Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

jus tomat mengobati kolesterol

Jus tomat obat kolesterol tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami – Kolesterol merupakan bagian metabolis yang banyak kandungan lemaknya. Ini bisa ditemukan dalam membran sel yang disirkulasikan pada plasma darah dan membentuk lipid plasma yang menjadi unsur utama dalam kolesterol. Walaupun kolesterol di mata manusia adalah penyakit yang mematikan namun ada yang masih mempunyai fungsi untuk tubuh yaitu mengubah dan membentuk hormon steroid dan asam empedu.

Kolesterol itu tidak semuanya berdampak negatif dan buruk karena ada kolesterol yang masih dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kolesterol HDL yang dapat melarutkan sel-sel kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar normal dari kolesterol sendiri antara 160-200 mg. Jika diturunkan kolesterolnya secara paksa atau dengan ramuan yang salah maka akan menimbulkan katarak. Jika kolesterol melebihi normal maka akan mengakibatkan tumbuhnya beberapa penyakit berbahaya. Maka dari itu, haruslah bisa menyeimbangkannya karena kandungan lemak untuk pembentukan sel dan hormon pada kolesterol dibutuhkan sekali untuk tubuh agar tumbuh sehat dan normal.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol dalam dapat tubuh tumbuh berkembang karena ada 2 penyebab, yaitu:

  1. Keadaan yang tidak terkontrol
    • Gen atau keturunan: Jika keluarga terutama orang tua mempunyai kolesterol tinggi maka anak-anaknya akan mendapatkan imbas gangguan kolesterol 7 kali lebih besar.
    • Usia: Biasanya kolesterol akan tumbuh berkembang ketika umur lebih dari 50 tahun. Namun pada usia 20 tahun kolesterol mulai tumbuh dan berkembang. Itu bagi pria. Kalau bagi wanita lebih cepat dan mudah menaik kolesterolnya.
  2. Keadaan yang terkontrol
    Keadaan ini bisa diatur sendiri oleh tubuh namun cara mengendalikannya sangat sulit jika sudah menjadi kebiasaan. Misalnya makan makanan yang mengandung banyak lemak berupa biskuit, mentega dan makanan instan dan siap saji, badan kurang bergerak dan olahraga, kelebihan berat badan, merokok, minum kopi terlalu berlebihan, stress, obesitas, alternatif diet yang salah dan gaya hidup tidak sehat.

Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada beberapa upaya alami yang bisa diterapkan untuk menurunkan kadar kolesterol, antara lain:

  • Banyaklah makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung serat tinggi karena sangat cepat dalam menurunkan kolesterol.
  • Kurangi makan daging. Maksimal 3-4 kali saja dalam setiap minggunya dan jangan terlalu banyak.
  • Hindari makan kuning telur. Maksimal 1-3 butir dalam seminggu.
  • Hindari makan aneka macam kue yang mengandung mentega, kuning telur dan susu.
  • Hindari makan usus, hati, ginjal, otak yang mengandung unsur hewani.
  • Makanlah ikan untuk pengganti telur dan daging.
  • Makanlah makanan yang mengadung kacang-kacangan seperti tahu dan tempe.
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi putih, jagung, singkong, roti, terigu dan masih banyak yang lainnya.
  • Hendaknya makanan diolah dengan cara dikukus, dipanggang, direbus dan ditumis, jangan digoreng.
  • Sebelum sarapan pagi hendaknya minum air putih sebanyak 1-2 gelas. Lakukan secara rutin.

Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol

Ini ada beberapa makanan yang bisa dijadikan asupan untuk menurunkan kadar kolesterol, antara lain:

Advertisement

Alpukat

Buah yang mempunyai rasa sangat lezat, lembut dan enak ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu kandungan asam lemak yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan merupakan makanan yang pas untuk otak. Buah alpukat dapat diolah dengan cara dibuat jus dan bisa juga langsung dimakan dengan memakai gula atau madu. Hendaknya jika kolesterol sudah tinggi, konsumsi buah alpukat 3 kali sehari dalam bentuk jus tanpa gula.

Tomat

Tomat merupakan kelompok sayuran yang banyak sekali kandungan gizinya dan baik untuk kesehatan tubuh. Tomat banyak mengandung likopen yang berguna untuk antioksidan pada sistem pencernaan, menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit kanker. Selain itu tomat banyak mengandung protein, lemak, vitamin dan serat yang bagus untuk dikonsumsi bagi pengguna kolesterol tinggi. Tomat dapat diolah menjadi jus yang bisa kita minum minimal dua gelas setiap harinya karena berpengaruh besar untuk menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi beberapa hari dan rutin.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman pengganti yang lebih sehat dari pada kopi karena kandungan kafein nya sangat rendah dan banyak mengandung antioksidan alami yang dapat menyehatkan tubuh, kulit, mencegah penyakit kanker dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Teh hijau juga dapat menumbuhkan kolesterol baik dan menghancurkan kolesterol buruk. Untuk menurunkan kadar kolesterol dan tubuh tetap terjaga, minum teh hijau 3-4 kali sehari. Tambahkan gula sedikit.

Delima

Buah delima banyak mengandung vitamin dan asam folik yang kaya manfaatnya, salah satunya sebagai pencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Zat aktif yang bekerja di dalam buah ini dapat membuat sistem kekebalan dalam tubuh dan menetralisir kadar lemak buruk yang berkembang. Jika ingin mengkonsumsi nya, buatlah jus delima tiga kali sehari sehabis makan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Karena kandungan delima dapat meningkatkan antioksidan sebagai optimalisasi pengurangan plak dan penumpukan kolesterol.

Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan menjadi antioksidan untuk pencegahan radikal buruk dalam tubuh. Selain itu jika mengkonsumsi jus jeruk tiga kali sehari, maka akan menumbuhkan dan mengembangkan kolesterol HDL yang baik untuk tubuh.

Uraian di atas merupakan pencegahan kolesterol secara alami dan mudah untuk dilakukan serta menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu bahan alami lebih ampuh dan higienis dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia yang banyak mengandung resiko.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply