Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

asam jawa

Asam jawa yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan, kecantikan dan bahan untuk membuat ramuan tradisional.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan – Tanaman asam jawa atau yang memiliki nama latin tamarindus indica ini termasuk ke dalam tumbuhan yang berbuah polong. Buah polong dari asam jawa mengandung berbagai kadar senyawa seperti asam suksinat, asam tartrat, asam sitrat, asam apel, asam anggur, ectin dan gula invert. Selain itu, setiap 100 gram buah polong asam jawa, Anda akan mendapatkan banyak asupan gizi, antara lain: protein sebanyak 2,8 gram, kalori sebesar 239 kal, lemak sebesar 0,6 gram, kalsium 74 miligram, hidrat arang sebanyak 62,5 miligram, mumpung memiliki banyak waktu. Kulit biji dari cukup buah polong asam jawa memiliki kandungan phlobatannin dan albuminoid serta pati di dalam bijinya.

Asam jawa biasanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur atau minuman tradisional. Daging buahnya biasa untuk mengasamkan rasa makanan, manisan, agar-agar, dan dijadikan minuman hangat yang menyegarkan. Asam jawa juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai barang-barang yang terbuat dari logam yang berubah warna menjadi kehitaman. Kandungan-kandungan asam jawa lainnya seperti potassium, magnesium, beta karotin, vitamin c, dan antidioksidan, dapat merawat kecantikan kulit Anda.

Ada banyak manfaat asam jawa bagi kecantikan, terutama perawatan kulit tubuh manusia. Asam jawa dapat diolah menjadi lulur untuk mencerahkan kulit Anda. Daging buah asam jawa terlebih dahulu dilarutkan ke dalam air hangat dan berikanlah sedikit bubuk kunyit. Air larutan tersebut dapat Anda jadikan lulur. Gosok-gosok lah secara perlahan lulur asam jawa tersebut pada permukaan kulit Anda, kemudian diamkan beberapa saat hingga lulur meresap ke dalam pori-pori kulit. Bilas sampai bersih dan kulit anda akan tampak beberapa tingkat lebih cerah, bersih, dan berseri.

Selain mencerahkan kulit, asam jawa juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids yang terkandung di dalam daging buah asam jawa. Campurkan sedikit yogurt dan garam dengan daging buah asam jawa, jadikan campuran tersebut sebagai masker di kulit dengan sambil dipijat pelan agar sel-sel kulit mati mudah untuk terangkat. Diamkan sejenak sebelum dibilas bersih. Itulah salah satu manfaat asam jawa untuk wajah.

Advertisement

Selulit yang mengganggu karena letaknya yang ada pada permukaan kulit dapat Anda lenyapkan dengan asam jawa. Buatlah campuran daging buah asam jawa, air lemon, gula pasir, dan sedikit baking soda sebagai masker di permukaan kulit yang berselulit. Saat mengoleskan masker ini, jangan lupa untuk memijat dengan gerakan mengitar. Sebelum dibilas dengan air bersih, diamkan sejenak masker tersebut hingga mengering. Semua jenis perawatan kulit dengan menggunakan asam jawa otomatis akan memberikan efek lembab sekaligus lembut pada kulit Anda sehingga kulit tak lagi terasa kering dan kasar.

Asam jawa ternyata juga diyakini untuk merawat kulit kepala. Sebelum Anda keramas, disarankan untuk memijit-mijit kepala Anda dengan buah asam yang telah masak. Kemudian bilas dengan bersih dan Anda baru bisa keramas biasa dengan shampoo. Usaha ini merupakan bentuk manfaat asam jawa dalam memperkuat akar-akar helai rambut dan mencegah rambut rontok.

Asam jawa juga dapat mempercepat penyembuhan luka biasa pada kulit yaitu dengan menempelkan pada luka, daun asam jawa yang telah dikunyah hingga lumat. Selain luka biasa jenis borok, asam jawa juga mampu mengobati luka borok. Tumbuk beberapa biji dari buah asam jawa hingga halus, kemudian tempel kan hasil tumbukan tersebut pada atas luka di atas luka, kemudian perban lah, Sedangkan untuk eksim dan bisul, Anda perlu menumbuk halus satu genggam daun asam jawa yang masih muda dan belum menguning atau mengering, dua rimpang kunyit. Tempel kan hasil tumbukan pada bagian yang sakit.

Kulit yang bengkak karena disengat oleh lebah maupun lipan nantinya bila dibiarkan khawatir akan terjadi infeksi. Oleh karena itu, Anda dapat menumbuk halus tiga hingga lima buah asam jawa dengan minyak kayu putih secukupnya. Taburkan atau tempel kan bagian tubuh yang bentak dengan hasil tumbukan tadi. Bila Anda memiliki alergi, Anda dapat meminum sedikitnya dua kali setiap harinya, tiap pagi serta sore, minuman yang terbuat dari dua hingga tiga buah polong asam jawa yang lumayan tua, dengan mencampurkan seperempat sendok kapur sirih dan sedikit garam. Campuran bahan tersebut direbus ke dalam tiga gelas air hingga mendidih dan berkurang volume airnya menjadi hanya dua gelas. Saringlah dan minum 2 kali sehari.

Dari segi kesehatan, asam jawa memiliki lebih banyak lagi manfaat. Untuk penyakit ringan seperti sakit perut, Anda bisa mengambil tiga buah polong asam jawa yang sudah matang betul, kemudian campur merata dengan kapur sirih serta minyak kayu putih seperlunya. Bahan-bahan yang dicampur tersebut dapat Anda jadikan sebagai obat gosok alami pada bagian perut Anda. Namun dapat juga dengan tiga buah polong asam jawa yang diseduh dengan gula aren, disaring, kemudian diminum.

Penyakit ringan lainnya yang dapat disembuhkan dengan asam jawa adalah sariawan. Walaupun ringan, sariawan benar-benar mengganggu. Anda dapat merebus satu gelas air dengan dua buah polong asam jawa, dua rimpang temulawak seukuran ibu jari dan satu buah gula aren.

Kandungan-kandungan asam jawa lainnya juga memiliki manfaat-manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan asam jawa yang berupa magnesium sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang Anda dengan lebih baik. Vitamin B yang dikandung asam jawa juga mampu membantu sistem syaraf Anda untuk bekerja dengan baik. Sedangkan sembelit dapat dicegah dengan serat yang dimiliki oleh asam jawa. Sementara itu, potassium atau kalium dapat mengendalikan tekanan darah Anda, dan kandungan-kandungan lainnya juga demikian baiknya.

Manfaat asam jawa selama ini hanya dikenal sebagai bumbu dapur atau campuran minuman segar. Namun ternyata, khasiat buah yang namanya sama dengan rasanya ini jauh lebih besar dari yang kita tahu.

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply