6 Kesalahan Dalam Merawat Rambut

rambut panjang

Banyak wanita melakukan beberapa kesalahan dalam melakukan perawatan rambut.

Kesalahan dalam Merawat Rambut – Sebagai kaum hawa, setiap wanita ingin agar penampilannya terlihat sempurna di hadapan banyak orang terutama pasangannya. Salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatiannya adalah rambut. Bagi wanita, rambut adalah mahkota yang dapat membuat penampilan semakin sedap dipandang. Sehingga tidak jarang dari mereka yang melakukan beragam perawatan untuk menjaga agar rambut tetap indah pada berbagai suasana.

6 Kesalahan Dalam Merawat Rambut

Banyak diantara para wanita yang tidak tahu bagaimana cara yang benar dalam merawat mahkota kebanggaannya itu. Kebanyakan bahkan ada yang hanya mengikuti kebiasaan teman-temannya saja. Cara seperti ini sebaiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan saja. Anda harus mengetahui seperti apa rambut anda barulah bisa menentukan perawatan yang sesuai untuk rambut anda tersebut. Mulai dari sekarang sebaiknya anda mengetahui apa saja kebiasaan yang salah ketika merawat rambut, agar menjadi pelajaran dan bisa menyesuaikan jenis perawatan yang akan dipilih. Kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya adalah:

1. Tidak teratur memotong rambut

Karena alasan ingin memanjangkan rambut, banyak diantara para wanita yang tidak rajin mendatangi salon untuk potong rambut. Hal ini sejatinya merupakan suatu kesalahan, karena sebenarnya dengan memotong rambut secara teratur akan menjauhkan dari rambut bercabang dan mempercepat pertumbuhan rambut itu sendiri. Rajinlah memotong rambut anda minimal dua atau tiga bulan sekali.

2. Mengabaikan pemakaian conditioner

Advertisement

Pemakaian conditioner sebenarnya sangat penting. Nutrisi yang terkandung dalam contioner akan membuat rambut anda tercukupi nutrisinya dan menjadikannya lebih halus, lembut dan mudah diatur. Rajinlah memakai conditioner setelah keramas agar manfaatnya cepat terasa. Jangan lupa untuk memakainya pada bagian helai rambut saja dan bukan pada kulit kepala.

3. Asal dalam memilih shampo

Setiap kepala memiliki jenis kulit kepala yang berbeda. Hal ini berbanding lurus dengan shampoo yang harus digunakan. Sesuaikan pemakaian shampoo dengan jenis rambut anda agar tidak semakin memperburuk keadaan rambut anda. Tanyakan kepada ahlinya agar analisanya tepat sehingga anda bisa memilih shampoo yang mana yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Tidak menambahkan air ketika memakai shampo

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun sebaliknya hal ini sebenarnya sangat penting diketahui dan diaplikasikan pada rutinitas anda sehari hari dalam memakai shampoo. Cara yang paling benar ketika memakai shampoo adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan kemudian tambahkan sedikit air dan gosok-gosokkan kedua telapak tangan anda agar busanya keluar. Busa yang banyak membuat bahan-bahan aktif dalam produk bekerja lebih baik lagi. Setelah itu barulah usapkan pada rambut dan beri sedikit pijatan pada kepala. Bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Mewarnai rambut secara merata

Biaya yang relatif lebih murah dan lebih praktis seringkali menjadi alasan bagi sebagian wanita untuk melakukan pewarnaan rambut di rumah. Tidak salah memang, yang menjadikan hal tersebut menjadi salah adalah ketika pewarnaan tersebut dilakukan pada semua helai dan bagian rambut. Hal ini justru dapat merusak rambut anda. Untuk menghindarinya, cukup oleskan pewarna rambut pada bagian akar rambut saja dan pada bagian-bagian yang warnanya sudah memudar.

6. Menyisir hingga mengenai akar rambut

Kebiasaan menyisir memang merupakan hal yang wajar untuk membuat rambut agar lebih rapi. Namun ternyata jika cara anda menyisir rambut adalah sampai mengenai akar rambut, justru hal tersebut malah akan membuat kerusakan pada rambut anda. Kerontokan dan rusaknya lapisan terluar kulit kepala adalah hal-hal yang mungkin terjadi akibat cara menyisir rambut anda yang salah ini. Lihat juga artikel mengenai tips memilih sisir rambut sesuai dengan jenis rambut.

Oke, itulah dia beberapa kesalahan dalam merawat rambut yang sering dilakukan oleh para wanita. Semoga, setelah membaca artikel ini paling tidak dapat meminimalisir hal tersebut.

6 Kesalahan Dalam Merawat Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply