Makanan Sumber Lemak Nabati dan Hewani

alpukat sumber lemak baik

Buah alpukat merupakan sumber lemak nabati yang baik untuk kesehatan tubuh

Ketahui Sumber Lemak dari Makanan – Bila Anda mendengar kata “lemak”, kesan negatif sekilas akan mendominasi pikiran Anda. Tak semua lemak hanya dapat memberikan kerugian bagi tubuh. Lemak pada dasarnya sangat baik, karena zat ini begitu dibutuhkan oleh tubuh, namun harus tetap pada ukurannya, tak berlebihan maupun kekurangan. Pada umumnya, lemak merupakan zat yang memiliki fungsi utama sebagai penyedia terbesar energi bagi tubuh, yaitu dua setengah kali lebih besar dari energi yang dihasilkan karbohidrat maupun protein.

Fungsi lemak antara lain adalah sebagai penyedia energi sebesar 9 kalori per gramnya, sebagai zat pelarut vitamin antara lain vitamin A, D, E, dan vitamin K, sebagai zat pembangun, penyedia asam lemak esensial bagi tubuh, sebagai cadangan makanan karena dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan cara memperpanjang rasa kenyang dari proses memperlambat pengosongan dalam lambung, serta sebagai pelindung tubuh.

Lemak dibagi menjadi banyak jenis. Menurut komposisi atau struktur kimianya, lemak terdiri dari tiga jenis, antara lain: lemak sederhana atau lemak tunggal, lemak campuran atau lemak ganda, dan lemak asli atau lemak trans. Sedangkan menurut ikatan kimianya, lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jenuh yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan, seperti: lemak pada gajih, mentega serta lemak hewani dan lemak tak jenuh yang merupakan jenis asam lemak yang menjadi sumber nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, seperti lemak pada minyak zaitun, buah alpukat dan kacang-kacangan. Pandangan masyarakat akan buruknya lemak bagi kesehatan tubuh bermula karena mulai banyaknya kematian akibat konsumsi dan kadar lemak dalam darah yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit jantung yang sering disebut dengan jantung koroner.

Lemak pada umumnya disimpan di beberapa bagian di dalam tubuh. Sebanyak 50%, lemak disimpan di bawah kulit, tepatnya di dalam jaringan adiposa, kemudian ada pula lemak yang sebesar 45% disimpan di dalam rongga perut dan 5% disimpan di dalam otot demi melindungi organ-organ penting di dalamnya sekaligus untuk mengatur suhu dari tubuh manusia. Untuk itu, orang yang memiliki cadangan lemak berlebih, cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih hangat.

Makanan Sumber Lemak

Selain berdasarkan komposisi atau struktur lemak dan menurut ikatan kimianya, lemak dapat dibedakan lagi. Berdasarkan sumber lemak, lemak dibedakan menjadi dua, yaitu lemak hewani dan lemak nabati yang dapat diproses sebagai lemak padat setelah melewati proses hidrogenasi. Berikut ragam contoh makanan beserta kandungan jenis-jenis lemak nabati atau hewani yang perlu Anda ketahui:

Advertisement

Buah alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) yang sangat tinggi. Salah satu jenis bebuahan ini memiliki sumber lemak jenis nabati. Lemak yang dikandung alpukat pun merupakan lemak tak jenuh jenis tunggal yang mengandung kadar lemak sebesar 22 gram untuk setiap satu buahnya yang berukuran normal atau sedang. Selain sebagai sumber lemak, buah alpukat juga memiliki kandungan serat, vitamin E dan B, asam folat dan kalium atau potassium. Alpukat juga mampu meningkatkan kandungan dari lemak lipid, menghambat dan melenyapkan sel-sel kanker pada mulut, menambah tingkat penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak, meningkatkan kesehatan mata karena mengandung litein, serta memiliki beta karoten yang dijadikan sebagai sumber antioksidan.

Minyak ikan

DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic) merupakan contoh dari asam lemak omega 3 esensial yang dikandung oleh minyak ikan. Kandungan omega 3 sangat aktif dalam mengurangi terjadinya insiden dalam penyakit kardiovaskular. Minyak ikan yang mengandung EPA dan DHA sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner dan resiko irama jantung yang mampu menyebabkan kematian mendadak. Asam lemak esensial lainnya yang sangat berguna adalah alfa-linolenat serta gamma-linolenat.

Penyakit attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan penyakit alzheimer juga dapat dicegah dengan adanya minyak ikan yang berfungsi sebagai anti-depresi yang alami dan anti-inflamasi yang sangat efektif. Pastikan minyak ikan yang Anda konsumsi adalah dalam bentuk murni dan bebas dari zat merkuri ataupun kontaminan lainnya.

Ikan laut

Ikan laut merupakan lemak jenis hewani. Beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan lemak jenuh sekaligus omega 3 ternyata sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak serta mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Beberapa jenis ikan tersebut adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel, ikan herring, ikan sarden, dan masih banyak lagi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan ragam makanan penghasil sumber lemak jenis nabati. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat menyumbangkan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan tubuh. Yang pertama adalah kacang kenari yang kaya akan sumber nutrisi dan lemak tak jenuh jenis tunggal. Bagi Anda yang memiliki masalah kardiovaskular, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kenari. Kacang ini juga berfungsi sebagai anti-kanker, anti-inflamasi, serta meningkatkan kesehatan otak Anda. Mengonsumsi kacang kenari sangat baik bila dipadukan di dalam hidangan beragam sayur-sayuran atau buah-buahan dan sebagai campuran salad.

Selain kenari, kacang kedelai yang memiliki kandungan zat-zat baik bagi tubuh, seperti vitamin, sumber protein tinggi, mineral, sekaligus serat yang tinggi, ternyata juga mengandung lemak nabati yang tak jenuh, terdiri dari lemak jenis tunggal dan ganda. Kacang kedelai sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita kolesterol tinggi. Lemak di dalam kacang kedelai juga mampu mengurangi kadar trigliserida atau komponen-komponen dari lemak berbahaya yang berada di dalam darah. Selain itu, penyempitan dan pengerasan pada pembuluh darah dapat dicegah hanya dengan mengonsumsi lemak yang dikandung oleh kacang kedelai secara teratur.

Makanan Sumber Lemak Nabati dan Hewani | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply