Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

kelapa-hijau

Kelapa hijau mengandung lebih banyak anti-racun dibanding jenis kelapa lainnya.

Manfaat Air Kelapa Hijau (Cocos nucifera, Linn. ) – Buah kelapa merupakan buah yang hanya bisa di dapatkan di daerah pantai dan juga yang memiliki iklim tropis saja, tak percaya, buktikan. Dari berbagai negara yang ada di seluruh penjuru dunia hanya sedikit yang bisa ditumbuhi oleh tanaman yang satu ini. Kelapa bahkan dijadikan sebagai lambang pramuka, alasannya karena se mua bagian dari tanaman ini memang kaya akan manfaat, mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya. Bisa dikatakan bahwa tanaman yang satu ini juga tergolong sebagai tumbuhan asli Indonesia, lihat saja negara mana yang menjadi produsen terbesar dari buah tersebut, mulai dari ujung barat, timur, utara dan selatan bisa dengan mudah dijumpai tanaman tersebut.

Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Tumbuhan kelapa umumnya memang hanya bisa dijumpai di tanah berpasir saja, namun hasilnya bisa dirasakan hingga ke seluruh pelosok negeri, beberapa diantaranya bahkan diekspor hingga ke luar. Lalu sebenarnya apa manfaat dari buah kelapa hijau itu sendiri, tentunya bukan hanya sebatas tanaman untuk pelepas dahaga karena kandungan airnya yang memang kaya akan ion tersebut. Nah lihat beberapa uraian berikut ini:

Mengobati panas dalam

Panas dalam selalu disertai dengan beberapa gejala yang kurang begitu menyenangkan, misalkan saja adalah tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah, kemudian biasanya juga disertai dengan sariawan. Namun buah kelapa hijau yang mengandung air di dalamnya efektif untuk mengatasi masalah tersebut, apalagi terbukti bahwa kandungan ion yang ada di dalamnya sangat tinggi. Konsumsi secara langsung tanpa tambahan apapun termasuk gula karena gula justru dapat menghilangkan manfaat berkhasiat tersebut.

Sebagai penawar racun

Sudah sangat dipercaya dari bertahun-tahun lalu bahwa kandungan air yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk mengatasi racun, baik itu racun yang berasal dari gigitan binatang berbisa maupun yang berasal dari bahan kimia berbahaya, caranya cukup dengan meminum air kelapa murninya.

Meredakan nyeri saat haid

Masalah umum yang sering kali dialami oleh wanita adalah nyeri datang bulan, sebenarnya hal ini lumrah karena bagaimanapun terjadi pengelupasan sel endometrium dalam keadaan masih segar hingga mengeluarkan darah, bagi yang mengalami masalah ini maka jangan ragu untuk mengonsumsi air buah kelapa hijau.

Sebagai obat demam berdarah

Penyakit hasil dari gigitan nyamuk aides aegypti ini ternyata juga dapat diatasi menggunakan air buah kelapa, caranya hanya dengan mengonsumsi secara teratur, ditambah dengan konsumsi jambu merah maka hasilnya akan sangat optimal. Baca juga: cara mengobati demam berdarah secara alami.

Influenza

Jenis penyakit yang umum menjangkiti masyarakat apalagi saat musim pancaroba tiba adalah flu, kepala pusing disertai dengan hidung yang tersumbat, tergolong ringan namun sangat mengganggu berbagai aktifitas, namun jangan khawatir karena penyakit tersebut bisa diatasi secara sederhana menggunakan air buah kelapa.

Advertisement

Obat kencing batu

Kencing batu berbeda dengan batu ginjal, meski pada prinsipnya sama saja. Umumnya endapan kalsium berada di bagian kandung kemih sehingga akan menyebabkan rasa sakit saat mengeluarkan urin. Cara mengatasinya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan air kelapa, konsumsi secara teratur maka dapat menggempur timbunan batu yang ada di dalam kandung kemih tersebut.

Mengobati sakit panas

Seorang ibu biasanya langsung khawatir saat mengetahui anaknya panas. Lalu buru-buu membawanya ke dokter. Sebenarnya untuk menurunkan panas anak caranya cukup mudah, beri dia minum air kelapa muda 1/2 cangkir dicampur dengan 1 sendok makan madu. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana manusia terlalu banyak kehilangan cairan tubuh, tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga jika dibiarkan terus menerus tentu akan berbahaya, atasi dengan menggunakan air kelapa, secara langsung dapat menggantikan ion tubuh yang hilang.

Mafaat Buah Kelapa

Selain airnya yang kaya khasiat, buah kelapa juga punya banyak manfaat untuk pengobatan. Buah kelapa biasa dijadikan obat untuk beberapa keluhan seperti di bawah ini:

Mengatasi rambut beruban

Rambut beruban saat usia senja adalah hal yang sangat wajar. Namun apa jadinya jika uban muncul di usia yang relatif muda? Tentunya akan cukup memalukan, apalagi bagi yang masih melajang. Namun uban tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan buah kelapa. Caranya, parut 1/2 butir kelapa tua, lalu tambahkan dengan air dari buah kelapa itu. Saring airnya, dan simpan semalaman. Esk harinya, air santan tersebut digunakan untuk keramas. Baca juga artikel yang khusus membahas mengenai cara mengatasi rambut beruban yang datang sebelum waktunya.

Menghilangkan ketombe

Selain rambut beruban, buah kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut lainnya, yaitu ketombe. Bahan yang diperlukan adalah 1/2 butir buah kelapa tua dan 1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 1 1/2 gelas air kelapa itu sendiri. Buah kelapa dan nanas diparut untuk diambil airnya. Kemudian ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu. Gunakan air campuran ketiga bahan tersebut untuk keramas secara rutin.

Manfaat Daun Kelapa

Selain buah dan airnya, ternyata daun kelapa juga punya khasiat sebagai obat tradisional. Yaitu untuk mengobati penyakit morbili alias campak. Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan obat adalah 2 helai daun kelapa kering, 1/2 genggam daun korokot, 1/2 rimpang dringo bengle, 1/2 genggam daun petai cina, adas pulawaras secukupnya. Semua bahan tersebut dihaluskan lalu ditaburkan pada bagian tubuh yang sakit.

Manfaat Tempurung Kelapa

Kelapa memang tumbuhan yang uar biasa, selain daunnya yang bisa mengobati campak. Tempurung kelapa yang biasanya menjadi limbah atau dijadikan arang, ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya, ambil batok kelapa yang masih basah, kemudian dibakar sampai keluar minyak seperti buih. Ambil minyak tersebut dengan kapas, lalu cocokkan pada gigi yang berlubang.

Tak salah jika dikenal sebagai tanaman yang kaya aman manfaat, dari bagian buahnya sendiri masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply