Kandungan Gizi Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

manfaat tempe

Tempe merupakan superfood yang murah meriah

Manfaat Tempe dan Kandungan Gizinya – Mungkin Anda sering menambahkan tempe ke dalam daftar menu sehat Anda. saat ini, siapa yang tidak mengenal tempe? Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini memang memiliki banyak sekali kandungan dan manfaat. Tempe pun juga bisa di olah menjadi berbagai jenis masakan seperti tempe balado, tempe goreng, tempe oseng, hingga tempe penyet. Selain murah meriah, sebenarnya tempe juga kaya kandungan gizi dan manfaat. Bahkan, tempe saat ini dijuluki sebagai superfood, alias makanan super yang murah meriah.

Tempe merupakan makanan asli Indonesia. Tempe telah diberdayakan sejak tahun 1613 – 1645 saat Sultan Agung berkuasa. Tulisan tentang tempe ditemukan pada tahun 1820 pada serat-serat Centini yang menjelaskan tentang makanan yang disajikan untuk putra-putri Sunan Giri yang sedang menjelajah pulau Jawa untuk mempelajari kebudayaan setempat.

Namun pada perkembangan selanjutnya, tempe hanya dianggap sebagai makanan kelas bawah. Baru pada tahun 90-an tempe mulai diakui sebagai makanan kaya manfaat. Bahkan di tahun 1997, pada gelaran Simposium Tempe Internasional di Bali, makanan ini disebut sebagai the hidden miracle, makanan ajaib yang tersembunyi.

Manfaat Tempe untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak, ternyata tempe juga memiliki manfaat yang sangat baik. Seperti:

Baik untuk pencernaan anak

Hal ini dikarenakan tempe sangat mudah di cerna serta memiliki kandungan enzim pencernaan. Enzim pencernaan ini dihasilkan oleh jamur Rhizopus Oligopurus atau ragi.

Membantu mengatasi kembung

Membuat lebih sehat, ini disebabkan karena tempe mengandung antibiotika serta antioksidan yang berguna untuk menyembuhkan penyakit turunan serta infeksi.

Manfaat Tempe untuk Orang Dewasa

Tempe juga bermanfaat untuk orang dewasa, pengonsumsian tempe dengan cara rutin akan memberi manfaat yang begitu positif. Berikut manfaatnya:

Menurunkan kadar kolesterol di tubuh

Kandungan protein yang berada di dalam tempe ini memiliki manfaat tambahan, ia mampu menurunkan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik. Jadi, bisa di simpulkan bila tempe ini meminimalisir terjadinya penyakit jantung, serta stroke.

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat tempe yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan sistem perncernaan karena mengandung serat makanan. Serat pangan ini sangat berperan untuk mengikat kolesterol serta lemak. Tempe ini mempunyai potensi untuk mengontrol dan menurunkan berat badan. Ia juga mampu menjaga kesehatan usus.

Mencegah kanker

Tempe sangat kaya dengan kandungan isoflavon. Senyawa ini berperan untuk memperbaiki sel serta mencegah rusaknya sel yang dikarenakan sinar matahari. Ia juga bertindak menjadi agen yang memerangi sel kanker yang mampu memicu adanya kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat tempe yang lainnya adalah menurunkan tekanan darah karena makanan ini mengandung magnesium. Ia memiliki peranan yang begitu penting untuk sistem kardiovaskular serta bertanggung jawab dengan 300 proses metabolisme yang berada di dalam tubuh. Magnesium ini juga bermanfaat sebagai pencegah pembekuan darah, mencegah komplikasi diabetes, menjaga kekuatan tulang.

Metabolisme energi

Tempe juga memiliki kandungan riboflavin, atau yang sering disebut dengan vitamin B2. Riboflavin mempunyai peranan yang sangat penting di metabolisme energi, ia juga sangat di butuhkan di metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin ini sangat berperan di pembentukan sel yang ada dalam darah.

Advertisement

Kandungan Gizi Tempe

Tempe memang sangat bergizi. Sering kita mendengar jika ia adalah sumber protein nabati yang paling besar, bahkan sumber protein ini jauh lebih baik bila dibandingkan dengan protein hewani. Lantas, apa hanya protein saja? Apa kandungan gizi yang lainnya, adalah:

Tabel Komposisi Gizi Tempe dan Daging Dalam 100 g

Zat Gizi Tempe Daging
Protein (g) 20,7 18,8
Lemak (g) 8,8 14,0
Karbohidrat (g) 13,5 0
Serat (g) 3,2 0
Kalsium (mg) 155,1 10,0
Fosfor (mg) 323,6 170
Besi (mg) 4,0 2,8
Tiamin (mg) 0,12 0,08
Riboflavin (mg) 0,29
Niacin (mg) 1,13
Asam pantotenat (ug) 232,4
Piridoksin (ug) 44,7
Biotin (ug) 23,7
Vitamin B12 (ug) 1,7 1,4
Akt. retinol (ug) 15,0 9,0

Sumber: Hermana, Mien Karmini, dan Darwin Karyadi, “Komposisi Gizi Tempe serta Manfaatnya dalam Peningkatan Gizi Pangan” dalam Bunga Rampai Tempe Indonesia, Yayasan Tempe Indonesia, 1996.

Tips sehat konsumsi tempe

  • Untuk lauk pauk anak balita, olah tempe dengan cara di rebus atau di campurkan di dalam sayur.
  • Saat membeli tempe, pilih tempe yang segar. Anda bisa mengecek dari bau tempe serta warna tempe. Jika tempe tercium sedikit menyengat serta warna yang pekat, berarti tempe sudah mulai membusuk.
  • Hindari penyimpanan tempe yang terlalu lama di dalam lemari es.
  • Olah tempe dengan cara di bacem, jangan terlalu sering menggoreng tempe, dikarenakan nutrisinya akan sedikit berkurang.

Dengan manfaat dan kandungan gizi yang begitu melimpah, maka wajar jika tempe disebut sebagai superfood yang murah meriah. Jika harus dijabarkan secara detail maka artikel tentang manfaat tempe ini bisa jadi panjang sekali. Namun kami berharap apa sudah kami sampaikan secara garis besar bisa mewakili mendeskripsikan tempe ini sebagai makanan super.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply