Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebab

hipertensi

Hipertensi (img source: nowgrenada.com)

Gejala Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) – Hipertensi atau yang oleh masyarakat umum mengenalnya dengan darah tinggi merupakan keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh mencapai tekanan di atas rata-rata dan menekan arteri hingga akhirnya menuju ke jantung dan akibatnya jantung terpaksa bekerja dua kali lebih keras. Apabila hal ini terjadi dengan frekuensi sering maka otomatis keadaan jantung akan memburuk. Sehingga pada kebanyakan kasus gejala hipertensi akan terkait dengan penyakit jantung.

Dalam keadaan normal sebenarnya tekakan darah ini berkisar antara 120/80 (100/60) hingga 140/85 mm Hg. Gejala hipertensi sendiri banyak sekali penyebabnya, salah satunya yang umum adalah faktor keturunan. Dan biasanya anak yang orang tuanya adalah penderita hipertensi akan mempunyai kemungkinan resiko dua kali lebih besar dibanding mereka yang tidak mempunyai keluarga dengan riwayat gejala hipertensi.

Advertisement

Selain karena faktor keturunan, gejala hipertensi bisa disebabkan karena berikut:
• Usia. Gejala hipertensi paling umum menyerang mereka yang telah memasuki usia lanjut. Hal itu terjadi karena proses pengerasan pembuluh darah.
• Berat badan berlebih atau obesitas. Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan disertai dengan timbunan lemak di beberapa bagian tubuh, sudah semestinya anda memperbanyak bergerak dan olahraga. Karena orang yang berbadan gemuk kebanyakan tidak aktif dalam hal olahraga yang sebenarnya jantung anda pun juga akan ikut aktif dan hal itu akan memperkuat jantung.
• Mengonsumsi minum beralkohol. Alcohol dapat merusak organ dan syaraf tubuh. Selain dapat berakibat menderita penyakit jantung, mengonsumsi alcohol dapat menyebabkan gejala asam urat
• Mengonsumsi garam secara berlebih
• Stress
• Otot yang tegang akibat stress dapat memicu tekanan darah menaik drastis
• Penggunaan alat kontrasepsi
• Pil krontrasepsi sebenarnya juga dapat memicu terjadinya gejala hipertensi, maka dari itu untuk keterangan lebih lanjut dapat adna konsultasikan pada bidan anda
• Konsumsi obat dalam jangka panjang
• Obat selain dapat menyembuhkan suatu penyakit, dapat pula menyebabkan beberapa penyakit salah satunya adalah gejala hipertensi. Konsumsi obat jangka panjang juga dapa merusak sistem kerja hati.
• Adanya riwayat penyakit lain seperti kolesterol tinggi dan diabetes
Kehamilan

Ada kalanya seseorang yang terkena gejala hipertensi saat pertama kali tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya telah terjangkit gejala hipertensi. Karena penyakit tersebut untuk mendeteksi gejala awalnya sangat sulit. Hingga pada akhirnya gejala hipertensi yang dibiarkan begitu terus menerus akan berujung kronis, hingga timbul gejala pusing terus menerus, mual hingga muntah, kram atau nyeri pada perut, berat badan mengalami penurunan, keringat keluar secara berlebihan, perasaan gelisah, sering lelah dan anoreksia.

Seperti halnya gejala dari hipertensi sendiri juga dapat dihindari sejak dini seperti mengurangi konsumsi berlebih terhadap garam. Perbanyak konsumsi kalium yang terdapat pada buah-buahan seperti pisang, kurma, dan kacang-kacangan. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan yang mengandung kolesterol tinggi. Olahraga terartur serta minimal 1 jam sehari dalam waktu anda gunakan untuk kegiatan yang dapat memicu keluarnya keringat. Cukupi minum air putih, istirahat yang cukup jangan berlebihan karena itu sama saja dengan malas.

Dan yang paling sederhana adalah cobalah untuk hidup dengan pikiran dan perasaan yang tenang, jangan terlalu sering menyimpan pikiran-pikiran negatif Karena hal itu dapat membuat anda menjadi stress dan stress sendiri seperti yang sudah kita bahas, dapat memicu terjadinya gejala hipertensi. Kesehatan kita diri kita sendirilah yang menjaganya.

Gejala Hipertensi dan Faktor Penyebab | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply