Makanan untuk Penderita Kolesterol dan Pantangannya

jus tomat untuk penderita kolesterol

Tomat buah yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi.

Kenali Makanan untuk Penderita Kolesterol dan Pantangannya Berikut Ini!

Dalam tubuh, kolesterol ada dua yakni lemak lunak baik dan jahat. Seseorang yang menderita kolesterol ialah pihak yang memiliki kadar lemak lunak jahat lebih tinggi. Akibatnya, memicu permasalahan pada tubuh entah itu dalam kategori ringan maupun berat. Penyakit satu ini besar pengaruhnya karena pola makan yang kurang sehat dan untuk mengatasinya perlu mengontrol menu bersangkutan. Telah ada pula kategori dari makanan untuk penderita kolesterol yang aman untuk dikonsumsi sekaligus yang menjadi bagian dari menu pantangan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Serangan kolesterol jahat pada tubuh dapat terjadi kapan saja dan tanpa mengenal status gender. Dimana, faktor pemicu dari datangnya lemak lunak jahat tersebut dikarenakan oleh banyak hal, yang antara lain ialah sebagai berikut:

  • Adanya obesitas atau berat badan yang over dari standard. Keadaan tersebut lebih berpeluang untuk diserang lemak lunak jahat.
  • Menu makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol jahat. Seperti contohnya dengan makanan ringan, daging, dan lainnya.
  • Merokok, yang mana di dalam rokok ada komposisi kimia berbahaya bagi tubuh yang beresiko mengurangi lemak lunak baik dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit maupun banyak.
  • Konsumsi obat-obatan kimia dalam jumlah lebih tanpa tahu kadar seimbang nya.
  • Faktor genetika yang diwariskan oleh orangtua, terutama dari pihak ayah.
  • Faktor gender, yang mana pihak pria lebih besar terserang oleh lemak lunak jahat dibandingkan kaum hawa.

Akan ada suatu sebab yang menjadikan lemak lunak jahat dalam tubuh seseorang berada di ambang batas. Akibatnya, penyakit berbahaya satu ini tak bisa dihindarkan dan sebagai tindak lanjutnya, diperlukan adanya pemeriksaan kolesterol melalui sample darah. Dalam hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan seperti berikut:

  • Kadar kolesterol normal secara total adalah 5 mmol/L.
  • Kadar kolesterol jahat atau LDL rata-rata ialah 3 mmol/L.
  • Kadar kolesterol baik paling ideal ialah di atas 1 mmol/L.

Melalui pemeriksaan lah, kondisi lemak lunak jahat tubuh dapat dideteksi dalam hasil yang valid. Di samping itu, proses pengecekan juga terbilang cepat dan mudah yakni menggunakan darah pihak bersangkutan. Setitik kecil pada ujung jemari tangan sudah cukup dan proses ini dapat dimulai setidaknya selepas 10 jam dari waktu makan. Perihal tersebut dimaksudkan untuk memperoleh hasil cek yang lebih valid.

Pantangan Makanan Penderita Kolesterol

Saat dinyatakan positif menderita kolesterol, tentu penderita harus sadar diri untuk tak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan maupun minumannya. Terdapat menu pantangan yang wajib dihindari, antara lain ialah sebagai berikut:

  • Menu yang mengandung banyak lemak, seperti semur, gorengan, dan lainnya.
  • Minuman beralkohol.
  • Telur puyuh.
  • Telur ayam, terutama bagian kuningnya.
  • Jeran kambing, ayam maupun sapi.
  • Cumi-cumi dan kepiting.

Menghindari menu pantangan adalah salah satu upaya dalam meminimalisir terjadinya resiko lemak lunak jahat pada tubuh. Tak perlu cemas, di balik menu larangan tersebut terdapat makanan beserta minuman yang aman untuk dikonsumsi tanpa beresiko menambah bahaya atas adanya lemak lunak dalam tubuh.

Advertisement

Makanan untuk Penderita Kolesterol

Menu aman dan baik bagi penderita kolesterol itupun tidaklah pahit, melainkan enak. Jadinya bisa dikonsumsi secara teratur dan secukupnya saja. Adapun macam-macam menu penurun sekaligus aman bagi penderita lemak lunak ialah:

Buah Apel

Adalah salah satu makanan untuk penderita kolesterol yang paling efektif, karena mempunyai kandungan serat yang mudah larut dan tak larut. Serat tersebut akan bekerja dalam menurunkan lemak lunak jahat secara berangsur-angsur. Tak hanya itu saja, Apel juga menjadi menu pencegah penyakit Jantung dan stroke. Pastinya dapat dipilih sebagai menu penutup wajib yang tak terlewatkan begitu saja. (Baca juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan).

Beras merah

Menu makanan yang merupakan saudara dari beras putih ini cukup jarang ditemui. Sekalipun begitu, bukan berarti beras warna merah punah. Keberadaannya dapat Anda temui di toko khusus ataupun melakukan pemesanan terlebih dahulu. Mengkonsumsi beras merah sangat bagus untuk menurunkan sekaligus mengontrol kadar lemak lunak jahat di dalam tubuh. Bagi penderita yang juga gemuk ataupun mengalami obesitas, beras merah ini dapat membantu penurunan berat badan pula. Dapat disimpulkan sebagai menu berkarbohidrat tanpa menambah bobot melainkan mendukung pengurangan berat badan itu sendiri. (Baca juga: Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan).

Sereal gandum

Sereal pada Gandum mempunyai kandungan beta-glucan yang nantinya akan bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Di tambah dengan serat yang ada turut menurunkan kandungan lemak lunak jahat pada tubuh, begitu pula pada kadar gula dalam darah yang meninggi. Sereal Gandum merupakan menu berkarbohidrat yang aman untuk penderita kolesterol tanpa memicu adanya penambahan bobot. (Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat).

Ikan Salmon

Ikan Salmon kaya akan omega 3, yang mana kandungan tersebut bekerja dalam menurunkan dan mengatur keseimbangan skala kolesterol jahat dan juga trigeliserida. Bahkan nantinya, lemak lunak baik dalam tubuh turut meningkat dan mengalahkan lemak jahat. Sebagai menu makanan dengan kolesterol baik, kinerja dari Ikan ini sangat baik untuk diet sehat. Lebih-lebih untuk penderita yang mengalami berat badan di atas rata-rata. Di tambah rasanya yang enak, Ikan Salmon memang makanan yang memberikan nutrisi bagus bagi tubuh. (Baca juga: Makanan untuk Penderita Darah Tinggi).

Sayur Buncis

Sebagai salah satu sayuran hijau, Buncis adalah sayur yang mempunyai resistensi pada insulin dari sumber karbohidrat yang dimiliki. Jenis sayur inipun dapat dijadikan sebagai menu masakan tumis maupun soup. Kendati demikian, makanan untuk penderita kolesterol satu ini juga berasa enak dan dapat diolah dengan beberapa varian menu. Sangat pas untuk penderita yang ingin menyantap berbagai menu baik bagi tubuh di setiap harinya. Maka, sayur dari Buncis adalah salah satu dari menu tersebut. (Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi).

Jus Penurun Kolesterol

Selain daftar makanan di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Terutama dari jenis sayuran dan buah-buahan. Aneka jus buah juga sangat efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Terutama buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti jus tomat, jus apel, jus pepaya dan sebagainya.

Baca Juga: Menu Sahur Sehat Selama Ramadhan >>

Makanan untuk Penderita Kolesterol dan Pantangannya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply