Efek Negatif Rebonding Pada Rambut

rambut lurus

Rambut lurus dengan rebonding, tapi bahayanya?

Efek Negatif Rebonding Pada Rambut – Rebonding adalah salah satu cara mengubah gaya rambut yang sangat disukai oleh wanita. Rebonding akan menjadikan rambut menjadi lurus dan indah saat dipandang. Biasanya wanita berambut lurus akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Entah darimana asalnya streotip yang menjadikan rambut lurus lebih indah dibandingkan tipe rambut lainnya.

Bahaya Rebonding/Smoothing Pada Rambut

Dan tahukah anda bahaya rebonding? Rebonding memiliki banyak bahaya atau efek negatif. Mulai dari kerontokan rambut hingga bahayanya zat yang terkandung didalamnya. Lalu apa sajakah bahaya lain dibalik rebonding rambut. Simak info berikut:

Kerontokan rambut

Kerontokan rambut adalah dampak pertama akibat rebonding. Bahan kimia yang terdapat dalam obatnya menyebabkan rambut rontok dan kering. Belum lagi ditambah dengan suhu panas dari catok saat penggunaannya. Akibatnya batang rambut menjadi kering, tipis dan pada akhirnya rontok. Kerontokan rambut inilah yang menyebabkan rambut anda terlihat lusuh dan tidak enak saat dipandang. Kerontokan ini bisa menjadi tambah parah jika tidak dirawat dengan baik. Untuk merawat kerontokan ini juga tidak bisa sembarangan. Bila dilakukan sembarangan pun justru menambah kerontokan yang lebih parah.

Rambut kasar

Setelah kerontokan rambut, efek samping yang selanjutnya adalah rambut yang kasar. Zat kimia yang terkandung dalam obat rebonding inilah yang menyebabkan tekstur rambut yang asli menjadi hilang. Rambut yang kasar biasanya akan menjadi bercabang pula. Tidak cantik bukan saat rambut anda lurus tapi ternyata bercabang. Selain itu rebonding juga menyebabkan rambut menjadi kusam dan kasar karena kekurangan vitamin. Untuk menghilangkan rambut kasar ini, anda bisa menggunakan vitamin rambut. Gunakan vitamin rambut setelah anda mandi atau keramas. Jangan gunakan saat rambut sedang basah, lebih baik gunakan saat rambut setengah kering.

Advertisement

Rusaknya akar rambut

Tidak hanya rontok dan bercabang. Rebonding juga mengakibatkan rusaknya rambut hingga ke akarnya. Bahan kimia yang dioleskan hingga ke kulit kepala inilah yang menyebabkan rambut rusak hingga ke akarnya. Ditambah lagi dengan panasnya catok juga menyebabkan akar rambut menipis. Rambut yang rusak hingga ke akarnya tidak hanya menjadikannya rapuh tetapi juga bisa menjadikan kebotakan pada rambut.

Memudarkan warna rambut

Rebonding pada rambut juga bisa menghilangkan warna asli dari rambut. Rambut yang direbonding akan menjadi kusam dan kering. Ini disebabkan karena rambut akan kehilangan nutrisi penting dan pigmen rambut. Biasanya beberapa wanita yang melakukan perawatan ini akan memiliki rambut yang kusam dan kaku seperti sapu ijuk. Namun beberapa wanita melakukan perawatan toning setelah melakukan perawatan rebonding. Toning adalah perawatan rambut yang berfungsi untuk memberikan warna hitam pada rambut.

Cukup banyak bukan efek negatif dari rebonding? Maka dari itu lebih baik anda memiliki rambut alami yang apa adanya. Jika terpaksa untuk melakukan rebonding, pilihlah salon yang profesional. Memang salon yang profesional memiliki tarif lebih tinggi. Namun obat rebonding yang mereka gunakan biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus dan lebih aman untuk rambut. Sebenarnya anda bisa mendapatkan rambut yang lurus tanpa harus rebonding. silahkan baca artikel tentang cara meluruskan rambut tanpa rebonding, menggunakana bahan-bahan alami.

Biasanya salon profesional juga menggunakan catok yang tidak panas. Hasilnya pun juga lebih natural dan tidak kaku seperti ijuk. Obat rebonding yang rendah kualitasnya bukan hanya merusak rambut. Akan tetapi akan meresap masuk ke dalam pori-pori kepala dan mengalir bersama dengan darah. Jika sudah begitu maka akan timbul beberapa penyakit bahaya seperti kanker dalam waktu jangka panjang. Sekian tips ini dan semoga bisa bermanfaat untuk anda sehingga membuat anda lebih bijak saat akan mengubah gaya rambut anda. Semoga bermanfaat!

Efek Negatif Rebonding Pada Rambut | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply