Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

manfaat bawang merah

Khasiat bawang merah untuk kesehatan rambut

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut – Bawang merah atau dalam bahasa latinnya Allium cepa L termasuk dalam keluarga Aggregatum. Tentu kita sudah tidak asing lagi pada bawang merah. Bagi masyarakat asia khususnya, bawang merah sudah lama dijadikan bumbu utama dalam masakan. Dalam dunia kuliner, bagian dari bawang yang sering digunakan adalah umbinya, meski demikian ada juga yang menggunakan daunnya.

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

Bawang merah sendiri memiliki kandungan-kandungan yang baik bagi tubuh kita, kandungan dalam bawang merah diantaranya adalah minyak atisiri, sikloaliin, dihidroaliin, kuersetin, peptide, flavongklikosida, vitamin, zat pati dan fitohormon. Namun siapa sangka ternyata bawang merah juga dapat berkhasiat untuk rambut. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah untuk rambut yang mungkin belum anda ketahui.

Mengatasi Rambut Rontok

Bawang merah kaya akan sulfur sehingga mampu mengatasi masalah rambut rontok. Sulfur dalam bawang merah akan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat memperkuat rambut.

Caranya adalah dengan mengambil bawang merah secukupnya, kemudian bawang merah dihauskan dan beri sedikit minyak kelapa. Sebelum diaplikasikan, pijat dulu kepala anda menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun hangat selama kira-kira 20 menit agar pori-pori kulit membuka dan nantinya dapat menyerap nutrisi dengan baik. Setelah itu gunakan bawang merah yang sudah dihaluskan tadi, berikan pada rambut anda secara merata. Tutupi dengan handuk hangat dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas bersih menggunakan shampoo.

Advertisement

Selain dapat mengatasi rambut rontok, bawang merah juga dapat mengatasi kebotakan. Kandungan sulfur pada bawang merah selain dapat meningkatkan sirkulasi darah, juga dapat merangsang pertumbuhan rambut pada kepala botak.

Menghilangkan Ketombe

Khasiat bawang merah bagi rambut yang selanjutnya adalah untuk menghilangkan ketombe. Caranya pun sangat mudah. Ambil bawang merah secukupnya, kemudian haluskan. Lalu campur bawang merah yang dihaluskan dengan lemon dan sedikit madu. Oleskan pada rambut secara merata. Tutup rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut sampai bersih dengan menggunakan shampoo. Lakukan secara rutin selama beberapa hari dan rasakan perbedaannya setelah pemakaian selama beberapa minggu dan rambut anda terbebas dari masalah ketombe.

Obat Infeksi Kulit Kepala

Infeksi pada kulit kepala disebabkan oleh beberapa faktor. Bekas luka yang dibiarkan, kutu, atau menggaruk kepala terlalu keras adalah beberapa faktor yang membuat infeksi pada kulit kepala. Apabila anda termasuk yang memiliki masalah infeksi pada kulit kepala anda, mungkin tips menggunakan bawang merah berikut ini dapat membantu mengatasi masalah anda.

Carilah bawang merah yang masih segar, ambil dagingnya saja dan buang kulitnya. Blender bawang merah sampai halus. Kemudian aplikasikan pada bagian yang terinfeksi. Biarkan selama kira-kira 30 menit. Kemudian setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan bersihkan dengan handuk halus. Lakukan secara rutin, jika memang memungkinkan lakukan setiap hari sampai infeksi dikulit kepala anda sembuh.

Demikian adalah beberapa manfaat bawang merah untuk rambut yang mungkin belum anda ketahui. Yang perlu diperhatikan adalah kita perlu banyak belajar untuk memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita. Tentu selain sangat bermanfaat bagi tubuh kita, dengan menggunakan bahan-bahan alami juga membuat kita lebih irit karena kita tidak perlu pergi ke tempat tertentu seperti salon kecantikan untuk melakukan perawatan. Terlebih lagi di jaman sekarang ini banyak produk-produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh. Dengan menggunakan bahan alami, tentu kita dapat memilih dan memilah bahan-bahan yang cocok untuk merawat tubuh kita. Demikian, semoga bermanfaat.

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply