Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

manfaat bawang merah

Khasiat bawang merah untuk kesehatan

Bawang merah adalah rempah asli Indonesia yang biasa digunakan para ibu untuk memasak, lebih tepatnya sebagai bumbu dapur. Rempah asli Nusantara ini mendapat nama Latin Alium cepa L dari kelompok Aggregatum. Bagian tanaman yang umum diambil adalah umbinya, tetapi banyak masakan yang bahan utama penyusun bumbunya berasal dari daun dan tangkai bunganya.

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin C dan serat, bisa langsung dipenuhi oleh bawang merah karena di dalamnya tertanam vitamin C, serat, kalium, dan asam folat yang siap sedia menunjang kesehatan organ tubuh. Masyarakat desa banyak memanfaatkan bawang merah sebagai obat tradisional, hal ini menjadi warisan para leluhur jaman kerajaan dahulu.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Pada segi pengolahan, penduduk kita biasa menggoreng bawang merah sehingga menjadi bawang goreng yang biasa dipakai untuk menaburi makanan, contohnya nasi uduk. Sementara untuk segi pengobatan, belum banyak yang berani mencobanya karena jika tidak diracik dengan benar bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Anda tidak perlu khawatir sebenarnya jika tahu resep obat berbahan bawang merah dari ahli pengobatan tradisional. Beberapa penyakit berhasil diobati dengan bumbu dapur yang wajib ini, penasaran? Berikut ulasan singkatnya.

Bawang Merah Mencegah Kanker

Bawang merah berfungsi sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, para peneliti juga meyakini bahwasanya zat antioksidan pada rempah nusantara ini dapat meminimalisir risiko kanker perut mencapai angka 50 persen.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Jika tubuh tak ingin gampang terserang penyakit, penuhi kebutuhan gizi harian agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang dibumbui oleh bawang merah secara rutin.

Advertisement

Kandungan quercetin pada bawang merah akan melawan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, mengatasi infeksi akibat jamur, serta mencegah peradangan. Beberapa sifat tersebut juga mampu mengobati influenza yang umum hadir saat musim dingin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada sebutir bawang merah tersimpan banyak kromium, yaitu senyawa kimia yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung akibat komplikasi dari masalah diabetes. Hal ini tentu baik bagi jantung jika terus diasup ke dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Jangan hanya sibuk dengan mengikuti latihan yang dipercaya mampu mengecilkan perut, Anda harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan yang di rekomendasikan.

Disini bawang merah membantu menyukseskan program penurunan berat badan Anda. Tubuh yang mengalami difisiensi kromium akan kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena itu zat kromium pada bawang merah sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Kelebihan kadar gula menurut ilmu medis berisiko terserang penyakit diabetes. Biasanya penyakit ini menyerang saat usia tua, dan hampir seluruh orang (terutama yang masa kecilnya rajin minum susu dan mudanya hobi ngopi) akan mengalami penyakit ini.

Untuk menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, Anda hanya perlu minum ramuan bawang merah agar gula darah terkontrol. Disamping itu kandungan kromium dan mineral di dalamnya dapat mengurangi resistensi insulin.

Bawang Merah Mengobati Sembelit

Sembelit terjadi karena banyak komponen makanan yang menginap pada usus, sehingga sulit dikeluarkan. Jika Anda menderita konstipasi atau sembelit, jangan sungkan untuk konsumsi bawang merah mentah. Di dalamnya terdapat serat yang berkhasiat untuk membuang racun dan partikel makanan keras dalam usus.

Jika Anda kurang suka dengan bawang merah yang masih mentah, tidak ada salahnya jika diakali dengan cara yang cukup menarik. Misalnya menyelipkan irisan bawang merah mentah pada salad atau toping hamburger. Selain nikmat di lidah juga tubuh merasakan kenikmatan dari manfaat bawang merah.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply