itu untuk olahan makanan atau dengan mengonsumsinya secara langsung. Rasanya memang sangat berbeda dengan buah belimbing pada umumnya karena belimbing wuluh jauh lebih asam. Namun ternyata dibalik rasa asam dari buah tersebut ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, diantaranya adalah:

Sebagai pencegah diabetes

Diabetes atau penyakit gula memang menjadi salah satu momok yang cukup menakutkan bagi setiap masyarakat, utamanya adalah mereka dengan berat badan berlebih dan memiliki garis keturunan terkena diabet. Jangan salah ternyata dengan konsumsi belimbing wuluh secara teratur dapat membebaskan Anda dari penyakit mematikan yang satu ini. Berdasarkan sebuah penelitian kandungan yang ada di dalamnya dapat secara otomatis mengontrol produksi insulin dan juga menjaga gula darah agar tetap stabil.

Meringankan sakit gigi

Buah belimbing wuluh dapat meringankan rasa sakit gigi. Bagi Anda yang memiliki keluhan sakit gigi khususnya adalah yang disebabkan oleh gigi berlubang maka jangan khawatir karena buah ini juga dapat mengatasinya, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengunyahnya pada bagian yang sakit, secara bertahap maka rasa sakit tersebut perlahan-lahan akan mereda.

Obat batuk tradisional

Jika beberapa jenis belimbing yang lainnya justru membuat orang menjadi batuk namun ternyata jenis yang satu ini justru dapat dimanfaatkan sebagai obatnya. Cara mengobatinya juga cukup sederhana yaitu hanya dengan mengunyah secara berkala maka rasa gatal di tenggorokan perlahan-lahan akan menghilang.

Dapat mencegah penyakit kanker

Pada dasarnya setiap orang memang memiliki resiko terhadap penyakit mematikan yang satu ini, hanya saja bagaimana cara kita untuk menekannya, buah belimbing wuluh ternyata cukup efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut, caranya hanya dengan mengonsumsinya secara teratur, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah banyak dan bermanfaat sebagai antioksidan alami.

Sebagai obat penyakit gondok

Penyakit ini bisa terjadi karena pembengkakan kelenjar tiroid akibat kekurangan iodin dalam tubuh, nah kandungan belimbing wuluh yang kaya akan iodin tersebut dapat mengobatinya.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Anda memiliki masalah dengan tekanan darah yang kurang stabil, terlalu tinggi hingga dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, tak perlu khawatir karena ternyata buah tersebut juga efektif untuk mengatasinya, caranya cukup dengan mengonsumsi secara teratur, kandungannya yang rendah lemak sangat efektif membantu menurunkan tingkat kolesterol dari apa yang Anda konsumsi.

Mengobati panas dalam

Manfaat buah belimbing wuluh yang lainnya adalahsSebagai obat gejala panas dalam, baik itu sariawan maupun bibir pecah-pecah, mengingat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangatlah tinggi.

Mengobati pegal linu

Advertisement

Badan Anda terasa pegal dan linu, tenagng saja, karena belimbing wuluh bisa mengatasi hal tersebut. Namun yang digunakan bukan buahnya melainkan daunnya. Caranya, ambil satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ramuan tersebut ke tempat yang sakit.

Sariawan

Selain dapat mengobati penyakit gondok, belimbing wuluh juga bisa mengobati sariawan. Tahu kan sariawan, baik di bibir maupun lidah semuanya sangta menggangu. Untuk menyingkirkannya Anda perlu merebus satu genggam daun belimbing wuluh dengan satu cangkir air ditambah gula jawa secukupnya. Setelah kental, airnya digunakan untuk berkumur atau dioleskan pada tempat yang sakit. Mudah bukan?

Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit lainnya yang bisa diobati dengan buah belimbing wuluh ini ada tekanan darah tinggi atau hipertensi. Langsung saja ke caranya, ambil 10 buah belimbing wuluh, 1 jari rimpang kunyit, 1/4 genggam daun meniran, 3 jari labu air, 3 jari gula enau. Belimbing wuluh dicuci dan dipotong-potong seperlunya, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas sekali minum.

Mengobati panu

Panu memang bukan penyakit mematikan namun bisa jadi memalukan. Apalagi jika berada di tempat teerbuka yang sering dilihat orang. Penyakit panu bisa diobati dengan belimbing wuluh. Belimbing wuluh secukupnya digiling halus lalu tambahkan kapur sirih sebesar biji asam jawa, aduk rata. Gosok kulit yang terkena panu dengan ramuan ini. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Mengobati rematik

Belimbing wuluh ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat rematik tradisional. Tapi yang akan digunakan sebagai bahan utamanya adalah bagian daun muda. Perhatikan cara membuat ramuannya. Ambil 100gr daun belimbing wuluh muda, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica. Semua bahan digiling halus, lalu tambahka cuka apel secukupnya hingga membentuk seperti adonan bubur. Oleskan adonan tersebut pada pinggang yang sakit.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

Selain digunakan untuk ramuan dalam ilmu pengobatan tradisional, belimbing wuluh juga digunakan untuk dunia kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat hingga mencerahkan kulit wajah.

Menghilangkan jerawat

Jerawat sering dikatakan sebagai pertanda pubertas. Padahal jerawata dapat menyerang siapa saja baik pria atau wanita. Sialnya lagi, setelah sembuhpun jerawat ini sering meninggalkan bekas yang membuat kulit menjadi tidak mulus. Salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan belimbing wuluh. Ambil beberapa buah belimbing wuluh kemudian hancurkan. Tambahkan air garam secukupnya, dan gunakan untuk menggosok wajah.

Masker wajah

Belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai masker wajah alami supaya wajah terlihat lebih segar dan cerah. Caranya tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Ambil 10 buah belimbing wuluh kemudian dihancurkan/diblender. Tambahkan sedikit air hangat supaya tidak terlalu encer. Oleskan ramuan tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan wajah. Lakukan hal ini sebelum tidur supaya wajah benar-benar keesokan harinya.

Merawat kuku

Ini merupakan tips yang telah turun-temurun dari nenek moyang kita. Ya, nenek moyang kita telah menemukan cara yang sangat efektif dalam merawat, menjaga dan membersihkan kuku. Yakni dengan belimbing wuluh. Caranya pun gampang sekali. Ambil satu buah belimbing wuluh kemudian dihancurkan dengan kuku kita. Usahakan kotoran dalam kuku ikut keluar bersama daging buahnya.

Meskipun bentuknya kecil, namun ada segudang manfaat yang diberikan buah belimbing wuluh bagi kita, mulai dari mengatasi masalah kesehatan yang cukup umum hingga paling berbahaya sekalipun. Jangan ragu untuk mengonsumsinya secara teratur meskipun dengan rasa yang sangat masam.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Obat Herbal | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply