13 Makanan untuk Penderita Diabetes Serta Pantangannya

Makanan untuk penderita diabetes

Contoh beberapa jenis makanan yang bagus untuk penderita diabetes.

Manfaatnyasehat.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit pembunuh yang ditakuti oleh banyak orang. Sebab diabetes ternyata mampu mendatangkan berbagai macam penyakit komplikasi dalam tubuh. Diabetes tidak hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia saja. Akan tetapi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan juga bisa mengalaminya. Salah satu faktor penyebab diabetes tentu saja kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat. Selain faktor tersebut, diabetes juga bisa terjadi karena faktor keturunan dan gaya hidup serta pola makan yang kurang sehat. Dan bisa juga karena mengkonsumsi pantangan makanan untuk penderita diabetes berlebihan.

Makanan untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, harus benar-benar selektif dalam mengkonsumsi makanan. Sebab, jika sembarangan, bisa jadi akan memperparah kendisi gula darah Anda. Nah, di bawah ini kami sudah merangkum beberapa contoh makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jus buah

Jus buah sangat disarankan untuk Anda konsumsi. Memang rasanya manis, akan tetapi rasa manis yang diciptakan dari buah ini merupakan alami. Sehingga sangat bagus bagi penderita diabetes. Akan tetapi sebaiknya Anda konsumsi jus buah tanpa menambahkan gula tebu. Karena menambahkan gula tebu tentu akan meningkatkan kadar gula didalamnya. Selain itu sebelum mulai mengkonsumsi jus buah, ada baiknya Anda konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Sebab tak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Oat

Karena nasi mengandung kadar karbohidrat yang tinggi, mungkin sebaiknya mulai dari sekarang Anda konsumsi saja oat. Oat merupakan gandum utuh yang mengandung gula rendah akan tetapi tinggi akan serat. Oat justru lebih cepat membuat Anda kenyang dibandingkan dengan nasi. Cara mengkonsumsi oatmeal juga hampir sama dengan mengkonsumsi nasi. Tapi jika Anda ingin varian yang lebih menarik, tak ada salahnya untuk mengolahnya menjadi suatu sereal yang kaya gizi.

Ikan

Daripada Anda mengkonsumsi daging unggas, lebih baik Anda konsumsi saja ikan. Tentunya yang diolah dengan cara sehat. Jika memang diolah dengan cara menggoreng, pastikan hanya menggunakan minyak goreng yang masih bersih. Usahakan tidak mengolah ikan dengan santan, karena cara tersebut sama saja meningkatkan kolesterol pada olahan ikan. Ikan tak hanya baik untuk penderita diabetes saja. Akan tetapi juga mengandung protein baik yang bisa mencegah timbulnya komplikasi dan penyakit stroke pada diri Anda.

Selain beberapa makanan diatas, ada juga makanan lainnya yang bagus sekali dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Antara lain:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang mengandung kolesterol lebih rendah dan cocok sekali dijadikan sebagai bahan untuk menggoreng makanan.

Advertisement

2. Ubi Jalar

Ubi jalar juga bagus dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain itu ubi jalar juga lebih cepat dalam memproses glukosa yang ada dalam darah.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari ternyata juga bagus untuk Anda konsumsi. Sebab dalam kacang kenari mengandung lemak jenuh yang sangat rendah dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Brokoli

Brokoli juga cocok untuk Anda konsumsi karena merupakan anti oksidan. Selain itu brokoli juga mampu mengendalikan kadar gula dalam tubuh Anda.

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Selain mengetahui makanan untuk penderita diabetes yang diperbolehkan, Anda harusnya juga mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan. Jangan sampai Anda tidak mengetahui dan justru mengkonsumsi makanan pantangan berlebihan. Hal ini bisa memicu penyakit diabetes Anda menjadi kambuh. Apa sajakah makanan yang menjadi pemicu diabetes pada diri Anda? Langsung saja baca pada ulasan berikut ini.

Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng tentu saja sangat enak. Selain rasanya yang gurih, tekstur makanan yang digoreng juga crispy. Tapi tahukah Anda jika makanan yang diolah dengan cara digoreng justru bisa memperparah penyakit diabetes yang Anda derita? Makanan yang digoreng mengandung kadar lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Sehingga bisa memicu kambuhnya penyakit diabetes. Jika memang suka dengan gorengan, gorenglah dengan minyak olive dan jangan gunakan minyak goreng bekas.

Alkohol

Alkohol juga menjadi pemicu penyakit diabetes. Bagaimana tidak, alkohol mengandung gula yang kadarnya sangat tinggi. Jika Anda mengkonsumsinya, tentu saja dengan memicu kematian akibat diabetes. Selain itu sudah sejak lama dikatakan jika alkohol tidak baik untuk kesehatan. Dampak mengkonsumsi alkohol secara terus menerus selain diabetes adalah kanker hati. Jadi mulai sekarang ada baiknya Anda tinggalkan konsumsi alkohol untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Makanan cepat saji

Jika Anda tidak ingin repot dalam mengolah makanan, biasanya jalan keluarnya adalah dengan memesan makanan cepat saji. Memang rasanya sangat enak dan bisa dihidangkan dalam waktu yang singkat. Akan tetapi tahukah Anda jika makanan cepat saji mengandung beberapa zat yang tak baik untuk penderita diabetes? Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam makanan cepat saji:

  1. Gula sudah mesti bisa dengan mudah dijumpai pada makanan cepat saji. Kadarnya juga bisa tinggi dan bisa memicu diabetes untuk kambuh. Gula ini bisa ditemukan pada soda yang tersaji pada restoran fast food.
  2. Garam juga sudah pasti terkandung pada makanan cepat saji. Makanan yang terlalu banyak mengandung garam ini ternyata bisa memicu komplikasi darah tinggi pada penderita diabetes. Garam yang tinggi ini biasa ditemukan pada makanan yang disajikan.
  3. Kolesterol sudah pasti pada makanan cepat saji yang Anda konsumsi. Bagaimana tidak, hampir seluruh makanan cepat saji yang Anda konsumsi diolah dengan cara digoreng. Jadi secara otomatis dapat memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Kolesterol itulah yang bisa memicu komplikasi penyakit berbahaya lainnya.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes, Anda juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat. Rajib berolah raga adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan. Tak perlu olahraga yang berat. Cukup dengan jogging saja Anda sudah bisa membakar sedikit lemak yang terkandung dalam tubuh. Jika membakar lemak sedikit demi sedikit tentu bisa mengurangi resiko diabetes yang mungkin saja bisa terjadi kepada Anda.

Baca Selanjutnya:

14 Makanan Sumber Nutrisi Kulit >>

13 Makanan untuk Penderita Diabetes Serta Pantangannya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply