Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B12

sumber vitamin b12

Kerang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi

Vitamin B12 atau kobalamin adalah vitamin yang berfungsi untuk menstabilkan sistem otak dan saraf serta membantu pembentukan sel darah merah. Selain fungsi tersebut, masih ada fungsi tersembunyi lainnya yakni melancarkan metabolisme dalam tubuh. Vitamin B12 juga bisa berfungsi seperti suplemen, jadi bila anda memakannya akan menambah tenaga anda. Vitamin B12 ini juga memiliki fungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa.

Selain fungsi, vitamin B12 ini memiliki banyak manfaat. Seperti memberi tenaga pada tubuh, menghilangkan rasa mengantuk saat beraktivitas, mengurangi stres dan memperbaiki sel yang rusak pada otak. Tak hanya itu saja, vitamin yang satu ini juga berfungsi untuk merawat sistem pencernaan, menyegarkan kulit serta menambah imun pada tubuh sehingga tubuh menjadi kebal terhadap penyakit berbahaya seperti kanker. Jika anda kekurangan vitamin ini, anda bisa terjangkit beberapa penyakit seperti anemia.

Makanan Sumber Vitamin b12 (Kobalamin)

Lalu dimanakah anda bisa menemukan sumber vitamin B12 yang baik untuk tubuh? Simak info nya berikut ini:

Remis

Remis adalah jenis kerang-kerangan yang dimanfaatkan dagingnya untuk dijadikan masakan yang lezat. Kerang ini bisa disajikan menjadi aneka masakan yang sehat asalkan dimasak dengan cara yang benar. Jika dalam sehari anda mengkonsumsi 3 ons remis ini, anda sudah bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 sebanyak 84,1 mcg.

Tak hanya mengandung vitamin B12 saja, remis juga mengandung kalium yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Meskipun remis hidup pada perairan yang kotor, uniknya hewan yang satu ini tidak mudah terkontaminasi dengan kotoran tersebut. Sehingga remis sangat layak dikonsumsi oleh manusia tanpa harus ada rasa khawatir.

Tiram

Tiram biasanya hanya terkenal karena kandungan gizinya yang kaya akan zat besi saja. Tapi ternyata keluarga kerang-kerangan yang satu ini juga kaya akan vitamin B12. Saat anda konsumsi enam buah tiram, anda sudah bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 sebanyak 16,4 mcg. Saat akan mengkonsumsi tiram, pastikan anda mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Ini dikarenakan tiram mudah sekali terkontaminasi oleh kotoran pada perairan. Sehingga jika tidak dicuci dengan benar bisa meracuni anda saat anda memakannya.

Tiram bisa dijadikan beberapa menu masakan yang lezat dan sangat menggoda nafsu makan anda. Selain dijadikan masakan, tiram juga diolah menjadi kecap yang berguna untuk menambah rasa dalam masakan anda.

Kerang

Advertisement

Kerang mengandung vitamin B12 yang tidak begitu tinggi, hanya 1,47 mcg saja dalam berat 4 ons. Namun karena perairan yang semakin kotor, kerang mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Ini dikarenakan kerang mudah sekali terkontaminasi oleh kotoran perairan terutama raksa. Kandungan raksa pada kerang ini sangat berbahaya apabila dimakan oleh manusia. Karena bisa mengendap dalam tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Jadi, karena faktor inilah kerang sudah mulai ditinggalkan oleh pencintanya.

Kepiting

Kepiting banyak sekali disukai oleh manusia terutama pecinta seafood. Masakan yang terbuat dari hewan ini begitu terasa gurih dan lezat sekali di lidah meskipun untuk memakannya anda perlu kesabaran khusus untuk membuka cangkangnya yang keras. Kepiting ini sangat lezat jika dijadikan sup ataupun di bumbui dengan mentega yang gurih. Selain enak kepiting ternyata memiliki kandungan B12 yang sangat tinggi. Dalam tiga ons kepiting, terdapat kandungan vitamin B12 sebanyak 9,8 mcg.

Tempe

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dari kacang kedelai lalu difermentasikan. Tempe tidak hanya kaya protein namun juga kaya akan vitamin B12. Vitamin B12 dalam tempe berasal dari bakteri yang membantu saat proses fermentasi. Di dalam tempe ditemukan kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi, yakni sebesar 19 mcg. Saat mengolahnya dengan cara digoreng, pastikan minyak yang digunakan bukan minyak bekas penggorengan sehingga tidak mengandung kolesterol.

Ikan salmon

Salmon adalah ikan yang banyak sekali ditemukan di kawasan Alaska. Ikan ini sangat terkenal akan gizinya yang tinggi. Dalam setengah daging salmon tanpa tulang, terdapat kandungan vitamin B12 sebanyak 9 mcg. Kandungan nutrisi yang tinggi inilah yang membuat banyak pakar gizi menyarankan seorang anak untuk mengkonsumsi daging ini karena sangat baik untuk perkembangan otaknya. Tak hanya itu, ikan salmon juga mengandung asam folat yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Telur

Telur adalah makanan favorit semua orang karena rasanya lezat dan mudah sekali untuk ditemukan. Biasanya telur yang dimanfaatkan oleh manusia adalah telur ayam dan telur bebek saja. Telur dikenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi yang baik sekali untuk perkembangan otak. Selain kandungan protein tinggi, telur ternyata juga mengandung kandungan B12. Dalam 100 gram telur ayam ternyata mengandung 1,95 mcg vitamin B12. Sedangkan dalam telur bebek terkandung 3,78 mcg vitamin B12 dalam ukuran 100 mcg. Untuk telur angsa sendiri, mengandung 7,34 mcg vitamin B12 dalam tiap 100 gram

Daging sapi

Daging sapi sering kali menjadi pilihan dibandingkan dengan daging kambing. Salah satu penyebabnya adalah kandungan vitamin B12 lebih tinggi dibandingkan kambing. Dalam tiga ons daging sapi, terkandung 70,7 mcg vitamin B12. Meskipun harganya lebih mahal, daging sapi tetap menjadi pilihan karena juga aman saat dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Daging sapi bisa dijadikan beragam olahan yang lezat. Saat mengolahnya, anda disarankan untuk tidak mengolah dengan menambahkan santan. Ini bertujuan untuk mengurangi lemak dalam masakan anda. Anda lebih disarankan untuk mengolah daging sapi menjadi sup karena lebih segar dan tidak mengandung banyak lemak.

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin B12 | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply