Makanan untuk Kesehatan Kulit yang Mudah Didapat

makanan untuk kesehatan kulit

Ikan laut dan kerang, makanan yang baik untuk kesehatan kulit

Makanan untuk Kesehatan Kulit di Sekitar Anda – Kesehatan adalah hal paling penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. Namun seringkali kita hanya memperhatikan kesehatan bagian-bagian tubuh yang menonjol seperti jantung, hati, ginjal dan yang lainnya. Seringkali kita mengabaikan kesehatan bagian tubuh yang lain seperti kulit. Padahal kulit juga seperti halnya bagian tubuh lain memerlukan asupan gizi agar kulit anda tetap sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda:

Ikan laut dan kerang

Sebagan besar dari kita tentu sudah mengetahui manfaat makanan laut bagi kesehatan tubuh. Namun kaitannya dengan kesehatan kulit, ikan laut dan kerang paling dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan omega 3 yang tinggi serta zinc pada ikan dan kerang dapat mengobati kulit yang kering dan menghambat penuaan serta dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan sel kulit mati. Kulit yang halus dan lembut akan anda dapatkan jika rajin memakan ikan laut dan kerang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga tidak kalah penting bagi kesehatan kulit. Tidak seperti ikan laut atau kerang, kacang-kacangan sangat mudah didapatkan di pasar-pasar. Kandungan pada kacang-kacangan pun tidak dapat dianggap remeh. Antioksidan dan vitamin E dalam kacang-kacangan sangat membantu untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga vitamin E pada kacang-kacangan dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet serta menjaga kelembaban kulit.

Advertisement

Sayur-sayuran

Pada dasarnya apa yang baik untuk tubuh kita juga baik untuk kulit. Sayur-sayuran adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga sel kulit dan menghambat tanda-tanda penuaan. Lebih khusus lagi sayur-sayuran berwarna hijau dan merah. Sayuran berwarna merah atau orange seperti wortel dan kentang mengandung betakarotin yang selanjutnya dikonversi menjadi vit A oleh tubuh kita. Vit A inilah yang berfungsi melahirkan sel kulit baru dan membuang sel kulit mati.

Gandum

Biji-bijian terutama jagung juga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar kesehatan kulit tetap terjaga. Gandum seringkali digunakan untuk diet karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu gandum juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga menghambat penuaan. Vit B dan bioin yang terdapat dalam gandum membantu melembabkan kulit. Karena jika tubuh anda kekurangan biotin, kulit anda akan kering dan pecah-pecah.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan minyak zaitun juga baik untuk rambut dan kuku. Minyak zaitun mengandung lemak baik dan vitamin E serta vitmin A yang baik untuk kulit. Kandungannya membuat kulit menjadi awet muda dan membuat kulit lebih halus. Sangat disarankan memilih minyak zaitun yang belum diproses secara kimiawi atau sering dikenal dengan virgin olive oil.

Teh

Banyak dari masyarakat indonesia menikmati teh atau kopi pada pagi hari. Keduanya bagus bagi anda, namun untuk kopi sebaiknya jangan diminum terlalu sering. Karena minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat merusak vitamin dalam tubuh anda. Sebaliknya teh sangat dianjurkan untuk anda konsumsi, terlebih teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan EGCG-antioksidan super yang sangat baik untuk kulit karena dapat mengembalikan kesehatan kulit peradangan atau kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari dan juga dapat menghambat tanda-tanda penuaan dalam tubuh kita.

Oke, itua dia beberapa makanan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Semoga bermanfaat!

Makanan untuk Kesehatan Kulit yang Mudah Didapat | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply