Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD)

Nyamuk demam berdarah

Nyamuk demam berdarah

Gejala demam berdarah adalah tanda-tanda yang ditunjukkan jika terjangkit demam berdarah. Apakah demam berdarah itu? Demam berdarah adalah demam yang disebabkan oleh virus dengue. Demam berdarah atau demam dengue sering disebut dengan (DBD). Dalam sistem ilmiah virus dengue merupakan bagian dari genus Flavivirus famili Flaviviridae. Nyamuk Aedes aegypti adalah perantara penular virus dengue. Biasanya nyamuk ini hidup di bawah ketinggian 1000m. nyamuk Aedes aegypti sering menggigit pada siang hari, dalam satu kali gigitan sudah dapat menginfeksi manusia.

Virus dengue terdiri dari empat jenis. Jika seseorang terinfeksi satu jenis virus, umumnya akan kebal terhadap jenis virus tersebut selama hidupnya. Tapi dia hanya akan kebal terhadap tiga virus lainnya dalam waktu yang singkat. Apabila dia terkena salah satu jenis virus dari ketiga virus tersebut, memungkinkan dia mengalami masalah yang serius.

Kadang nyamuk juga dapat tertular virus dengue dari manusia. Jika ada nyamuk betina yang menggigit orang yang sedang terinveksi virus, nyamuk itu akan tertular virus. Virus yang masuk ke tubuh nyamuk akan hidup di saluran pencernaan nyamuk. Sekitar delapan sampai sepuluh hari berikutnya, virus akan menyebar ke kelenjar saliva (ludah) nyamuk. Saliva yang diproduksi oleh nyamuk ini berarti telah terinveksi virus dengue. Maka dari itu jika nyamuk menggigit manusia, saliva yang terinfeksi virus masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi orang tersebut.

Advertisement

Nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk yang paling banyak menyebarkan virus dengue. Nyamuk yang terinveksi virus ini tidak merasakan gejala apapun alias tetap sehat-sehat saja. Ini karena nyamuk tersebut hanya sebagai media perantara penyebaran virus dengue.

Sejauh ini belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah orang terkena virus dengue. Tapi ada upaya pencegahan virus dengue. Salah satunya dengan melindungi diri agar tidak digigit nyamuk dengan obat nyamuk. Selain itu juga dianjurkan untuk meminimalisir habitat nyamuk seperti dengan tidak membiarkan ada genangan air disekitar rumah; member ikan di air yang menggenang seperti di kamar mandi, terutama jika bak kamar mandinya besar; senantiasa menjaka kebersihan. Mengurangi populasi nyamuk yang ada salah satunya dengan penyemprotan.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus ini persebarannya cukup luas, hampir 110 negara umumnya masyarakatnya pernah terjangkit virus ini. Sekitar 50 sampai 100 juta orang setiap tahun terkena demam berdarah.

Orang yang terjangkit demam berdarah akan mengalami gejala demam berdarah, gejala tersebut umumnya seperti ini:

  • Satu, orang yang terjangkit demam berdarah akan mengalami gejala demam berdarah berupa sakit kepala.
  • Dua, gejala demam berdarah selanjutnya yaitu kulit tampak seperti campak (kulit mengalami bintik-bintik kemerahan.
  • Tiga, gejala selanjutnya yang dialami penderita demam berdarah adalah merasakan nyeri pada persendian dan otot.
  • Empat, pada sebagian penderita demam berdarah terjadi gejala demam berupa sesuatu yang mengancam jiwa seperti terjadinya kebocoran pembuluh darah (saluran aliran darah), terjadi pendarahan. Selanjutnya orang yang menderita demam berdarah akan mengalami gejala demam berdarah berupa menurunnya trombosit dalam darah yang mengakibatkan darah membeku.
  • Lima, terjadi sindrom renjat dengue, yang mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah (tensi menurun) yang membahayakan.

Setelah mengetahui cara pencegahan demam berdarah dan gejala demam berdarah, marilah kita senantiasa waspada dan selalu menjaga agar jangan sampai terserang virus dengue atau demam berdarah. Jika suatu saat menjumpai gejala-gejala terjangkit virus dengue, segeralah berkonsultasi pada dokter. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply