Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat

cara merawat rambut

Merawat rambut dengan teratur dapat menjaga rambut agar selalu sehat

Rambut yang sehat serta terhindar dari berbagai macam masalah dapat terwujud dengan mudah tanpa mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli produk perawatan yang mahal atau pergi ke salon. Ada banyak cara merawat rambut secara alami dengan hasil yang maksimal dan tentunya membuat Anda terpukau.

Rambut yang sehat dan bersih dapat menentukan keseharian sang pemilik, terutama kaum hawa. Keindahan rambut juga bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Itulah mengapa, banyak wanita yang memberi perhatian lebih terhadap rambut.

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Untuk memperoleh rambut yang indah, sehat, bersih, tampak berkilau, dan terbebas dari segala masalah seperti ketombe, kerontokan, bercabang, keriting, kusam, ubanan, dan masih banyak lagi adalah hal yang mudah. Berikut ini beberapa cara merawat rambut secara alami yang mampu dilaksanakan oleh siapa saja, termasuk Anda.

Konsumsi Makanan Bergizi

Rambut butuh nutrisi dari dalam, caranya dengan mengonsumsi makan makanan bergizi, terutama yang tinggi protein nabati. Protein nabati sangat dibutuhkan oleh rambut agar terhindar dari masalah kerontokan yang terjadi akibat sel-sel pembentuk dan akar rambut. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya zat besi agar pasokan darah dalam tubuh tercukupi sehingga tidak berpengaruh buruk pada kesehatan rambut.

Beberapa makanan, termasuk buah dan sayuran yang tepat untuk menyehatkan rambut antara lain ikan, telur, unggas ternak (ayam dan kalkun), susu rendah lemak, keju, yogurt, kacang polong, bayam, brokoli, kangkung, buah jeruk, kiwi, dan masih banyak lagi.

Gunakan Masker Rambut Alami

Masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami sangat penting untuk membantu memberikan nutrisi pada rambut anda. Banyak sekali bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai masker rambut alami, dari mulai buah-buahan hingga sayuran. Misalnya alpukat, minyak zaitun, lidah buaya, madu, pisang, jeruk nipis, yoghurt dan lain-lain. Gunakan masker rambut seminggu dua kali, jangan terlalu sering.

Advertisement

Menggunakan Shampo yang Tepat

Setiap rambut berbeda jenisnya dari satu orang ke orang lainnya, maka dari itu sangat penting untuk selektif dalam memilih shampo. Di pasaran banyak merek shampo yang menawarkan kemampuan untuk ini dan itu, Anda boleh saja tergiur tapi jangan langsung membelinya karena belum tentu bahan pembuat shampo tersebut cocok bagi rambut Anda.

Yang benar adalah, mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kepala Anda. Jika Anda merasa kesulitan, carilah shampo yang menyimpan kadar keasaman (Ph) yang seimbang, sehingga tidak membahayakan segala jenis rambut.

Keramas Secara Teratur

Apabila telah mendapatkan shampo yang sesuai dengan rambut Anda, langkah selanjutnya adalah teratur berkeramas dan tidak berlebihan. Dalam sehari lumrahnya setiap orang mandi dua kali, otomatis keramas juga dua kali (pagi dan sore hari).

Namun terkadang, sebagian orang ada yang memiliki tingkat ketahanan rambut lemah terhadap bakteri dan minyak. Maka dari itu selain berkeramas teratur, Anda bisa memberi perawatan lebih dengan mencuci rambut setidaknya dua kali dalam seminggu.

Memberi Vitamin Rambut

Vitamin yang terdapat dalam shampo belum cukup untuk menutrisi rambut. Oleh karenanya dibutuhkan asupan lebih yang bisa Anda dapatkan dari vitamin rambut. Umumnya, vitamin rambut berupa tonic karena berguna untuk memperlancar sirkulasi darah pada pembuluh darah kapiler.

Hindari Penggunaan Bahan Kimia pada Rambut

Kerontokan, keriting, kebotakan, dan ketombean adalah problem rambut yang dapat diatasi dengan obat-obatan tertentu. Berbagai jenis obat tersebut mengandung bahan kimia yang membahayakan rambut, maka dari itu hindarilah.

Jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat seperti sediakala, lebih baik lakukan perawatan rambut secara rutin tanpa produk berbahan kimia tinggi. Royal Conditioning Shampo adalah produk yang tepat, karena di dalamnya tersimpan banyak kandungan alami, seperti royal jelly dan ekstrak lidah buaya. Berkat Pro vitamin B5 yang juga terdapat di dalamnya membuat shampo ini berperan sebagai penetralisir efek negatif dari penggunaan bahan kimia pada rambut.

Oke, itu dia beberapa cara merawat rambut agar selalu sehat. Baca juga artikel tentang cara menyuburkan rambut dan cara menghitamkan rambut secara alami. Semoga bermanfaat.

Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply