Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Bombay

manfaat bawang bombay

Bawang bombay punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia

Manfaat Bawang Bombay (Allium Cepa Linnaeus) – Bawang bombay ialah salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau sayur. Nama ilmiah dari si besar dan berdaging tebal ini ialah Allium Cepa, ia termasuk di dalam kelompok klasifikasi Plantae. Tahukah Anda, mengapa ia disebut bawang bombay? Hal ini dikarenakan bawang ini sering di bawa pedagang India dari kota Bombay. Namun bukan berarti ia berasal dari India, karena menurut penelitian bawang bombay ini berasal dari kawasan Asia Tengah, dan masih ada kemungkinan ia berasal dari Palestina kemudian tersebar hingga ke Eropa dan India.

Bila Anda melihat bawang merah, ia memiliki bentuk yang hampir sama dengan bawang bombay, akan tetapi bentuk bawang bombay jauh lebih besar serta memiliki bau yang sangat khas untuk menambah aroma masakan. Perkembangbiakan bawang bombay ini dengan menggunakan bunga yang biasanya berada di ujung tangkai yang berbentuk umbi, jadi bunga tersebut dapat dijadikan bibit tanaman kembali.

Tahukah Anda, kandungan dan komposisi gizi yang berada di bawang bombay? Ternyata komposisi gizi yang berada dalam si besar ini sangat bervariasi seperti Fosfor, Abu, Kalium, Kalsium, Kalori, Lemak, Serat, Karbohidrat, Protein, Zat Besi, Vitamin, Niacin, Natrium. Dikarenakan kandungan gizinya yang sangat banyak, oleh sebab itu bawang ini sering digunakan sebagai bahan pengobatan hingga kecantikan.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Berikut khasiat bawang bombay dalam dunia kesehatan, antara lain:

Anti-inflamasi

Bawang bombay memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif melawan beberpa jenis bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Jadi tidak salah jika bawang bombay digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran kemih.

Menumpas kanker

Bawang bombay juga memiliki kandungan antioksidan dan quercitin. Kandungan ini berguna untuk melawan kanker, senyawa ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi, pencegah alergi dan antibiotik.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Mengunyah bawang bombay mentah dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kemampuan tersebut juga dimiliki oleh buah Apel yang merangsang keluarnya air liur lebih banyak.

Baik bagi kesehatan jantung

Bawang bombay akan membantu penipisan darah serta menghindari pembekuan darah. Ia akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dari lemak tak jenuh, jadi bagi Anda yang ingin meningkatkan kadar kolesterol baik, sangat di anjurkan mengkonsumsi bawang bombay.

Anti alergi

Advertisement

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, bawang bombay juga memiliki sifat anti-alergi. Quercetin, adalah suatu zat antihistamin dalam bawang jenis ini yang sangat membantu untuk mengobati alergi. Dibandingkan dengan zat lain, quercetin lebih mudah diserap dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan.

Obat tradisional asma

Tahukah Anda bila pengobatan tradisional di China sering sekali menggunakan bawang bombay untuk meredakan asma? Bawang bombay akan mencegah formasi senyawa yang menjadi penyebab otot di tenggorokan kejang. Zat alami di dalamnya juga mampu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan.

Mencegah diabetes

Pernahkah Anda merasakan segelas jus bombay yang masih mentah? Perlu Anda ketahui bila ternyata jus ini terbukti sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula yang berada di dalam darah, bahkan banyak sekali dokter yang mengatakan bawang bombay jauh lebih baik mengendalikan gula darah bila di bandingkan dengan obat-obatan.

Mendetoksifikasi tubuh

Bawang bombay ini sangat kaya dengan kandungan sulfur, di sulfur terdapat asam amino yang memiliki nama cystine dan amethionine, kedua asam ini memiliki tugas menyingkirkan racun seperti merkuri yang ada di tubuh, selain sulfur bawang bombay juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin ini yang berguna untuk mendetoksifikasi tubuh.

Mengobati sakit telinga

Terkadang kita mengalami sakit pada bagian telinga. Namun tak perlu khawatir selama anda menyediakan bawang bombay di rumah. Karena bawang ini bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Caranya, ambil bawang bombay lalu dipotong dan ambil getahnya untuk dioleskan pada bagian telinga yang sakit.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang sering menyerang usia lanjut. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan kalsium sejak dini. Salah satunya adalah bawang bombay karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi.

Manfaat Bawang Bombay bagi Kecantikan

Selain berguna untuk kesehatan, ternyata bawang bombay juga berguna untuk kecantikan, seperti:

Obat jerawat

Untuk mengobati jerawat, Anda tinggal menghaluskan bawang bombay, kemudian tempelkan dalam wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan dengan cara teratur, jerawat akan berangsur-angsur mengecil.

Membuat wajah nampak merona

Kandungan berbagai macam vitamin yang berada dalam bawang bombay ini juga berpartisipasi mampu membuat wajah menjadi merona. Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah alami. Lakukan hal ini secara teratur agar anda bisa lebih cepat melihat manfaat bawang bombay bagi wajah Anda.

Diet

Manfaat bawang bombay yang lainnya adalah membantu program diet. Bila Anda ingin mencoba diet sehat, Anda bisa menggunakan bawang bombay sebagai menu diet, tinggal membuatnya sebagai salad sayur, dan mengonsumsinya setiap pagi.

Menyuburkan rambut

Rambut Anda tipis dan sering rontok? Jangan khawatir, atasi dengan bawang bombay. Bawang ini mengandung banyak sulfur yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, bawang bombay dibersihkan lalu diblender hingga halus. Saring dan ambil airnya, gunakan untuk keramas setiap pagi.

Sebenarnya jika dijelaskan lebih rinci masih banyak lagi manfaat bawang bombay yang bisa diungkap di sini. Namun karena keterbatasan waktu, kiranya apa yang kami telah sampaikan di atas cukup untuk menambah wawasan anda mengenai kegunaan bumbu dapur yang satu ini.

Baca Selanjutnya: Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan>>

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Bombay | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply