Makanan untuk Penderita Asam Urat dan Pantangannya

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Mengenal Makanan untuk Penderita Asam Urat Beserta Pantangannya

Asam urat adalah salah satu penyakit yang patut di waspadai. Sebab asam urat ini ternyata menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Asam urat pada umumnya menyerang manusia yang sudah lanjut usia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang Anda yang masih muda. Gaya hidup yang salah menjadi faktor yang membuat asam urat ini bisa timbul. Pencegahan asam urat sejak dini tentu saja wajib dilakukan. Akan tetapi jika Anda sudah terserang asam urat, sebaiknya jangan menyerah terlebih dahulu dan lebih baik segera ubah gaya hidup yang Anda miliki.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengubah gaya hidup yang pertama tentu saja mengkonsumsi makanan untuk penderita asam urat yang sehat. Apa sajakah makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat?

Jeruk nipis

Jeruk nipis memang memiliki rasa yang sangat masam. Akan tetapi dibalik rasa masamnya tersebut, jeruk nipis justru bisa membantu Anda dalam meredakan asam urat. Hal ini karena jerutk nipis mengandung asam sitrat. Asam inilah yang membantu Anda untuk menurunkan kadar penyakit asam urat. Agar bisa memperoleh manfaat dari jeruk nipis ini cukup mudah. Pertama Anda cukup memeras jeruk nipis dan menjadikannya minuman. Dengan mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari, maka asam urat dalam tubuh bisa menjadi berkurang. Bagi Anda yang memiliki penyakit maag lebih baik konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Buah Apel

Selain jeruk nipis ada juga apel yang memiliki fungsi untuk menetralkan kadar asam urat yang tinggi pada tubuh. Apel bisa menjadi penurun kadar asam dalam tubuh karena mengandung asam malat. Jika Anda sudah menderita asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi apel seusai makan. Entah dengan cara memakannya selagi segar atau bisa juga dijadikan sebagai jus. Selain mengandung asam malat, apel juga mengandung kadar anti oksidan tinggi yang mampu mengusir racun pada tubuh.

Makanan yang Mengandung Serat

Makanan kaya akan serat tidak hanya bisa membuat Anda cepat kenyang saja. Akan tetapi ternyata juga bisa membantu Anda untuk mengatasi asam urat. Wajar saja serta mampu menyerap asam urat dalam tubuh lebih bagus dan lebih maksimal. Setelah itu kadar asam terserap dan dikeluarkan melalui ginjal. Beberapa makanan untuk penderita asam urat yang mengandung serat adalah oats, pir, brokoli, wortel dan sebagainya.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Bukan hanya memperhatikan makanan yang diperbolehkan saja. Para penderita asam urat juga mesti mengetahui makanan apa saja yang tidak diperbolehkan. Jika melanggar dan mengkonsumsi makanan pantangan tentu saja bisa memperparah penyakit asam urat yang diderita.

Advertisement

Lalu makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi para penderita asam urat? Beberapa makanan yang menjadi pantangan dan mesti dihindari oleh penderita asam urat adalah sebagai berikut:

Daging kambing, aneka jerohan dan gajih.

Makanan tersebut mengandung kadar lemak yang tinggi dan tentu saja sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Semua jenis makanan tersebut sangat tinggi kandungan purinnya yang merupakan penyebab utama asam urat. Ini merupakan makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam urat.

Buah Melinjo dan Olahannya.

Buah melinjo juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi. Entah yang masih berbentuk buah ataupun yang sudah berbentuk menjadi makanan emping.

Makanan Olahan.

Aneka daging dan makanan kemasan juga mesti dihindari oleh para penderita asam urat. Karena makanan tersebut mengandung kadar garam sangat tinggi.

Sayuran Tinggi Purin.

Bayam, kangkung, sawi dan beberapa sayuran hijau lainnya juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebab di dalam sayuran tersebut terkandung beberapa zat purin yang memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

Selain makanan Anda juga harus rutin memeriksakan diri ke dokter. Sehingga kadar asam urat dalam tubuh bisa diketahui. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi obat secara rutin. Mengkonsumsi obat tentu saja bisa membantu penyembuhan penyakit asam urat yang Anda derita. Tapi mengkonsumsi obat saja tentu tak cukup dan harus diselingi dengan gaya hidup yang sehat. Bagaimanakah gaya hidup sehat yang mesti dilakukan oleh seorang penderita asam urat?

Gaya hidup yang mestinya diterapkan oleh penderita asam urat adalah sebagai berikut ini:

  1. Hentikan mengkonsumsi alkohol maupun rokok. Sebab didalamnya terkandung banyak sekali racun.
  2. Rajin berolah raga juga membantu kadar asam urat menjadi merendah.
  3. Makanlah makanan yang sehat dan sesuai dengan porsi untuk menghindari obesitas pada tubuh.
  4. Perbanyak mengkonsumsi air putih juga sangat dianjurkan agar penyakit dan aneka kotoran dalam tubuh bisa luntur.

Upaya pencegahan hendaknya juga mesti Anda lakukan bagi yang belum terserang asam urat. Cara pencegahan tentunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi aneka pantangan asam urat juga tak masalah bagi Anda yang masih sehat. Akan tetapi tetaplah sesuaikan dengan porsi ideal dan tentu saja jangan melebihi. Menghindari konsumsi makanan cepat saji juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat. Meskipun Anda belum terjangkit penyakit asam urat, tentu akan baik sekali jika rutin melakukan check up. Jadi semisal kadar asam urat mulai tak wajar bisa diatasi sejak dini.

Asam urat memang penyakit yang bisa menjangkit siapa saja. Baik pria ataupun wanita bahkan juga tidak mengenal usia. Tapi tentu saja penyakit ini bisa dicegah. Cara pencegahan asam urat tentu seperti yang telah disebutkan diatas, yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mengkonsumsi makanan yang diperbolehkan bagi penderita asam urat juga mesti Anda lakukan. Namun jangan lupa untuk menghindari makanan pantangannya. Demikian informasi seputar makanan untuk penderita asam urat dan semoga bisa memberikan Anda informasi yang sangat bermanfaat.

Baca Selanjutnya:

14 Makanan Sumber Nutrisi untuk Kulit

Makanan untuk Penderita Asam Urat dan Pantangannya | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply