Cara Perawatan Rambut Berjilbab (Berhijab)

perawatan rambut berhijab

Wanita berhijab juga harus melakukan perawatan khusus untuk rambutnya. (gambar:fashionterkini.com)

Memiliki rambut yang sehat tentunya menjadi keinginan semua wanita. Karena misalnya anda memiliki rambut dengan gaya terbaru atau anda mewarnai rambut anda, tentu akan terasa sia-sia jika rambut anda tidak sehat. Banyak hal yang membuat rambut tidak sehat. Penggunaan produk perawatan yang tidak tepat, tidak menjaga kebersihan rambut atau rambut yang sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat rambut tidak sehat. Namun perlu diketahui bahwa perawatan rambut berbeda-beda pada setiap orang. Perawatan rambut harus disesuaikan dengan kondisi rambut dan kegiatan yang anda lakukan sehari-hari.

Salah satu yang membutuhkan perawatan rambut yang berbeda adalah jika anda menggunakan jilbab. Sekarang ini jilbab seperti menjadi tren baru dalam dunia fashion. Banyak wanita yang merubah penampilan dengan mengenakan jilbab. Namun jika anda termasuk salah satu wanita yang menggunakan jilbab dalam keseharian anda, anda perlu memperhatikan perawatan rambut anda agar tetap sehat. Rambut pada wanita berjilbab memang membutuhkan penanganan yang lebih dalam perawatannya. Bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut ada beberapa tips yang anda lakukan untuk merawat rambut anda yang berjilbab:

Rajin mencuci rambut

Berjilbab adalah sebuah kewajiban untuk menutupi aurat. Namun jangan sampai hal tersebut justru membuat anda tidak nyaman. Menggunakan jilbab berarti menutup rambut anda seharian. Hal tersebut tentu membuat kulit menghasilkan minyak dan keringat yang lebih banyak. Terlebih lagi jika anda termasuk orang yang suka beraktivitas diluar ruangan. Panas matahari tentu akan membuat rambut anda lepek dan tentu banyak bakteri-bakteri yang menempel pada rambut anda. oleh karena itu rajinlah mencuci rambut anda. Pilihlah shampoo yang tepat dan cocok untuk rambut anda. Cucilah rambut anda minimal satu kali sehari agar meskipun rambut anda tertutup jilbab, rambut anda tidak lepek dan bau.

Gunakan kondisioner

Advertisement

Jika rambut anda panjang, gunakanlah kondisioner sebelum menggunakan jilbab. Hal ini bertujuan agar proses pelumasan batang rambut dapat maksimal sampai ke ujung rambut anda. Namun yang perlu diperhatikan, jika anda memiliki rambut berminyak, gunakanlah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut anda. Karena jika anda salah menggunakan kondisioner, justru akan membuat rambut anda semakin lembab dan berminyak. Untuk kondsioner yang tepat, anda dapat membeli kondsioner di salon-salon kecantikan agar anda dapat berkonsultasi mengenai kondisioner yang tepat untuk anda.

Hindari penggunaan jilbab saat rambut basah

Jika anda akan menggunakan jilbab, pastikan rambut anda benar-benar kering. Karena rambut jika anda mengenakan jilbab saat rambut anda basah, itu akan membuat kadar kelembaban rambut anda semakin tinggi. Saat kadar kelembaban rambut anda tinggi, rambut akan mudah rontok. Namun jika memang anda sedang terburu-buru dan tidak sempat membiarkan rambut anda kering secara alami, anda dapat menggunakan haridryer dengan suhu rendah. Gunakan dengan jarak kira-kira 15 cm dari rambut anda.

Ikat rambut dengan benar

Jika rambut anda panjang pasti anda perlu mengikat rambut sebelum mengenakan jilbab. Namun anda harus berhati-hati dalam mengikat rambut. Karena mengikat rambut untuk mengenakan jilbab berbeda dengan mengikat rambut biasa. Ikat rambut anda dengan renggang jangan terlalu kencang. Gunakan ikat rambut yang halus, hindari penggunaan jepit rambut berbahan logam atau ikat rambut dari karet gelang. Karena gesekan dengan bahan-bahan tersebut dan ikatan yang terlalu kencang akan merusak rambut anda. mengikat rambut terlalu kencang juga dapat membuat anda pusing kepala.

Pilih jilbab yang tepat

Untuk digunakan dalam sehari-hari, lebih baik kenakanlah jilbab berbahan katun atau kaus dengan model yang sederhana. Bahan katun atau kaus memiliki pori-pori yang cukup lebar sehingga membuat sirkulasi udara lebih baik. Model jilbab yang rumit seperti bertumpuk-tumpuk juga akan membuat kulit kepala lebih gerah dan cepat berkeringat yang tentu akan memicu timbulnya ketombe. Untuk pemilihan warna, lebih baik hindari jilbab berwarna gelap karena warna gelap akan lebih cepat menyerap cahaya matahari yang membuat rambut lebih lembab.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut bagi wanita yang mengenakan hijab. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Terima kasih sudah berkunjung.

Cara Perawatan Rambut Berjilbab (Berhijab) | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply