Cara Perawatan untuk Rambut Kering

cara merawat rambut kering

Rambut kering adalah masalah rambut yang kerapkali terjadi selain rambut rontok dan bercabang (foto: everydayme.co.id)

Rambut adalah mahkota setiap manusia, baik wanita ataupun pria yang harus dijaga keindahannya. Wanita yang memiliki rambut indah akan meningkatkan rasa percaya diri, keanggunan, dan tentunya pesona kecantikan dari luar. Sementara pria yang rambutnya indah, lurus, dan tampak berkilau akan memberikan kesan rapi dan elegan.

Tetapi seperti yang Anda ketahui, banyak faktor yang membuat rambut indah tadi rusak seketika. Apalagi orang yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia, sinar matahari adalah musuh bagi setiap helai rambut Anda. Rambut yang keseringan terkena sinar matahari akan mengalami kekeringan.

Penyebab Rambut Kering

Rambut kering adalah masalah klasik yang tidak pandang bulu dalam melakukan penyerangan, tua muda pria wanita bukan halangan baginya. Keadaan rambut yang kering terkadang disertai dengan mengembang, sehingga rambut sulit untuk diuraikan, kecuali sebelumnya telah dibasahai atau sehabis mandi Anda menggunakan minyak rambut.

Penyebab utama rambut kering adalah sinar matahari, tapi menurut Dr. Nipun Jain dari Sri Balaji Action Medical Institute masih ada beberapa pemicu rendahnya tingkat kelembaban rambut.

Penyakit. Contoh penyakit yang mengakibatkan rambut jadi rusak, kering, dan gampang patah adalah anoreksia nervosa. Penyakit tersebut menjadi pemicu rambut kering, sebab penyakit ini membuat tubuh kekurangan berbagai mikronutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Produk perawatan rambut. Produk perawatan khusus rambut banyak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membuat rambut kering, maka dari itu hindarilah. Selain itu alat pengering rambut sebaiknya digunakan seperlunya saja.

Berenang. Pada air kolam renang terdapat kandungan klorin yang membuat rambut mudah kering dan kusut.

Cara Perawatan Rambut Kering

Anda cukup melakukan perawatan yang tidak membahayakan rambut, seperti beberapa langkah yang dapat Anda coba berikut.

Advertisement

Perhatikan Cuaca.

Sebelum beraktifitas, prediksi dulu cuaca yang nanti akan Anda hadapi seperti apa, mungkinkah panas seharian atau diselingi dengan berangin? Namun, alangkah baiknya Anda mempersiapkan pelindung rambut seperti topi jika sewaktu-waktu terik matahari terasa menyengat, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi rambut.

Program Diet untuk Rambut.

Cukupi asupan lemak sehat untuk rambut, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dari buah alpukat, ikan salmon, dan minyak zaitun. Ketiga makanan tersebut adalah agen asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut Anda yang kering.

Masker Rambut.

Sudah banyak ramuan membuat masker rambut dari bahan alami, seperti campuran madu dan minyak zaitun. Anda cukup mencampur kedua bahan, kemudian gosok secara merata ke seluruh helai rambut hingga ujungnya, tak lupa kenai pula kulit kepala. Sehabis itu bungkus dengan plastik (shower cup) selama 30 menit, diamkan dan bersihkan menggunakan shampo plus kondisioner. Setidaknya Anda lakukan sekali dalam seminggu.

Ramuan Jitu Minyak Kelapa.

Jika kelembaban rambut benar-benar tak terasa, alias kering total. Solusi yang paling ampuh adalah mengoleskan rambut dengan minyak kelapa atau minyak jojoba, kemudian beri pijatan lembut sekitar 5 menit. Terakhir, hilangkan minyak dari rambut dengan shampo (khusus pelembab) dan kondisioner. Agar hasil maksimal, ketika rambut basah setelah perawatan ini, jangan dikeringkan menggunakan alat, biarkan saja mengering alami.

Istirahatkan Rambut Ketika Tidur.

Setiap kali Anda tidur, rambut juga ikut beristirahat. Perlu Anda ketahui bahwa saat tidur rambut harus rileks, oleh sebab itu lepaskan ikat rambut, bando, ataupun aksesoris lain yang menempel pada kepala. Uraikan rambut agar tidak mengembang dan mendapatkan oksigen cukup.

Cara perawatan rambut kering tanpa membutuhkan banyak modal, lebih mudah dilakukan dan tidak banyak menguras tenaga. Selain rambut kering, rambut bercabang dan rambut rontok juga merupakan masalah rambut lainnya yang perlu juga untuk dicegah.

Cara Perawatan untuk Rambut Kering | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply