Cara Perawatan untuk Rambut Bercabang

cara merawat rambut bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu jenis kerusakan rambut yang harus segera ditangani. (foto: photobucket.com)

Rambut dengan ujung yang membelah dua disebut bercabang, itulah indikator banyak orang tentang problem rambut bercabang yang di era modern kini banyak terjadi. Terutama di kalangan perempuan yang enggan atau jarang memberi perawatan teratur pada rambutnya. Ini merupakan salah satu masalah rambut selain rambut rontok, gatal di kulit kepala serta ketombe.

Penyebab Rambut Bercabang

Ujung rambut yang bercabang bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah.

Defisiensi nutrisi. Rambut membutuhkan nutrisi cukup agar tiap helainya terjaga kesehatannya, nutrisi tersebut bisa berupa vitamin B, zat besi, dan protein nabati. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, beberapa makanan yang menjadi produsen adalah dari kalangan kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau (brokoli, bayam, kangkung, dsb), buah jeruk, kiwi, telur, ikan, dan susu.

Pengaruh sinar ultraviolet. Setidaknya Anda gunakan pelindung kepala ketika beraktivitas di tempat yang tidak beratap (outdoor). Hal tersebut wajib Anda lakukan agar rambut tidak tersengat sinar matahari secara langsung sehingga dapat membantu mengurangi pengaruh buru dari paparan cahaya matahari.

Bahan kimia. Penggunaan obat-obatan yang dikhususkan untuk rambut dilain hari akan merugikan Anda, masalah yang mampu diatasi oleh berbagai obat berbahan kimia tersebut akan hadir kembali. Maka dari itu, jika tidak ingin menyesal di kemudian hari, hindarilah penggunaan obat-obatan untuk rambut.

Kebiasaan mencatok rambut. Penggunaan alat catok pada rambut sering disalah fungsikan oleh banyak wanita. Ketika rambut berantakan, alat tersebut dianggap sebagai solusi utama, padahal tidak. Keseringan mencatok rambut akan menghambat laju pertumbuhan rambut serta berisiko terhadap rambut pecah atau bercabang.

Terlalu panjang. Rambut yang terlalu panjang kemungkinan besar mendapati masalah percabangan pada ujungnya. Ini karena usia rambut yang sudah lama tanpa diberi perawatan yang benar.

Advertisement

Cara Perawatan Rambut Bercabang

Penggunaan obat untuk menyatukan ujung rambut yang bercabang bukanlah pilihan, sebab tadi telah dijelaskan bahwa bahan kimia dari obat-obatan yang mengenai rambut dapat merusak sel-sel rambut.

Ada beberapa cara merawat rambut bercabang tanpa harus membahayakan rambut di kemudian hari, bagaimanakah caranya? Mari kita bahas satu per satu.

Hindari hair dryer (alat pengering rambut).

Sebetulnya bukan hanya hair dryer, tetapi alat pemanas lain harus Anda pertimbangkan dua kali sebelum menggunakannya. Kenapa? Karena aliran listrik yang terhantar dari alat-alat tersebut berisiko merapuhkan dan membuat rambut jadi bercabang.

Hindari mewarnai rambut.

Kosmetik untuk memberikan warna berbeda pada rambut tidak boleh Anda gunakan, karena bahan kimia yang terkandung dapat memperlambat pertumbuhan rambut baru. Alih-alih mendapatkan rambut berwarna indah, justru uban yang muncul.

Memotong rambut secara rutin.

Hormon setiap orang berbeda, karena itu ada yang rambut tubuhnya cepat atau lambat tumbuhnya. Pertama-tama Anda harus mengetahui berapa minggu rambut mulai panjang sehabis dipotong, jika sudah mengetahuinya, lakukan pemotongan secara rutin agar rambut tidak bercabang. Menurut para ahli, setidaknya ujung rambut dipotong secara rutin 2 bulan sekali.

Haluskan dengan kondisioner.

Rambut dapat lurus dan mudah terurai apabila dirawat dengan benar, salah satunya dengan rutin menggunakan kondisioner sehabis keramas. Manfaat lain yang didapat dari penggunaan kondisioner adalah rambut tahan lembab, lebih halus, dan memperkecil risiko terjadinya percabangan pada ujung rambut.

Masker rambut alami.

Anda bisa membuat masker rambut dari bahan alami seperti alpukat untuk dibalurkan pada rambut. Bahan lain yang tidak kalah berkhasiat adalah minyak zaitun, Anda dapat memijat rambut selama 5 menit agar peredaran darah dalam kepala Anda menjadi lancar.

Cara perawatan rambut bercabang yang terakhir tadi disebutkan dengan menggunakan masker, sebagai tambahan ketika Anda telah mengoleskan masker pada rambut, tutup rambut engan shower cap selama 10 menit. Apabila krim sudah kering, gunakan serum vitamin rambut di bagian ujung rambut saja. Ini akan membuat rambut tampak berkilau dan tidak mudah rusak.

Oke, itu dia penyebab rambut bercabang serta tips cara merawat rambut bercabang. Dan jangan lupa, baca juga artikel mengenai cara menyuburkan rambut serta cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang mudah didapat dan gampang dibuatnya.

Cara Perawatan untuk Rambut Bercabang | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply