Manfaat Apel dan Kandungan Gizinya

manfaat apel hijau

Khasiat buah apel mulai dari membersihkan mulut hingga mencegah resiko penyakit jantung.

Manfaat Buah Apel (Malus domestica) – Siapa yang tidak menyukai apel? Buah yang sangat lezat ini memang memiliki berbagai manfaat ajaib. Rasanya yang sangat manis membuat buah ini begitu banyak di gemari. Apel biasanya memiliki warna merah dan hijau. Manfaat apel pun kini telah tersohor, ia dikenal menjadi salah satu buah yang mampu menjaga kesegaran serta pencegahan berbagai macam penyakit. Selain itu, buah berbentuk hati ini juga sudah mulai banyak dijadikan bahan untuk produk kecantikan, baik yang dikeola ecara medis maupun rumahan.

Manfaat apel untuk kesehatan

Buah memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan maupun untuk kecantikan. Nah, pembahasan pertama akan mengulas manfaat apel dari segi kesehatan.

Pencegah alzheimer

Penyakit yang sangat menakutkan ini bisa segera Anda cegah dengan pengonsumsian apel, secangkir jus apel yang sering Anda minum saat panas atau terik akan mampu memperbaiki sel yang berada di otak.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Apel memiliki kandungan antioksidan, antioksidan ini sering di sebut dengan flavonoid. Antioksidan ini bisa dengan mudah Anda temui di apel merah. Ia juga mampu menjadi tameng untuk menghindari berbagai macam virus penyakit.

Manfaat apel untuk ibu hamil

Apel merupakan buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kenapa? Karena buah apel dapat mencegah terjadinya sekresi empedu berlebih, yang merupakan salah penyebab bayi prematur. Kandungan nutrisi dalam apel mampu mencegah dan menurunkan asam lambung. Karena itu mengkonsumsi buah apel terutama apel hijau sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Mengendalikan gula darah

Apel akan sangat membantu menepis adanya radikal bebas yang memiliki potensi sebagai penyakit diabetes. Penelitian membuktikan bila wanita yang mengonsumsi sebuah apel setiap hari akan memiliki risiko penyakit diabetes jauh lebih kecil.

Pencegah kanker kulit

Apel akan sangat membantu memelihara kesehatan kulit Anda, sehingga Anda akan tetap tampil mempesona, kehebatan apel ini bisa mencegah terjadinya kanker kulit. Sumber vitamin A akan mengurangi risiko terkena kanker kulit. Sebuah apel yang berukuran besar mampu memenuhi kebutuhan vitamin A pada wanita hingga 4% dan pria 5%.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Buah-buahan memang memiliki enzim yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut, termasuk juga kesehatan gigi. Maka jangan heran ketika anda mengkonsumsi buah apel, air liur anda akan cepat terangsang untuk keluar. Di dalam air liur itulah terdapat enzim sangat sangat bermanfaat dalam mencerna makanan. Selain itu juga dapat membersihkan mulut dan gigi.

Manfaat buah apel untuk diet

Apel merupakan buah yang rendah kalori, lemak, dan sodium serta mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan serat alaminya dapat membuat perut kenyang lebih lama, sekaligus menyerap lemak dalam saluran pencernaan, serta melancarkan buang air besar. Karenanya, Apel sangat membantu bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Advertisement

Menjaga kekuatan tulang

Osteoporosis merupakan penyakit yang biasa menyerang usia lanjut. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mejaga pola hidup sehat sehingga kekuatan tulang tetap terjaga meski sudah lanjut usia. Salah satunya dengan rajin mengkonsumsi buah apel. Buah apel banyak mengandung kalsium dan antioksidan yang baik untuk tulang.

Mencegah asma

Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang cukup berbahaya. Jika Anda atau keluarga ada yang mengalaminya, cobalah untuk secara rutin mengkonsumsi buah apel. Apel merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk menjaga vitalitas tubuh. Selain itu asam amino dalam apel dapat membantu penderita asma untuk bernafas lebih leluasa.

Memelihara kesehatan jantung

Para ahli mengatakan, mengkonsumsi satu buah apel setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan jantung lebih kuat. Sehingga menekan resiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena antioksidan yang dimiliki apel sangatlah tinggi.

Manfaat apel untuk kecantikan

Ternyata apel juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, seperti:

Mengatasi kulit kendur, berminyak, serta berjerawat

Apel ini memiliki kemampuan untuk menyetarakan tingkat PH yang berguna untuk menurunkan produksi minyak yang berada di kulit wajah.

Mengangkat kotoran di wajah

Wajah Anda pasti tidak bisa di pisahkan dari adanya debu yang ada di jalanan. Tugas si pemilik wajah tentu merawatnya. Anda bisa mencoba membuat masker yang berasal dari buah apel. Masker ini akan mengangkat segala jenis kotoran yang berada di wajah.

Melindungi kulit dari paparan matahari

Seringnya terpapar sinar matahari akan mengakibatkan kulit Anda kering, terbakar bahkan kusam, bila Anda sering bekerja di bawah sinar matahari, Anda bisa mengolesi wajah dengan menggunakan pasta apel.

Melindungi kulit kepala

Ingin kulit kepala tetap sehat? Tidak perlu menambahkan berbagai macam obat setelah Anda mencuci rambut. Cukup dengan menggunakan apel.

Kandungan nutrisi buah apel

Karena ia sangat terkenal memiliki berbagai macam manfaat, tentunya ia juga memiliki kandungan nutrisi yang begitu beragam. Kandungan nutrisi dari apel, antara lain:

  • Kaya vitamin, vitamin yang berada di dalam apel ini sangat lengkap, seperti A, B1, B2, hingga C.
  • Mineral, apel juga sangat kaya dengan kandungan mineral seperti magnesium, zat besi, potasium, kalsium, dan zinc.
  • Fitokimia, fitokimia sendiri ialah zat antioksidan yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas, fitokimia ini juga mampu membantu menekan banyaknya kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyumbatan yang berada di pembuluh darah.
  • Serat, untuk Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya menambahkan apel ke menu harian Anda, apel akan mampu menunda datangnya rasa lapar.
  • Baron, baron ini berfungsi untuk mempertahankan jumlah dari hormon estrogen yang berada di tubuh wanita.
  • Tanin, tanin ialah zat yang mempunyai fungsi untuk pembersih serta penyegar mulut, ia dapat melindungi gigi serta penyakit gusi.

Nah, sahabat sehat semuanya, itulah artikel yang menjelaskan tentang beberapa manfaat apel. Baik untuk kesehatan, kecantikan, ibu hamil dan kandungan nutrisinya. So, kenapa Anda tidak mulai mengkonsumsi buah apel secara rutin mulai sekarang?

Manfaat Apel dan Kandungan Gizinya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply