Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

air beras atau air tajin

Air cucian beras atau air tajin ternyata sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Manfaat Air Beras (Air Tajin) – Beras merupakan makanan pokok bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari perkotaan hingga pelosok negeri, apalagi kebanyakan diantara masyarakatnya juga berprofesi sebagai petani. Kandungan gizi yang ada di dalam beras sendiri memang cukup banyak, mulai dari karbohidrat dan bahan-bahan tambahan lainnya. Namun jangan salah tak hanya berasnya saja yang bermanfaat namun juga air bekas cuciannya atau dikenal dengan nama air tajin. Sebagian banyak orang mungkin menganggap air bekas cucian beras tersebut sebagai limbah yang harus dibuang. Selain karena kotor jika dibiarkan dalam waktu lama juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Namun ternyata manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak.

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Satu hal yang harus diketahui bahwa manfaat tersebut dapat dijumpai dalam beras yang sehat, artinya bukan yang mengandung plastik maupun pemutih. Beberapa kandungan bermanfaat yang terkadang ikut terbuang dalam air cucian beras yaitu protein, karbohidrat, glutein, selulosa dan juga vitamin B yang cukup tinggi. Bahkan zat tersebut belum tentu bisa di dapatkan di dalam nasi yang sudah matang. Manfaat air beras yang bisa didapatkan diantaranya adalah:

1. Pengganti Air Susu

Seberapa orang khususnya golongan berpenghasilan kecil menggunakan air cucian beras yang sudah direbus atau yang lebih dikenal dengan nama tajin sebagai makanan pengganti susu, bukan tanpa alasan jika khasiatnya cukup besar, meskipun juga ada yang menggunakan air cucian beras tersebut sebagai pakan ternak, hasilnya tak kalah dengan ternak yang makan dadak tiap harinya.

2. Mengurangi kerontokan rambut

Memiliki rambut yang tipis tentunya akan membuat rasa percaya diri semakin turun, apalagi ditambah dengan masalah seperti kerontokan, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan cara yang begitu sederhana, yaitu menggunakan air cucian beras untuk keramas, gunakan secara teratur selama beberapa menit lalu cuci menggunakan shampo hingga benar-benar bersih, manfaatnya dapat menguatkan akar rambut.

3. Mencerahkan Wajah

Advertisement

Bagi yang memiliki kulit wajah kusam dan juga berjerawat tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk perawatan ke dokter kecantikan maupun menggunakan produk-produk yang belum tentu aman, cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka secara teratur maka secara bertahap kulit wajah akan tampak lebih bersih dan cerah.

4. Mengatasi rambut rusak

Bagi yang senantiasa menggunakan produk yang belum jelas kandungannya, bahkan yang sering kali melakukan catok, mewarnai hingga menggunakan hairdryer terkadang kerusakan mudah sekali terjadi para rambut, Anda bisa mengatasinya menggunakan cara yang mudah dan murah tanpa harus ke salon, yaitu cukup menggunakan air cucian beras untuk keramas.

5. Melembutkan Kulit

Mandi menggunakan susu tentunya sudah sering kali dilakukan, namun bagaimana dengan menggunakan air cucian beras, tentunya belum pernah ada yang mencoba bukan, padahal manfaatnya sangat baik dalam melembutkan kulit yang bersisik dan kusam. Hal ini karena air cucian beras memiliki kandungan protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan banyak vitamin.

6. Mengontrol kelebihan minyak

Memiliki kulit berminyak memang sangat rentan terhadap masalah-masalah baru misalkan saja jerawat. Namun untuk mengatasinya juga tergolong mudah dan murah, cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka tiap pagi hari secara teratur, lama kelamaan kontrol minyak menjadi normal dan kulit menjadi lebih putih.

7. Memutihkan kulit tubuh

Mungkin anda telah mengenal manfaat mandi susu dan minyak zaitun yang berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit tubuh dan memutihkannya. Nah, khasiat air beras ternyata tak kalah dengan susu dan minyak zaitun. Caranya pun mudah dan tentunya lebih murah.

Cuci beras yang telah dimasukkan dalam wadah dengan air. Saring air cucian beras dan letakkan dalam wadah yang lain. Saring kembali air bekas cucian beras hingga benar-benar bersih. Simpan air beras yang telah disaring 2x ke dalam botol. Diamkan selama 1 malam supaya mengendap, Jika sudah, pisahkan air dan endapannya dalam wadah yang berbeda. Gunakan endapan sebagai lulur, lalu bilas dengan air beras. Lakukan treatment ini secara rutin 2 – 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

8. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menjelaskan tentang cara menghilangkan flek hitam di wajah. Dan juga artikel mengenai cara menghilangkan bekas jerawat. Nah, dengan air beras, kita dapat kedua manfaat tersebut. Caranya yaitu dengan memanfaatkan endapan air bekas cucian beras sebagai masker wajah. Bagian yang berwarna putih seperti tepung.

Wah ternyata meskipun tergolong sebagai limbah yang sering kali terbuang, namun air cucian beras mengandung berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, jadi jangan buang begitu saja, manfaatkan untuk diri sendiri.

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply