17 Makanan untuk Penderita Darah Rendah (Hipotensi)

makanan untuk penderita darah rendah (hipotensi)

Jus buah merupakan makanan yang bagus untuk penderita darah rendah alias hipotensi.

Manfaatnyasehat.com – Darah rendah atau hipotensi berbeda dengan anemia alias kurang darah. Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah keadaan dimana tekanan darah Anda lebih rendah dari tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg. Penyakit ini ditandai dngan sering pusing dan keringat dingin, mudah merasakan kantu dan sering menguap. Mata sering terasa berkunang-kunang dan penglihatan kurang jelas terutama setelah duduk lama lalu berjalan. Mudah kelelahan dan tak bertenaga bahkan sering mengalami pingsan. Wajah terlihat pucat karena suplai darah ke seluruh jaringan tubuh tidak maksimal. Sedangkan anemia adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki sel-sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang memadai ke setiap organ dan jaringan tubuhnya. Gejalanya bervariasi, mulai dari kelelahan, muka pucat, jantung berdetak cepat tapi tak beraturan, sesak napas, nyeri dada, pening, gangguan kognitif, hingga tangan terasa dingin, begitu pula dengan kaki serta sakit kepala.

Tekanan darah rendah merupakan gangguan yang sebenarnya bisa menyerang siapa saja yang tidak bisa menjaga kesehatan mereka tidak terkecuali anak kecil. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk selalu memperhatikan sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan darah rendah ini. Penyakit atau gangguan ini bisa juga disebabkan karena adanya factor keturunan pada seseorang yang orang tuanya memiliki riwayat ini. Selain itu darah rendah juga bisa disebabkan karena kelelahan, sehingga seseorang akan merasa tubuh mereka lelah. Makanan untuk darah rendah juga merupakan salah satu solusi baik untuk menjaga pola kesehatan ini.

Memang jika merasa mengalami darah rendah ini bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk bisa mengetahui apa cara terbaik untuk mengatasinya. Biasanya dokter akan memberikan sejumlah pengobatan yang cocok untuk kita dan juga dokter biasanya juga akan menyarankan beberapa makanan yang memang sesuai dengan kebutuhan kita ini. Makanan ini juga pastinya sehat dan baik untuk organ tubuh kita yang lainnya. Mengalami darah rendah memang tidak nyaman karena kepala juga akan sering merasakan pusing dan membuat aktivitas jadi tidak nyaman.

Makanan untuk Penderita Darah Rendah (Hipotensi)

Ada beberapa makanan penambah darah yang bisa dicoba bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan ini. Berikut ini adalah beberapa makanan tersebut antara lain:

Raisin atau Kismis

Raisin atau kita kenal sebagai kismis adalah buah anggur yang sudah dikeringkan. Kismis ini biasanya digunakan untuk campuran makanan lain seperti toping atau garnish. Meski terlihat sepele karena bentuknya yang kecil-kecil, ternyata kismis ini punya manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat menstabilkan tekanan darah. Anda bisa membeli kismis di toko-toko swalayan dan mengkonsumsinya sebagai camilan atau sebagai toping. Saya sendiri biasa mencampurnya bersama oatmeal.

Buah strawberry

Makanan buah ini memang dipercaya bisa memperkaya tekanan darah dalam tubuh kita dengan cepat dan pastinya akan stabil. Jika tidak suka mengkonsumsi buah ini secara langsung maka kita bisa mengkonsumsi dengan cara di jus. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan. Silahkan baca artikel mengenai manfaat buah strawberry.

Susu dan Almond

Perpaduan susu dan kacang almond merupakan salah satu cara tradisional dalam mengatasi tekanan darah rendah pada pasien Hipotensi. Rendam 4 – 5 almond dalam air semalam, lepaskan kulit keesokan harinya dan membuat pasta halus. Tambahkan pasta ini ke dalam satu cangkir susu panas dan minum setiap pagi selama beberapa minggu untuk mengobati tekanan darah rendah Anda.

Hati ayam

Ini juga merupakan makanan yang dipercaya akan sangat cepat sekali meningkatkan tekanan darah. Pada hati ini memang terdapat banyak sekali zat besi yang bisa memompa dan juga memacu tekanan darah.

Jus Wortel

Beberapa penelitian menemukan jus wortel dapat meningkatkan sirkulasi darah dan secara bersamaan mengatur tingkat tekanan darah Anda. Tambahkan dua sendok makan madu untuk segelas jus wortel. Minum pada saat perut anda kosong, dua kali sehari (pagi dan malam) untuk hasil yang lebih baik.

Daging ayam

Pada ayam pastinya terdapat protein yang tinggi salah satunya adalah protein hewani yang sangat baik sekali untuk tubuh kita. Jangan ragu karena memang makanan ini akan lebih sehat dan juga akan lebih menarik pastinya.

Advertisement

Jus Lemon

Jus lemon sangat efektif untuk mengobati tekanan darah rendah disebabkan karena dehidrasi. Antioksidan yang hadir di dalamnya berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah. Jika Anda merasa lelah atau lemas karena menurunnya tingkat tekanan darah, minum segelas jus lemon dicampur dengan sedikit gula dan garam untuk mengontrol tekanan darah Anda.

Ikan

Ini merupakan makanan yang mengandung banyak sekali omega-3 yang akan membuat tubuh kita jadi lebih sehat. Serta akan membuat kita jadi lebih bisa memacu tekanan darah pada tubuh kita. Lebih tepatnya menstabilkan tekanan darah.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah bersama dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Anda dapat makan bawang putih mentah (2 siung) 1 jam sebelum tidur atau dapat menambahkannya ke menu makanan Anda.

Selain beberapa makanan untuk darah rendah sebenarnya juga ada beberapa minuman yang bisa membantu dalam memacu tekanan darah kita agar bisa lebih stabil. Berikut ini adalah beberapa minuman tersebut antara lain:

Aneka jus buah

Jus segar yang terbuat dari buah-buahan memang santapan yang sangat sehat. Di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, jus buah-buahan juga mengandung antioksidan yang

Makanan yang mengandung kafein

Memang ini terkenal bisa meningkatkan tekanan darah kita dengan cepat. Waktu yang baik untuk mengkonsumsinya adalah pada malam hari. Karena pada waktu ini juga kita akan dipacu untuk bisa bekerja dengan lebih keras dalam memproses kafein ini. Beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi antara lain kopi, cokelat, dan teh.

Alcohol

Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya alcohol juga bisa membuat tekanan darah jadi lebih baik. Karena memang ada kandungan alcohol yang baik untuk kesehatan kita. Namun hendaknya alkohol ini dijadikan opsi terakhir saja. Karena masih banyak makanan dan minuman yang pastinya lebih bagus untuk kesehatan.

Jika memperhatikan beberapa makanan ini maka pastinya kita akan merasakan makanan yang memang cocok dengan kebutuhan kita. Jadi ada baiknya juga kita mengolah makanan ini dengan sehat agar kita juga bisa mengontrol tekanan darah kita. Mengkonsumsi air putih yang banyak juga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Dan tekanan darah akan kembali normal seperti biasa serta tidak akan mengalami anemia lagi. Pada saat tekanan darah menurun maka segera konsumsi air putih ini.

Pada saat mencari makanan yang cocok untuk penderita anemia ini, maka kita bisa melihat beberapa zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Berikut ini adalah zat yang diperlukan antara lain:

  1. Karbohidrat, pastinya kita akan membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu kita bisa mengkonsumsi mie dan juga nasi yang mengandung banyak sekali karbohidrat.
  2. Protein, salah satu jenis protein yang dibutuhkan adalah protein hewani yang sehat sekali untuk tubuh kita. Dan akan memacu kerja jantung untuk memompa darah.
  3. Serat, tubuh juga akan membutuhkan serat yang akan membuat pencernaan jadi lebih sehat dan lancar.

Jika sudah tahu beberapa hal yang membuat kita mengalami darah rendah maka kita bisa mencari mana makanan yang baik. Mengolah makanan dengan baik juga akan membuat darah rendah kita menjadi lebih teratasi. Pastinya kita bisa lebih merebus makanan untuk bisa merasakan makanan yang enak dan juga makanan yang lebih terjaga kualitasnya.

Garam Bagus untuk Hipotensi

Bagi yang mengalami darah rendah juga bisa mengkonsumsi garam yang banyak. Karena ini bukan merupakan pantangan melainkan akan membantu dalam meningkatkan darah yang ada pada diri kita. Untuk itu kita bisa memberikan takaran lebih ketika sedang memasak agar kita bisa mendapatkan zat sodium ini.

Faktanya bagi penderita darah rendah bisa mengkonsumsi makanan kaleng yang sebenarnya sangat bagus sekali untuk kesehatan. Makanan kaleng ini bisa meningkatkan tekanan darah pada seseorang dan akan membuat mereka jadi lebih sehat pastinya. Jangan ragu makanan kaleng ini bisa di dapatkan dengan mudah. Akan tetapi juga tidak boleh terlalu sering.

Kuning Telur

Begitu banyak memang makanan untuk darah rendah alias hipotensi yang bisa menjadi andalan kita. Salah satunya juga karena makanan seperti telur akan sangat membantu. Selain itu istirahat yang cukup juga akan sangat membantu sekali dalam memberikan tekanan darah yang baik untuk tubuh kita ini. Jadi selalu gunakan beberapa makanan yang sehat dan makanan yang sesuai.

Baca Selanjutnya:

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit >>

17 Makanan untuk Penderita Darah Rendah (Hipotensi) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply