Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B6

sumber vitamin b6

Contoh makanan yang mengandung banyak vitamin B6

Vitamin B6 atau yang biasa disebut pyridoxine memilki peran yang cukup untuk proses-proses kimia secara alami yang terjadi dalam tubuh. Terutama berfungsi untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah, dimana darah bertugas penting untuk membawa serta mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin B6 juga bermanfaat untuk membantu sistem metabolisme tubuh, mengubah makanan yang masuk menjadi energi. Akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B6 juga tidak baik, karena bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada saraf dan juga lengan/kaki.

Makanan Sumber Vitamin B6

Oleh karena itu mengkonsumsi vitamin B6 juga harus dalam takaran yang seimbang dan sesuai. RDA (Recommended Dietry Allowance) vitamin B6 sendiri adalah sebanyak 400 mcg, baik untuk pria ataupun wanita. Berikut ini adalah sumber makanan yang mengandung vitamin B6:

Daging

Daging merupakan sumber penghasil vitamin B6 yang bisa didapatkan dari hewan, seperti ayam, sapi, kambing atau domba. Bagian hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia ini merupakan salah satu makanan yang digemari dan banyak mengandung sumber vitamin alami, salah satunya adalah vitamin B6. Namun dalam mengkonsumsi daging haruslah sangat diperhatikan dan dalam takaran yang seimbang, mengingat daging juga memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Sesuaikan menu 4 sehat 5 sempurna dimana ada daging sebagai lauk dan tetap menyertakan sayuran sebagai penyeimbang.

Ikan

Selain daging, ikan juga diketahui memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Beberapa jenis ikan yang mengandung vitamin B6 yang tinggi antara lain adalah ikan tuna, ikan salmon dan ikan cod. Di dalam ikan tuna seberat 4 ons terdapat kandungan 1.18 mcg vitamin B6, sedangkan pada salmon dengan berat 100 gram mengandung 0.94 mcg dan 100 gram ikan cod mengandung 0.462 mcg. Ikan-ikan tersebut tentunya bisa anda dapatkan di supermarket, pasar atau tukang sayur/ikan langganan. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi ikan yang masih dalam kondisi segar.

Kentang

Kentang mengandung vitamin B6 yang cukup banyak. Setiap olahan kentang yang dimasak atau dipanggang dapat ditemukan 0.54 mcg vitamin B6 dalam setiap buahnya. Sebagai warga yang tinggal di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan kentang. Selain biasa digunakan sebagai campuran atau pelengkap sayur seperti sup, rica-rica, sambal goreng dan lain sebagainya, kentang juga sangat populer di dunia bisnis makanan cepat saji. Biasanya kentang dihadirkan sebagai pelengkap dari makanan utama atau hanya sebagai camilan yang dimakan bersama sambal.

Baca juga artikel mengenai manfaat kentang untuk kesehatan serta cara membuat masker kentang untuk perawatan kecantikan wajah.

Bayam

Advertisement

Bayam merupakan salah satu nama sayuran yang memiliki kandungan vitamin B6 tinggi. Setiap 1 cangkir bayam mengandung sebanyak 0.44 mcg vitamin B6 yang baik untuk tubuh. Sayur yang banyak ditemukan di pasar-pasar Indonesia ini sangat berfungsi sebagai sumber anti-inflamasi, mengurangi kardiovaskular, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah anemia dan melawan sel-sel kanker. Dimana seperti yang anda tahu bahwa penyakit atau masalah-masalah kesehatan tersebut dapat berakibat fatal bagi tubuh. Lihat artikel tentang manfaat daun bayam.

Brokoli

Ada yang tidak menyukai brokoli? Sayang disayangkan sekali jika anda tidak menyukai jenis sayuran yang satu ini, karena di dalam brokoli sebenarnya terkandung vitamin B6. Setiap 1 cangkir brokoli mengandung 0.16 mcg vitamin B6. Brokoli sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak bagi tubuh, seperti membantu untuk melancarkan sembelit dan membantu untuk menurunkan kolesterol. Bagi mereka yang sedang menjalankan diet dengan hidup sehat, brokoli seringkali menjadi alternatif pilihan untuk mengganti sayur.

Paprika

Sayur yang memiliki bentuk menyerupai sebuah lonceng dengan rasa yang menyerupai cabai ini biasanya banyak digunakan dalam beberapa menu masakan. Paprika sendiri berfungsi sebagai anti oksidan, imunitas tubuh, anti bakteri, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu untuk menormalkan tekanannya. Untuk setiap 1 cangkir paprika sendiri mengandung sebanyak 0.27 mcg vitamin B6.

Asparagus

Asparagus memang masih belum begitu populer di kalangan masyarakat awam. Asparagus ini sendiri biasa dijadikan sebagai bermacam olahan masakan, seperti sup asparagus, sup kepiting asparagus, udang asparagus bumbu asam manis, orak-arik asparagus dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk fungsinya, asparagus memiliki peran penting sebagai anti penuaan, anti kanker, anti oksidan, dan sebagai deuretik alami. Dengan mengkonsumsi satu cangkir asparagus, anda sudah bisa mendapatkan vitamin B6 sebanyak 0.12 mcg.

Semangka

Buah dengan kulit tebal berwarna hijau dan daging berwarna merah ini nyatanya memiliki kandungan vitamin B6. Buah yang juga terkenal sebagai buah yang mengandung banyak air ini sangat mudah untuk ditemukan. Rasanya yang sedikit manis dan segar seringkali menjadi teman yang paling pas ketika menikmati siang hari yang terik.

Untuk memperoleh vitamin B6 yang ada di dalam semangka, tentunya tidak perlu repot karena tinggal mengkonsumsi nya seperti buah pada umumnya (baca: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan). Sangat segar dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan, karena bisa membantu tubuh untuk mengurangi dehidrasi.

Demikian beberapa contoh makanan yang mengandung cukup banyak vitamin B6. Masih banyak lagi makanan lain yang memiliki kandungan yang tidak kalah tinggi. Misalnya saja buah tomat atau alpukat, kacang-kacangan dan bijian, pisang dan lain sebagainya. Yang paling penting dalam mengkonsumsi vitamin harus dalam takaran yang seimbang dan tidak ada salahnya jika sesekali meminta saran atau arahan kepada profesional seperti dokter atau ahli gizi.

Hal tersebut berfungsi agar vitamin yang masuk kedalam tubuh anda dapat bermanfaat dan berfungsi dengan baik, sehingga tidak akan menimbulkan efek yang membahayakan tubuh. Imbangi dengan olahraga secara teratur dan biasakan untuk menjalani pola hidup yang sehat agar vitamin dalam tubuh bekerja secara lebih maksimal.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B6 | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply