Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B9

sumber vitamn B9

Sayuran hijau merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin yang biasa dikenal dengan sebutan asam folat ini merupakan bagian dari B kompleks. Sama halnya seperti bagian B kompleks yang lainnya, vitamin B9 juga memiliki fungsi yang cukup penting bagi kesehatan tubuh. Misalnya menjaga kesehatan, membantu melancarkan metabolisme, dan sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil. Bayi yang ada di dalam kandungan memang harus mendapatkan asupan gizi, nutrisi dan vitamin yang seimbang serta mencukupi. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah folat, berfungsi untuk mencegah terjadinya bayi lahir cacat.

Makanan Sumber Vitamin B9 (Folat)

Folat atau vitamin B9 bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan yang ada di sekitar. Kekurangan vitamin yang satu ini memang dapat berakibat cukup serius seperti terjadinya beberapa penyakit, antara lain diare, rambut rontok, pendarahan tidak normal, kelelahan, anemia dan masih banyak lagi. Sedangkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda bisa mengkonsumsi 400 mcg folat per hari, berlaku bagi wanita atau pria dewasa. Berikut daftar makanan yang mengandung vitamin B9:

Roti dan sereal

Roti dan juga sereal merupakan salah satu makanan hasil olahan manusia. Beberapa produsen yang mengolah kedua makanan ini tidak jarang menambahkan vitamin B9 hingga mencapai kadar 100%, sehingga anda bisa menjadikan roti dan juga sereal kedalam stok di setiap menu sarapan anda. anda bisa mengkonsumsi nya secara bergantian dengan jadwal pada setiap pagi hari agar anda tidak cepat merasa bosan. Misalnya dalam satu minggu anda mengkonsumsi sereal selama kurang lebih 4 hari dan selebihnya anda mengkonsumsi roti, atau sebaliknya. Jangan lupa tambahkan segelas susu dalam setiap sarapan anda.

Jagung

Makanan yang sering menjadi favorit disaat musim penghujan ini juga merupakan salah satu sumber vitamin B9. Anda bisa memperoleh sekitar 76 mcg vitamin B9 dalam setiap satu cangkir jagung. Untuk mengkonsumsi jagung sendiri tidak dibutuhkan keahlian khusus, anda hanya perlu mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang (jangan sampai hangus). Atau bagi anda yang hobby memasak sup, jagung juga biasanya ditambahkan kedalam sup dan sayur asam sebagai pelengkap. Jagung sendiri sebenarnya merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, karena di dalamnya terkandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Seledri

Advertisement

Tentunya anda juga mengenal sumber vitamin B9 yang satu ini. Daun seledri sering kali ditemukan ketika menyantap bubur ayam, sayur sup bahkan biasanya juga digunakan sebagai topping pastry. Di dalam satu cangkir daun seledri terdapat sebanyak 34 mcg asam folat, jumlah tersebut setara dengan sekitar 8% dari kebutuhan vitamin B9 yang harus dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya.

Kacang hijau

Anda juga mendapatkan asupan vitamin B9 dari salah satu jenis kacang-kacang yang satu ini. Kacang Hijau, keluarga kacang-kacangan yang biasa diolah sebagai bubur ini mengandung sekitar 101 mcg asam folat dalam setiap satu cangkirnya. Jumlah tersebut merupakan yang sangat tinggi untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin B9 bagi tubuh anda. Dengan mencoba memasukkan bubur kacang hijau sebagai menu sarapan anda, dalam setiap harinya kebutuhan asam folat akan mudah untuk anda dapatkan.

Alpukat

Buah yang memiliki kulit buah yang hijau mencolok dengan daging buah berwarna sedikit kekuningan ini merupakan salah satu sumber asam folat yang berasal dari keluarga buah-buahan. Buah yang satu ini layak untuk anda konsumsi setiap hari, baik dimakan secara langsung (tanpa campuran), dijadikan sebagai jus atau sup buah. Apalagi sekarang ini sudah banyak ditemukan berbagai jenis olahan segar yang terdiri dari buah-buahan, salah satunya terdiri dari alpukat.

Di dalam alpukat terdapat kandungan asam folat mencapai 90 mcg atau setara 22% dari kebutuhan asupan vitamin B9 dalam tubuh setiap harinya. Agar lebih jelas, silahkan baca artikel tentang manfaat buah alpukat dan kandungan nutrisinya.

Sayuran hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin B9 tinggi yang banyak ditemui di Indonesia. Selain itu juga dikenal mengandung bagian vitamin B kompleks yang lainnya seperti B5, B6,B7,B12 dan yang lainnya. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, selada, lobak, sawi dan beberapa sayuran hijau lain akan membantu anda untuk mendapatkan asupan vitamin B9. Cukup dengan mengkonsumsi satu piring olahan sayur mayur berdaun hijau per hari, anda sudah dapat memenuhi sekian persen kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan yang sering muncul ketika membahas mengenai sumber gizi, baik vitamin maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan padat gizi yang juga mengandung vitamin B9 ini rasanya sangat lezat dan tentu saja bermanfaat tinggi. Cukup dengan mengkonsumsi satu cangkir asparagus sebagai olahan masakan, anda sudah bisa mendapatkan 262 mcg asam folat. Itu artinya anda sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin B9 tubuh anda sebesar 62%. Selain itu, asparagus juga terkenal kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin A, K, C dan mangan.

Demikian sumber vitamin B9 yang bisa anda konsumsi sebagai menu makanan anda setiap hari. Jadi, makanan mana yang akan anda jadikan pilihan utama? Semua makanan yang ada diatas seluruhnya baik bagi kesehatan dan mengandung vitamin B9 yang cukup tinggi. Tinggal bagaimana anda pintar mengatur menu agar tidak membosankan dan tentunya lebih seimbang.

Anda bisa mencoba resep-resep olahan masakan dari majalah, televisi atau dari situs internet yang menyediakan tips-tips pengolahan makanan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan rasa berbeda dengan tetap memperhatikan kandungan vitamin B9 yang terjaga. Bagi yang sedang menjalani diet, jangan lupa untuk mengolah makanan diatas dengan lebih vegetarian dan sehat. Semoga bermanfaat.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B9 | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply