Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Kelor

sayur daun kelor

Sayur daun kelor sangat bermanfaat untuk kesehatan karena kaya akan kandungan zat gizi.

Kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi. Biji buahnya biasa dimanfaatkan oleh warga desa sebagai bahan untuk pelengkap sayur asam. Pohon ini memiliki daun menjari dan berbentuk bulat.

Manfaat Daun Kelor

Meski belum banyak orang yang mengenalnya secara utuh, namun khasiat yang terdapat didalamnya sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Apa saja kasiat daun kelor bagi manusia? Berikut akan saya ulas mengenai manfaat daun kelor.

Mengobati Sariawan

Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.

Menjaga Kesehatan Otak

Daun kelor kaya akan kandungan potasium. Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. karena itulah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan saraf dan otak konsumsilah daun kelor entah dalam bentuk sayur atau dalam bentuk olahan makanan yang lain.

Menjaga Kesehatan Mata

Advertisement

Daun kelor merupakan satu diantara banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor sangat ampuh dalam pencegahan penyakit mata. Bahkan, vitamin A dalam daun kelor juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.

Mencegah Osteoporosis

Kelor adalah tanaman dengan daun yang memiliki banyak kalsium. Kalsium inilah yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebtkan bahwa kalsium yang terkandung dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak dibanding kalsium yang ada pada susu. Selain sebagai penguat tulang, dinegara-negara lain seperti Afrika dan India biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.

Mengatasi Pegal Linu

Manfaat daun kelor yang keempat adalah sebagai obat untuk mengatasi pegal linu. Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks.

Cara pengobatan pegal linu dengan daun kelor ini dapat anda lakukan dengan cara menghaluskannya kemudian membalutkannya diatas kulit bagian tubuh anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Jika sudah begitu, nikmati terlebih dahulu kemudian anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.

Mengatasi Kulit Kering

Daun kelor adalah daun yang banyak mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Karena itulah, orang yang kekurangan vitamin B2 kulitnya akan kering bahkan hingga pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda mulai mencoba membiasakan diri mengkonsumsi olahan dari daun kelor secara rutin.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun kelor. Semoga dapat menjadi referensi obat kesehatan bagi anda. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Kelor | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply