Cara Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

berat badan turun

Menurunkan berat badan harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyiksa tubuh

Peningkatan berat badan drastis membuat Anda shock dan ingin sekali mengetahui strategi yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Bertambahnya berat badan akan membuat bentuk tubuh yang kurus menjadi gemuk, dan yang gemuk semakin gemuk. Menjadi berita menggembirakan apabila sebelumnya bertubuh kurus, tetapi bagaimana perasaan mereka yang sudah gemuk, kemudian melihat angka timbangan semakin naik dari waktu ke waktu?

Menjalankan diet saja tidak cukup, karena yang benar adalah sebagian besar diet tidak berjalan dengan baik. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai diet penurunan berat badan, yang pertama yaitu menentukan tujuan yang realistis dan konsisten menjalankan strategi diet setiap hari serta terus berkelanjutan.

Dalam sepekan sebenarnya Anda bisa menurunkan berat badan mencapai 0,5 kg (bukan angka pasti, beda orang beda hasil) dengan cara yang tentunya tidak menyulitkan ataupun menyiksa diri Anda. Penasaran dengan cara menyenangkan tersebut? Berikut pemaparannya.

Cara Menurunkan Berat Badan

Perlu Anda ketahui sebelumnya, berupaya untuk mengurangi berat tubuh sama dengan berperilaku dalam tujuan menambah berat badan, karena tujuannya sama-sama mendapatkan perut yang ramping (bagi wanita) dan postur yang ideal (khusus pria).

Selektif Pada Makanan Berprotein

Karbohidrat, lemak, dan protein adalah makronutrisi yang paling banyak memberi asupan gizi pada tubuh. Protein merupakan zat gizi yang dalam tubuh berperan sebagai sumber tenaga sekaligus pengendali nafsu makan.

Advertisement

Untuk memberi pengaruh besar pada keberhasilan diet Anda perlu mengubah asupan protein yang masuk ke dalam tubuh dengan cara memilih makanan tinggi protein namun rendah karbohidrat dan lemak, seperti ikan, tahu, tempe, dada ayam, dan daging sapi yang dimasak atau dikukus atau dibakar (bukan digoreng). Hindari konsumsi protein berbentuk bubuk, shakes, bar, dan lain-lain.

Kurangi Makanan, Perbanyak Air Putih

Air putih dapat mengoptimalkan metabolisme dan fungsi organ dalam tubuh. Ketika sistem metabolisme berfungsi dengan maksimal, itu akan membantu membakar timbunan lemak pada perut, paha, dan betis yang merupakan pamancing bertambahnya beban tubuh.

Minum air putih lebih banyak dapat mengurangi perasaan ingin makan tanpa henti serta mengendalikan rasa lapar tersebut. Para pakar diet menyarankan setiap orang yang berdiet untuk minum 1 – 2 gelas air putih sebelum makan, agar membantu mengendalikan rasa lapar sehingga Anda tidak harus khawatir mengalami kenaikan berat badan pada pekan berikutnya.

Kendalikan Asupan Makanan Manis

Permen, kue, atau cokelat adalah pemicu terjadinya kenaikan berat badan pada tubuh seseorang. Hal tersebut dikarenakan banyak terkandung gula (pada makanan seperti yang disebutkan) yang membuat lidah dan perut bergairah untuk terus mengonsmsi lebih banyak dan banyak lagi.

Gula akan memperlambat penurunan berat badan dan mengurangi sensitivitas insulin. Itulah sebabnya, penderita obesitas lebih cenderung mengalami diabetes. Maka dari itu Anda wajib mengendalikan asupan makanan yang manis entah dari snack ataupun jenis lain.

Lengkapi Dengan Olahraga

Tidak lengkap apabila belum dilengkapi dan dioptimalkan dengan berolahraga. Perlu diingat bahwa untuk membakar kalori yang Anda peroleh dari makanan lebih besar tingkat keberhasilan dan kecepatannya apabila dilaksanakan dengan berolahraga.

Sesibuk apapun Anda, olahraga tidak boleh ditinggalkan. Ingatlah cara menurunkan berat badan yang paling awal harus Anda tanamkan, yaitu membuat tujuan yang pasti (realistis) dan terus konsisten dalam pelaksanaannya hingga Anda merasakan kehebatan dari strategi jitu untuk menurunkan berat badan ini.

Simak juga artikel mengenai cara meningkatkan nafsu makan dengan jamu tradisional dan cara mengecilkan perut yang buncit secara cepat dan tepat. Semoga bermanfaat.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Tepat | Dahlia Bunga | 4.5

Leave a Reply