Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B7

sumber vitamin B7

Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B7

Seperti halnya turunan dari vitamin B kompleks yang lainnya, vitamin B7 atau yang biasa disebut biotin juga mengandung sumber yang berasal dari makanan, baik itu dalam buah-buahan maupun sayuran. Vitamin yang berfungsi untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut, memelihara jaringan otot dan sangat bermanfaat dalam proses pembakaran lemak. Tentu saja akan lebih bermanfaat secara maksimal apabila dikonsumsi dengan cara yang benar pula.

Kebanyakan orang kurang mengetahui bahwa cara-cara mengkonsumsi seperti mengolah sayur secara salah mengakibatkan vitamin dan kandungan penting lainnya menjadi berkurang atau bahkan hilang sebenarnya. Untuk hal ini anda bisa menanyakan secara lebih jelas kepada parofesionalnya.

Makanan Sumber Vitamin B7

Selain berasal dari buah-buahan dan sayuran, masih banyak sumber makanan yang mengandung vitamin B7 tinggi. Dan disini kami sudah memilihkannya untuk Anda. Inilah daftar makanan yang mengandung vitamin B7:

Roti gandum

Roti adalah salah satu makanan yang terkenal sebagai pengganti nasi. Makanan yang diadaptasi dari Western ini sudah menjadi satu alternatif tersendiri bagi keluarga Indonesia. Kebanyakan orang menjadikannya sebagai sarapan, ditambah dengan selai atau susu. Namun ada yang lebih bermanfaat dibanding roti yang biasa, roti gandum.

Roti pada dasarnya memang terdiri dari gandum dengan campuran beberapa bahan lain. Akan tetapi roti yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang hampir keseluruhannya gandum (gandum dalam takaran cukup banyak) tentu lebih bermanfaat karena mengandung vitamin B7. Dalam setiap irisan roti gandum, anda bisa memperoleh 0.2 hingga 6 mcg vitamin B7.

Keju

Makanan yang sebenarnya berasal dari olahan susu ini adalah camilan yang sangat di favorit kan oleh masyarakat Amerika dan Eropa. Citarasa yang sedikit asin namun lezat pada keju ternyata mengandung sumber utama biotin. Selain itu, banyak manfaat lain yang juga diwariskan oleh keju bagi kesehatan tubuh. Dalam setiap satu ons keju cheddar, terkandung sebanyak 0.4 hingga 2 mcg vitamin B7. Jika anda senang sarapan dengan menggunakan roti, keju juga bisa dijadikan sebagai pengganti selai untuk memberikan rasa berbeda pada sarapan anda.

Susu sapi atau kambing

Mengkonsumsi susu sapi atau kambing yang masih segar dan diambil langsung dari peternakan mengandung vitamin B7 original yang cukup banyak. Selain itu, seperti yang sudah anda ketahui bahwa dengan mengkonsumsi susu maka tubuh akan mendapatkan kalsium. Dimana kalsium dalam susu berfungsi bagi kesehatan tulang dan bermacam gangguan lain. Susu sendiri sudah masuk sebagai salah satu menu wajib seperti yang sudah tercantum dalam daftar menu 4 sehat 5 sempurna.

Wortel

Advertisement

Makanan yang merupakan sumber dari vitamin B7 ini berasal dari tumbuhan (nabati). Makanan yang terkenal sebagai makanan favorit kelinci ini merupakan salah satu makanan yang menyimpan banyak manfaat. Sudah bukan rahasia lagi jika wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, terlebih wortel memang mengandung vitamin A tinggi. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B7 sebanyak 10.6 mcg dalam setiap satu cangkir. Wortel biasa dihidangkan sebagai sayur dengan didampingi bayam atau selada dan digunakan sebagai jus segar.

Ikan Salmon

Ikan yang satu ini memang namanya cukup populer dalam dunia sumber vitamin. Ikan yang mewakili beberapa ikan dengan jenis lain yang memiliki kandungan vitamin B kompleks tinggi, seperti vitamin B5, B6 dan B7. Mengkonsumsi sebanyak 3 ons ikan salmon setiap hari akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh, karena di dalamnya terdapat 4 hingga 5 mcg biotin yang tersembunyi.

Kuning telur

Kuning telur adalah sumber vitamin B7 terbanyak kedua, namun dalam mengkonsumsi nya lebih baik dipisah dengan bagian putih telur. Mengapa demikian? Karena putih telur justru akan mengganggu proses penyerapan biotin di dalam tubuh. Cukup masak kuning telur sewajarnya saja, jangan terlalu lama agar vitamin serta nutrisi yang ada di dalamnya tidak rusak dan menjadi hilang.

Tetapi jangan juga mengkonsumsi kuning telur dalam kondisi mentah. Hal tersebut sangat tidak disarankan, karena dalam kuning telur mentah terdapat bakteri salmonella yang sangat berbahaya. Selain biotin, tentu saja anda sudah tahu jika telur juga mengandung protein tinggi. Konsumsi telur dengan takaran seimbang dan sewajarnya untuk kesehatan tubuh anda.

Ragi

Jika pertama kali mendengar nama dari sumber biotin ini disebut memang terdengar sangat aneh dan mungkin sangat asing. Akan tetapi ragi memiliki kandungan vitamin B7 atau biotin yang tinggi. Ragi sendiri dapat ditemukan dalam bentuk bubuk dan juga serpih yang bisa anda tambahkan kedalam sereal, milkshake atau hidangan-hidangan panggang. Kandungan lain dari ragi adalah kromium yang sangat penting bagi penderita diabetes.

Kedelai

Kedelai merupakan bahan yang dijadikan sebagai bahan dasar dari berbagai macam olahan makanan di Indonesia. Misalnya dalam pembuatan kecap, tahu, susu kedelai dan yang paling populer adalah tempe. Di dalam setiap 100 gram kacang kedelai mengandung sekitar 60 mcg vitamin B7, angka yang cukup fantastis jika dibanding dengan beberapa sumber makanan yang lainnya. Akan tetapi, biotin tidak bisa didapatkan dari susu kedelai. Lebih baik mengganti susu kedelai dengan susu sapi atau kambing jika ingin mendapatkan asupan vitamin B7 dari susu.

Buah-buahan

Sumber yang paling banyak ditemukan di pasaran dan sangat mudah untuk didapatkan tentunya adalah buah-buahan. Jenis buah yang memiliki kandungan biotin cukup tinggi salah satunya adalah dari keluarga berry, yaitu strawberry. Selain itu anda juga bisa memperoleh asupan vitamin B7 dari beberapa buah-buahan yang lain seperti pisang dan alpukat.

Mengkonsumsi buah sebagai menu sehari-hari bukan saja akan membantu anda untuk mendapatkan asupan yang mencukupi untuk sumber biotin, akan tetapi buah juga terkenal sebagai antioksidan dan mengandung banyak vitamin lain.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B7 | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply