Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin K

sumber vitamin k

Sayuran hijau seperti brokoli mengandung banya vitamin K

Daftar Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin K – Sering kita tak mengerti apa itu vitamin K (Koagulasi). Manusia tak memahami apa saja yang dibutuhkan tubuh kita. Termasuk vitamin dan nutrisi. Banyak orang tak memikirkan akan pentingnya vitamin yang seharusnya kita supply untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Apa itu vitamin? Vitamin merupakan senyawa organik mengandung molekul kecil yang berperan penting dalam proses metabolism tubuh.

Vitamin mempunyai peran yang sangat penting untuk tubuh kita. Jika tubuh kita kekurangan vitamin, maka tubuh akan terasa lemas. Hal itu dikarenakan tubuh tidak mendapatkan nutrisi dari kandungan vitamin yang diperlukan. Jadi jangan sampai kita kekurangan kebutuhan vitamin. Perlu kita ketahui vitamin apa saja yang harus kita dapatkan untuk tubuh kita. Salah satu vitamin yang tak kalah penting untuk tubuh kita adalah vitamin K.

Apa itu vitamin K?

Dalam kehidupan sehari-hari vitamin K sering disebut Koagulasi. Vitamin K termasuk vitamin yang tak larut dalam air, ia hanya bias larut dalam lemak. Jenis vitamin ini memiliki sifat tahan panas, namun akan cepat rusak jika tercampur dengan asam, basa, dan sinar matahari. Peranan penting vitamin K adalah memberikan lebih kurang 80nutrisi yang diperlukan tubuh kita.

Apa fungsi vitamin K?

Fungsi vitamin K pada umumnya adalah membantu penyerapan zat kalsium yang kita dapat dari konsumsi makanan sehari-hari. Jadi vitamin ini sangat berperan penting dalam pembentukan tulang. Berikut beberapa manfaat vitamin K untuk tubuh kita:

  • Sebagai pengontrol pada saat proses pembekuan darah.
  • Mengurangi resiko osteoporosis dan pembengkokan pada tulang belakang.
  • Mengontrol kelebihan kalsium.
  • Mengobati diabetes.

Apa akibatnya jika kita kekurangan vitamin K?

Banyak efek negatif jika kita tak memenuhi kebutuhan vitamin K. Apa jadinya jika kita kekurangan vitamin K? Berikut gejala yang perlu kita ketahui jika kita kekurangan vitamin K:

  • Saat tubuh kita terluka, maka darah akan sulit membeku sehingga bias menyebabkan pendarahan.
  • Bagi kaum hawa, saat menstruasi maka darah akan banyak keluar, itu sebenarnya terjadi pendarahan ringan pada dinding rahim.
  • Jika tubuh kita terbentur benda tumpul maka tubuh akan mudah memar.
  • Sangat rentan terhadap patah tulang pada saat kita cedera.
  • Mudah terserang osteoporosis.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin K

Vitamin K bias kita peroleh melalui beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Misalnya terdapat pada sayur bayam, kol, asparagus, buah alpukat, dan masih banyak lagi. Namun, tak semua makanan yang memiliki vitamin K mudah kita dapatkan. Tak perlu khawatir, kita tak perlu kebingungan untuk mendapatkan asupan vitamin K. Misalnya saja bayam.

Bayam sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional, pasar modern, dan tukang sayur keliling. Sangat mudah bukan untuk mendapatkan bayam? Bayam sering kita manfaatkan daunnya sebagai bahan konsumsi. Bayam banyak mengandung vitamin K. Kandungan vitamin K setiap 100 gram bayam adalah 89 mcg. Wow, banyak bukan? Oleh sebab itu bayam baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K.

Namun, segala yang berlebihan pastinya tak akan baik bukan? Kandungan vitamin K pada bayam memang kita butuhkan. Namun tahukah Anda jika bayam juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan? Bayam tak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan bayam mengandung 57 gram purin setiap 100gramnya. Kandungan purin yang berlebihan membuat kadar asam urat dalam tubuh cepat meningkat.

Advertisement

Kelebihan mengkonsumsi bayam juga sangat berbahaya bukan. Bagi penderita asam urat saat kandungan asam uratnya meningkat maka akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian persendian. Tentu hal ini membuat penderita asam urat merasa sangat tersiksa. Oleh sebab itu kita juga tak boleh mengkonsumsi banyak bayam hanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada tubuh kita.

Banyak jalan yang bias kita dapatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada tubuh kita. Jadi kita harus pandai memilih konsumsi makanan yang mengandung vitamin K untuk tubuh kita. Banyak menu pilihan lain yang bisa kita konsumsi sebagai sumber vitamin K. Berikut beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin K:

1. Rempah-rempah
Selain mengandung vitamin C dan E rempah-rempah juga mengandung banyak vitamin K. Misalnya saja pada cabai rawit, bubuk kari, dan paprika.

2. Mentimun
Mentimun bisa memiliki banyak manfaat, termasuk dalam memenuhi kebutuhan vitamin K. Bagi dunia kecantikan, mentimun dimanfaatkan sebagai toner dan penyegar dengan membuatnya sebagai masker wajah alami.

3. Kubis
Kubis termasuk sayuran yang rendah kalori. Namun di dalam kubis terkandung vitamin K sebanyak 30 mg per porsi.

4. Daun Bawang
Setiap 100 lembar daun bawang mengandung 207 mg vitamin K. Sayuran ini biasanya banyak terdapat pada sup agar aromanya semakin harum. Daun bawang atau bawang daun juga terdapat pada martabak telor.

5. Asparagus
Asparagus juga memiliki manfaat sebagai sumber vitamin K. Di dalam 100 gram daun asparagus mengandung 144 mg vitamin K. Asparagus merupakan sayuran yang harganya cukup mahal, karena itu jarang ditemui di Indonesia.

6. Minyak Ikan
Selain mengandung omega 3, minyak ikan juga mengandung banyak vitamin K. Tidak banyak yang menyukai minyak ikan karena baunya amis dan rasanya aneh. Namun minyak yang juga mengandung vitamin D ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Selada
Di dalam 100 gram selada mengandung 128 mcg vitamin K. Seperti brokoli dan kubis, daun selada sangat akrab dengan masakan orang Indonesia terutama masakan sunda yang banyak menghidangkan lalapan mentah.

8. Bunga Kol
Kandungan vitamin K pada setiap 100 gram bunga kol adalah 125 mcg. Sayuran ini bentuknya hampir mirip dengan brokoli, namun warnanya lebih putih.

9. Brokoli
Kandungan vitamin K cukup banyak yaitu berkisar pada setiap 100 gram brokoli adalah 200 mcg. Brokoli dikenal dengan julukan super food, artinya makanan yang mengandung banyak nutrisi dan bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

10. Kacang Polong
Setiap 100gram kacang polong mengandung 5 mcg vitamin K. Memang tak banyak, namun kacang polong dapat digunakan sebagai menu variasi untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada tubuh kita.

11. Tomat
Sayuran yang bisa disebut juga buah-buahan ini bisa menyumbangkan 23 mcg vitamin K setiap satu cangkir jus tomat. Baca juga artikel mengenai manfaat buah tomat dan cara membuat masker tomat.

12. Seledri
Satu tangkai daun seledri mengandung 11 mcg vitamin K. Seledri biasa digunakan sebagai taburan dalam masakan berkuah untuk menambah aroma yang menggugah selera. Misalnya dalam sup atau kuah bakso. Ekstrak daun seledri juga dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut bayi.

13. Blueberry
Blueberry memang sulit didapatkan di Indonesia. Tapi perlu kita ketahui bahwa di dalam secangkir jus blueberry mengandung 28.5 mcg vitamin K.

Nah, daftar di atas adalah beberapa sumber vitamin K yang bisa kita dapatkan. Guna mencegah efek samping seperti halnya pada bayam yang sudah dijelaskan diastase, alangkah baiknya kita sering berganti-ganti menu untuk memenuhi kebutuhan vitamin K. Jangan biarkan tubuh anda kekurangan vitamin K. Karena jika tubuh kekurangan vitamin K menimbulkan berbagai resiko seperti yang telah dijelaskan di atas.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin K | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply