Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

kolesterol

Bakteri penyebab tipes

Gejala Kolesterol Tinggi – Pola hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan berlemak secara berlebihan, jarang berolahraga dapat menimbulkan banyak macam penyakit yang membahayakan keselamatan jiwa, salah satunya adalah gejala kolesterol tinggi. Sebenarnya kolesterol sendiri dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentukan dinding-dinding sel, pembentuk hormone steroid, dan untuk sumber energi tubuh. Hati merupakan organ tubuh yang menghasilkan 80% kolesterol di dalam tubuh dan sisanya yang 20% berasal dari makanan dan minum yang dikonsumsi setiap hari.

Kolesterol dalam darah

Seperti halnya gejala hipertensi dan asam urat, gejala kolesterol tinggi pun pada gejala awalnya terjangkitnya tidak menunjukan tanda-tanda yang signifikan. Maka dari itu pemeriksaan dokter dengan tindak lanjut pemeriksaan laboratorium sangat berperan penting untuk mendeteksi seberapa parah gejala kolesterol yang di derita seseorang. gejala kolesterol tinggi juga termask dalam penyakit keturunan. Jadi bagi anda yang anggota keluarga kandung yang mempunyai riwayat gejala kolesterol tinggi sebaiknya mulai lah berhati-hati dalam menjaga pola hidup anda. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi, meskipun semisal anda belum positif terjangkit gejala kolesterol tinggi maka diperlukan juga mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat memperkuat lemak atau kolesterol baik (HDL) dalam memerangi kolesterol jahat (LDL) di dalam darah namun tentunya harus sesuai aturan.

Berikut ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan gejala kolesterol tinggi:

1. Sering terasa pegal tangan dan kaki

Advertisement

Penumpukan kolesterol jahat dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah di persendian tangan dan kaki. Dan hal ini biasanya akan terjadi dalam waktu yang lumayan lama.

2. Punggung dan tengkuk yang terasa berat dan pegal

Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh kolesterol jahat yang tertimbun di pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan dan mengganggu kelancaran aliran darah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak.

3. Sering mengantuk

Kekurangan oksigen dalam otak akibat penyempitan pembuluh darah dapat membuat seseorang akan mudah letih dan mengantuk.

4. Sering kesemutan pada tangan dan kaki

Kolesterol jahat dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan darah mengental dan kotor sehingga kadar oksigen yang dihasilkan pun minim.

5. Kepala bagian belakang sering pegal

Selain mempersempit aliran darah, penumpukan kolesterol jahat dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah. Dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat mengakibatkan gejala stroke.

6. Gampang lelah

Di saat plak yang terbentuk tadi terus menebal maka akan mengakibatkan gejala kolesterol tinggi ini merambat menimbulkan penyakit lain, misalnya penyakit jantung koroner, hal ini akan membuat tubuh seseorang mudah melemah dan mudah lelah.

7. Nyeri pada dada sebelah kiri

Penyempitan pembuluh darah pada area jantung dapat menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kiri.

8. Kaki membengkak

Disaat terjadi penyempitan pada pembuluh darah, maka asupan oksigen ke seluruh tubuh pun mengalami pengurangan dan karena letak kaki yang jauh dari jantung otomatis asupan oksigen ke kaki sangat sedikit sehingga kaki akan terkesan membengkak.

Maka dari itu mengontrol kolesterol dalam darah sangatlah penting daripada mengobatinya. Karena tanpa dikontrol kolesterol jahat akan tetap mengganggu kinerja aliran darah ke dalam tubuh dan lagi-lagi akan mengakibatkan gejala kolesterol tinggi.

Pengontrolan tersebut bisa dimuali dengan memperbaiki pola makan yang mana harus mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak, meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan segar sehat dan tinggi akan antioksidan, hindari merokok dan minum minuman beralkohol, serta olahraga cukup dan teratur.

Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply